MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Rawat Ban Mobil Waktu di Rumah Saja

APR 16, 2020@11:16 WIB | 548 Views

Dalam masa PSBB terkait wabah Corona kita dipaksa untuk tak keluar rumah jika tidak untuk melakukan hal yang amat penting. Kini semua kegiatan sedang dicoba lewat full online, termasuk bekerja dan belanja, serta membuat mobil Blackpals lama tak keluar kandang. Untuk menjaga agar mobil tetap sehat, ada baiknya memang kita melakukan perawatan dasar seperti mencuci dan memanaskan mesin kendaraan dari waktu ke waktu. Tapi ternyata bukan jeroan mobil saja yang rawan rewel jika didiamkan lama, ban mobil pun juga.

Seperti kita tahu, kenyaman dan keamanan berkendara tak hanya tergantung pada mesin saja, ban juga memegang peranan yang amat penting. Ibarat kaki, akselerasi, pengereman, dan cornering amat tergantung pada ban. Lama didiamkan, ban kita bisa kempes, getas, atau kena flat spot. Ini cara mencegahnya.

Udara dingin dapat memangkas oksigen di dalam ban dan ban yang kempes terlalu lama bisa menimbulkan lipatan samping yang lama kelaman akan merusak durabilitas dari ban. Di saat seperti ini, usahakan untuk mengecek tekanan ban secara reguler dan tambahkan angin bila kurang.

Diam terlalu lama di suatu tempat membuat karet ban rawan getas, mudah pecah dan sobek, tentu ini berbahaya jika nantinya kita akan keluar berkendara, tak hanya mudah pecah, ban yang getas juga cenderung lebih licin. Ban getas karena usia memang tidak bisa dicegah, namun bisa diperlambat penuaanya dengan membersihkannya dengan sikat dan air sabun secara rutin.

Nah, untuk flat spot sendiri, kondisi ini juga kerap terjadi bila mobil kelamaan di satu tempat dalam jangka waktu lama. Bagian ban yang terkontak langsung dengan permukaan jalan akan menjadi lebih rata dari bagian lain, sehingga saat berkendara rasanya seperti ada ganjalan yang tentunya mengurangi kenyamanan. Cara mencegah flat spot adalah menjalankan mobil minimal 3 hari sekali walau hanya sebentar untuk merubah lokasi tapak yang menyentuh daratan saat parkir.

Terakhir, biasakan memeriksa kondisi ban dari waktu ke waktu untuk mencegah kerusakan sejak dini. Stay safe, stay clean, stay black. [leo/asl/timBX]     

Tags :

#
tips rawat ban mobil,
#
cara merawat ban mobil,
#
teknik rawat ban mobil,
#
cara merawat mobil