MENU
icon label
image label
blacklogo

Awas Silau Saat Berkendara di Cuaca Cerah

DEC 05, 2021@16:30 WIB | 371 Views

Mengemudi di hari yang cerah dan indah memang dapat memberikan pemandangan yang menakjubkan. Akan tetapi, jangan terlena karena ini juga dapat menimbulkan bahaya jika pandangan pengemudi terganggu oleh sinar matahari yang menyilaukan. Tepat setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam, matahari dapat menyinari langsung ke mata pengemudi. Akibatnya banyak pengendara yang mengemudi dengan pandangan yang silau. 

Silau ini dapat membuat Anda lebih sulit untuk melihat jalan di depan dan menciptakan risiko tambahan bagi pengemudi. Saat silau matahari menjadi masalah, perlambat laju kendaraan dan pastikan untuk ekstra hati-hati terutama saat mengemudi melalui zona sekolah. Jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri saat berkendara di cuaca cerah? Simak rangkaian tips di bawah ini. 

• Kacamata terpolarisasi. Tak ada salahnya berinvestasi untuk membeli kacamata hitam terpolarisasi karena ini dapat membantu Anda mengurangi silau. Selain melindungi mata dari silaunya cahaya, Anda sekaligus mengurangi resiko kecelakaan ketika berkendara di bawah sinar matahari.

• Gunakan pelindung matahari pada kendaraan Anda sehingga membantu mengurangi intensitas cahaya yang masuk.

• Jaga jarak aman. Ketika matahari berada di mata Anda, akan sulit untuk melihat apa yang sedang dilakukan mobil yang berada di depan. Jadi pastikan untuk menyisakan lebih banyak ruang antara Anda dan kendaraan lain.

• Berkendara dengan lampu depan menyala untuk meningkatkan visibilitas Anda ke pengemudi lain.

Selain tips di atas, kami masih memiliki beberapa kiat tambahan untuk membantu Anda berkendara di bawah cahaya matahari dengan aman.

• Jaga agar kaca depan Anda tetap bersih, luar dan dalam

• Periksa kaca depan Anda apakah ada lubang dan retak

• Hindari menyimpan kertas atau barang lain di dasbor

• Jika mengalami kesulitan melihat jalan, gunakan marka jalur untuk membantu memandu Anda.

Jarang sekali jarak pandang pengemudi itu benar-benar sempurna. Tetapi jika pengendara mengetahui hal ini dan melakukan penyesuaian yang tepat, BlackPals dapat meminimalkan risiko tambahan apa pun yang datang dengan kondisi visual yang kurang optimal. Selamat mencoba. [geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips berkendara