MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kabin Secara Alami

MAR 26, 2019@10:25 WIB | 591 Views

Kabin mobil menjadi bagian paling penting setelah  kesehatan mesin.  Bagian blower AC mobil yang senantiasa beekrja menyedot udara  di luar kabin secara tidak sengaja. Jadi pastikan filter AC mobil Anda bisa bekerja secara maksimal, untuk menghadirkan ruang kabin yang bersih dan steril.  Jika masalah kabin tidak dari udara luar, maka tentunya harus Anda cermati dari dalam. Munculnya bau tak sedap, seperti bau rokok, bekas muntah atau lainnya memang cukup mengganggu sirkulasi udaranya. Anda harus mencari sumbernya, dan menghilangkan dengan pengharum kimia atau secara alami.

Akibat bau tak sedap dibeberapa kasus bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, itu bila sang  sopir menjadi tidak fokus akibat bau aneh di ruang kabin.  Berikut cara menghilangkan bau tak sedap di kabin mobil dengan dengan cara alami.

Gunakan Kulit Jeruk

Bau asem pada kulit jeruk cukup menyengat dan memiliki kemampuan menyerap bau tak tak sedap seperti bau rokok dan lainnya. Cukup menaruh beberapa lembar kulit jeruk di dalam mobil, terutama di bagian yang sulit dijangkau, lalu biarkan sampai beberapa hari saja.

Kulit jeruk seperti Lemon memiliki kandungan minyak berfungsi untuk anti mikroba, anti bakteri, anti virus dan anti jamur, seperti yang telah diterbitkan British Journal of Farmacology dan Toxicology.

Cairan Cuka

Cuka tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap makanan, tetapi bisa bermanfaaat dalam menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil. Cukup tuangkan sedikit pada wadah, taruh di bagian dalam mobil yang agak sulit dijangkau, misal di pojokan bawah dalam mobil. Diamkan sampai beberapa jam saja sampai bau tak sedap tersebut menghilang atau sudah menjadi netral, minimal sehari semalam.

Bubuk Baking Soda

Baking soda ini mampu menghilangkan berbagai macam bau, karena sifatnya yang mampu menyerap segala macam jenis bau. Caranya, hanya dengan menyebarkan bubuk baking soda secara merata pada daerah dalam mobil yang memiliki bau tak sedap, lalu tutup mobil dengan jendela yang agak terbuka dan diamkan beberapa saat. Bila bau sudah mereda, lalu bersihkan sisa baking soda dengan vacuum cleaner.

Bubuk Kopi

Kopi memang cukup dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk bisa menghilangkan bau tak sedap. Anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil Anda. Caranya bungkus bubuk kopi dengan kain yang berbahan tipis, lalu taruh di dalam mobil sampai bau tak sedap itu menghilang, dan Anda bisa kembali menghirup udara segar di mobil tercinta anda. 

[sumber dan foto : berbagai sumber]

Tags :

#
auto tips,
#
menghilangkan bau,
#
bau tidak sedap kabin,
#
cara alami