MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Mengemudi Di Jalan Basah dan Berair, Cocok Saat Musim Hujan

NOV 13, 2021@13:30 WIB | 353 Views

Keselamatan menjadi hal utama dalam berkendara. Sayangnya, tidak semua musim dapat membuat perjalanan baik. Saat musim hujan yang akan membuat setiap aspal jalan basah sangat berkontribusi dalam kecelakaan lalu lintas tiap tahunnya. Maka dari itu berikut ada beberapa tips untuk tetap bisa menjaga keamanan dalam berkendara saat musim hujan. 

Perhatikanlah beberapa hal utama sebelum memulai perjalanan. Gantilah sisipan wiper jika terlihat ada goresan saat membersihkan kaca dan bisa membersihkan dalam sekali usap. Lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein pastikan berfungsi dengan baik. Selalu menyalakan lampu depan saat mengemudi.  

Perhatikan kedalaman tapak ban dan inflasi karena sangat penting untuk menjaga traksi yang baik di jalan yang basah. Periksa kedalaman ban dan tekanan ban termasuk yang cadangan, setidaknya sebulan sekali.

Tidak Gunakan Cruise Control

Mobil modern akhir-akhir ini memiliki cruise control. Fitur ini sangat baik digunakan saat jalanan kering, tetapi jika digunakan saat jalan basah memungkinkan meningkatnya kendaraan kehilangan kendali. Untuk mencegah hilangnya traksi, pengemudi perlu mengurangi kecepatan mobil dengan melepas pedal gas perlahan. Hal ini tidak bisa dilakukan jika mengaktifkan cruise control.

Kurangi Kecepatan 

Memperlambat mengemudi saat cuaca hujan dapat menjadi sangat penting, karena dapat mengurangi kemungkinan mobil mengalami hydroplaning, saat ban berada di lapisan air. Pengemudi perlu mengurangi kecepatan agar menyesuaikan dengan jumlah air di jalan raya. Pada kecepatan rendah 35 mph, ban baru masih bisa berjalan dengan baik.

Hindari juga pengereman yang kerat atau berbelok tajam. Baik jika pengemudi memberi jarak yang cukup antara mobil depan dan belakang. 

Jika Kendaraan Selip

Pengemudi yang sudah berhati-hati pun bisa mengalami selip. Jika selip terjadi, jangan panik. Ikuti beberapa langkah berikut:

- Arahkan mobil sesuai dengan yang pengemudi inginkan 

- Jangan menginjak rem karena mampu mengganggu keseimbangan mobil

Secara keseluruhan, berhati-hatilah dalam mengemudi saat cuaca hujan dan saat jalanan basah dan berair. Mengemudilah dalam kecepatan yang pelan dan berikan jarak dengan mobil sekitar. [geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips mengemudi