MENU
icon label
image label
blacklogo

Berikut Tips Atasi Goresan dengan Cat Touh-Up

NOV 30, 2020@13:00 WIB | 385 Views

Meskipun Anda adalah pengemudi yang berhati-hati, mobil akan selalu tergores dengan berbagai cara. Sesederhana Anda menabrak semak, atau melihat mobil lain parkir terlalu dekat sehingga pintunya membentur mobil Anda. Pada akhirnya, mobil tetap membutuhkan sentuhan perbaikan.

Untungnya, memperbaiki goresan atau lecet kecil dengan cat touch-up sangat membantu. Barangnya yang banyak tersedia di pasaran dan cara aplikasi yang mudah, bisa membuat Anda bernapas lega. Meski demikian, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui untuk merapikan cat mobil dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Komitmen

Jangan anggap sepele hal yang satu ini, karena memperbaiki lecet dengan cat touch-up membutuhkan waktu bervariasi tergantung tingkat kerusakannya. Ada yang selesai dalam 15 menit, namun ada pula yang membutuhkan waktu berjam-jam. Oleh karena itu bila Anda merasa ragu mengerjakannya, sebaiknya serahkan ke orang yang ahli. Dibutuhkan komitmen dan ketekunan, tepat ketika Anda memulai perbaikan.

2. Keamanan Cat

Cat adalah bahan yang berbahaya, jadi pastikan memperhatikan keamanannya. Tidak hanya jadi racun bila tertelan, tapi juga berbahaya bila terkena kulit, mata, atau telinga secara langsung. Maka, jauhkan cat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Anda tidak bisa begitu saja membuat cat sisa, jadi hubungilah pihak berwenang untuk menemukan lokasi pembuangan yang disetujui. Pastikan Anda mengenakan masker saat mengaplikasikan cat touch-up dan lakukanlah di area terbuka atau berventilasi.

3. Siapkan Perlengkapan

Pastikan Anda sudah mengumpulkan daftar perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari sarung tangan, kuas, terpal, ampelas, dan kain mikrofiber.

4. Persiapkan Mobil

Perbaikan goresan yang dapat ditangani sendiri dengan cat touch-up adalah goresan dangkal, kecil, dan di atas permukaan yang bersih. Gunakan selembar kertas ampelas untuk menghaluskan cat dan menyiapkan permukaannya untuk primer. Selesai mengampelas, saatnya membersihkan area dari sisa karat, cat lama, dan kotoran jalan. Biarkan area itu benar-benar mengering.

5. Priming dan Pengecatan

Kuncinya adalah menjaga tangan tetap stabil. Gunakan sikat kecil, tusuk gigi, atau benda seperti tongkat lainnya, untuk mengoleskan sedikit primer ke area yang ingin diperbaiki. Goresan dan serpihan cat kecil lainnya hanya akan mengambil satu atau dua tetes cat dasar. Biarkan primer mengering, umumnya memakan waktu sekitar satu jam.

Selanjutnya pastikan cat touch-up tercampur seluruhnya dengan mengocok botol atau mengaduknya. Gunakan sikat kecil atau tusuk gigi untuk mengoleskan cat secara merata. Berhati-hatilah untuk tidak mengoleskan cat pada lapisan tebal yang dapat membuat cat mengalir atau menggelembung.

Setelah itu, pastikan Anda membiarkanya selama beberapa hari tanpa diampelas, hingga cat mengering dan mengeras. Terakhir, cuci kendaraan sampai bersih dan poles. Ini dapat membantu menghaluskan ketidaksempurnaan pada cat dan membantu memadukannya dengan warna yang sudah ada. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips atasi goresan mobil,
#
tips mobil,
#
cat touh-up,
#
tips cat touh-up