MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengatasi Jalanan Rusak Saat Mengemudikan Mobil

NOV 26, 2020@08:30 WIB | 428 Views

Saat mengemudikan mobil baik di jalanan kota apalagi di jalanan desa yang aspalnya rusak, bisa menimbulkan goncangan yang kurang nyaman. Nah, kendati ini umum dialami banyak orang, tetapi banyak pula yang belum tahu cara mengatasinya.

Kendati kita lihai mengemudikan mobil di jalan yang baik, bisa jadi mengalami kesulitan di jalanan yang tidak rata. Untuk itu, Anda memerlukan tip dan keterampilan tertentu supaya dapat menggerakkan mobil Anda.

1. Mengapa Anda harus ekstra hati-hati saat berkendara di jalan yang kasar

Sejujurnya, cara Anda mengemudikan mobil adalah salah satu metode perawatan terbaik, terutama dalam kondisi yang sulit. Dan, memang, bukanlah tugas yang mudah untuk mengontrol mobil Anda yang tidak seimbang karena jalanan yang kasar. Jalan yang kasar tidak hanya mempengaruhi keseimbangan mobil Anda, tetapi juga mempercepat proses pemakaian ban dan suspensi. Lebih spesifiknya, jalanan yang kasar membuat ban menerima beban paling berat dari kerusakan, dan akibatnya ban menjadi kurang gesekan atau mudah kempes.

Selain ban, suspensi adalah bagian lain dari mobil Anda yang menerima kerusakan hebat dari jalan kasar jika tidak dikendarai dengan benar. Pada saat Anda bertanya-tanya apakah ban Anda perlu diperbaiki atau diganti, bacalah ini untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengan mereka. Sistem suspensi memperhitungkan kemampuan keseimbangan mobil Anda. Namun, tetap mengemudi di jalan raya dalam kondisi buruk akan membuat suspensi lebih cepat aus. Ketika mobil Anda mulai memantul atau bergoyang secara tidak normal, lebih sering atau lebih jarang, sekarang saatnya untuk memeriksa suspensi dan diperbaiki atau diganti jika perlu.

2. Ketahui jenis penggerak roda mobil Anda

Salah satu fitur terpenting dari mobil yang harus Anda pahami adalah apakah ia memiliki penggerak roda depan, penggerak roda belakang, atau penggerak empat roda. Jika Anda menguasai pengendalian roda, segala sesuatunya akan lebih mudah ditangani bahkan dalam kondisi jalan yang berbeda. Selain itu, saat bergerak di jalan yang berlubang besar atau banyak lumpur, semakin baik kemampuan pengendalian Anda di atas roda, semakin besar peluang Anda untuk keluar darinya.

Misalnya, jika mobil Anda memiliki penggerak roda depan atau belakang, sebaiknya jauhi jalanan primitif yang penuh pasir dan batu. Hal-hal kecil itu akan merusak ban karena tekanan berlebih hanya pada dua roda. Di sisi lain, jika kendaraan memiliki penggerak empat roda, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengendarainya, dan Anda dapat memiliki semua fleksibilitas penanganan yang Anda butuhkan.

3. Pertimbangkan apakah modifikasi diperlukan untuk mobil Anda

Jika Anda sering berkendara di jalan yang tidak rata, tetapi mobil Anda bukan kendaraan off-road, sedikit modifikasi akan membantu. Seperti yang Anda ketahui, kendaraan off-road adalah kandidat yang tepat untuk dikendarai di dalam dan di luar permukaan beraspal atau berkerikil. Mereka umumnya dicirikan dengan memiliki ban besar dengan tapak dalam dan terbuka, dan suspensi super fleksibel. Menyesuaikan beberapa fitur pada mobil Anda seperti suspensi atau ban tidak hanya akan meningkatkan efisiensinya tetapi juga menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Anda juga dapat mencoba meningkatkan guncangan agar pengemudi dan penumpang merasa tidak terlalu bergelombang.

3. Bawalah kit perkakas darurat.

Mengemudi di jalan kasar mendasari bahaya tersembunyi, sehingga sangat penting membawa peralatan khusus untuk menghadapi situasi darurat. Nah ada beberapa hal paling berguna yang perlu Anda seperti vice grip, obeng yang bitnya bisa diganti-ganti, sarung tangan kerja, busi, bola lampu dan sekring, handuk atau kain lap tua, WD40, cairan ekstra (pendingin dan oli), dan pita Listrik.

4. Berkendara di tempat yang tidak berlubang

Di jalur cepat, trailer berat biasanya bergerak di jalur kanan dan seperti biasa menyebabkan banyak lubang dan retakan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkendara di jalur kiri yang seringkali kondisinya lebih baik.

5. Berkendara perlahan di jalan yang kasar

Di jalan yang kasar, mengemudi dengan lambat akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi dengan situasi berbahaya yang tiba-tiba, yang dapat menyelamatkan hidup Anda.

6. Cara mengemudi saat ada hewan di jalan

Banyak orang sering heran ketika seekor hewan atau kawanan unggas secara mengejutkan muncul di jalan. Namun, mereka tidak terlalu bermasalah, Anda dapat mempelajari tips berikut ini untuk menyelesaikannya:

- Saat Anda mendekati beberapa burung, mereka akan terbang begitu saja. Oleh karena itu, berkendara seolah tidak ada satupun dari mereka.

- Sapi, dan ternak serupa itu besar dan lambat, jadi Anda mungkin ingin memperlambat dan menunggu mereka perlahan menjauh.

- Jika Anda tidak beruntung, Anda dapat menghadapi hewan yang tidak dapat diprediksi seperti kelinci dan monyet. Lakukan dengan lambat dan hati-hati jangan sampai memukul mereka; tentunya, Anda tidak ingin mengalami kecelakaan.

- Jika ada kawanan hewan, yang dapat Anda lakukan hanyalah menghentikan mobil Anda dan menunggu mereka lewat meskipun ini mungkin memakan waktu lama.

7. Apa yang harus dilakukan saat berkendara melalui kolam atau area banjir

Genangan air sangat berbahaya dalam beberapa kasus karena biasanya lebih dalam dari yang dilihat mata Anda, terutama, jika jalan memiliki banyak lubang. Sebelum mengambil keputusan untuk menyeberangi air, pastikan mobil Anda benar-benar bisa melewatinya. Faktanya, jika air masuk ke dalam pipa knalpot mobil Anda saat "berselancar" di jalan yang banjir, niscaya mobil akan berhenti bekerja, dan, dalam kasus terburuk, mobil Anda harus diperbaiki. Salah satu tip untuk Anda jika air benar-benar masuk ke pipa knalpot adalah keluar dari mobil, jangan mencoba mendongkrak, tetapi segera cari truk derek agar air dapat dipompa keluar.

8. Bicaralah dengan penduduk setempat

Kapanpun Anda mencoba menjelajahi tujuan baru yang mungkin merupakan pegunungan atau memiliki banyak jalan berbahaya, lebih baik Anda mengobrol dengan penduduk setempat segera setelah Anda sampai di sana. Mereka akan memberi Anda informasi yang berguna seperti ke mana harus pergi, dan tidak, atau apa yang harus Anda miliki jika menghadapi bahaya.

Selain itu, saat berada di jalan, perhatikan rambu dan tip keselamatan perjalanan pada papan besar di area yang Anda tuju. Coba lakukan penelusuran Google untuk mendapatkan wawasan tentang tempat tersebut, dan jika Anda tidak menemukan informasi yang berguna, tempat persewaan mobil mungkin punya informasi yang Anda perlukan. [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mengemudi,
#
tips berkendara,
#
tips pengemudi mobil,
#
cara berkendara di jalan rusak