MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Mempersiapkan Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

NOV 25, 2020@12:00 WIB | 482 Views

Kebanyakan orang suka bepergian, terutama saat liburan, entah itu sendirian, bersama teman ataupun keluarga. Banyak orang biasanya menggunakan mobilnya untuk berkendara ke tempat tujuan. Jika Anda lebih suka membawa kendaraan Anda keluar jalan untuk perjalanan jauh, maka Anda harus memastikan bahwa mobil dalam kondisi prima. Nah, berikut ini 4 tips yang harus Anda lakukan pada kendaraan mobil Anda sebelum digunakan untuk perjalanan jauh;

Membersihkan mobil

Anda harus membersihkan semua yang ada di mobil Anda dan membersihkannya. Biarkan dibersihkan baik masuk maupun keluar. Membersihkannya akan memberi ruang bagi orang untuk duduk dengan nyaman tanpa masalah. Ini juga akan membuat mobil bersih, menciptakan udara segar yang akan menyenangkan Anda dan penumpang.

Lakukan inspeksi

Keselamatan sangat penting, dan itulah mengapa Anda perlu memastikan bahwa Anda mengemudi dengan kendaraan yang aman. Seminggu sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel dan membiarkan sang ahli memeriksa mobil secara menyeluruh. Ini akan memudahkan jika ada yang salah maka mereka dapat memperbaikinya. Setelah diperbaiki, gunakan beberapa hari sebelum Anda memulai perjalanan. Jika tidak, lebih baik Anda menggunakan mobil lain daripada membahayakan hidup Anda, atau bahkan penumpang di mobil Anda.

Miliki perlengkapan darurat di mobil Anda

Meskipun kendaraan Anda mungkin dalam kondisi yang sangat baik, Anda tidak mengetahui tentang segala kemungkinan yang mungkin saja bisa terjadi saat berada di jalan. Miliki daftar hal-hal yang mungkin Anda butuhkan dan kemas dengan rapi. Anda harus tahu di mana Anda akan tidur jika malam tiba di jalan. Beberapa barang yang tidak boleh Anda lupa untuk dibawa adalah seperti bantal perjalanan, beberapa obat penghilang rasa sakit, botol air, dan travel mug.

Kenali orang-orang yang bepergian dengan Anda

Apabila memiliki teman yang ikut bersama Anda di jalan, maka disarankan agar mengenal mereka dengan baik. Memberi tumpangan kepada orang asing bisa membuat Anda mendapat masalah; Anda bisa dirampok atau bahkan kehilangan nyawa. Selain itu, jika Anda pernah bertemu orang tersebut sebelumnya, tetapi Anda tidak terlalu mengenal mereka, Anda tidak boleh melakukan perjalanan jarak jauh dengan mereka kecuali ada orang lain yang Anda kenal dan percayai.

Memakai pakaian yang nyaman dan membawa bekal secukupnya

Ingatlah untuk mengenakan pakaian yang akan membuat Anda merasa nyaman saat akan melakukan perjalanan jauh. Ini bukan waktunya untuk memakai jas dan sepatu hak atau sepatu kerja. Jangan lupa untuk menjaga energi Anda dengan membawa jajanan untuk makan di jalan. Kemaslah beberapa batang protein, anggur, dendeng, atau buah apa pun yang Anda suka. Pastikan botol air Anda diisi dengan air minum bersih. Anda bisa menyiapkan selimut tipis yang akan Anda gunakan sewaktu-waktu, seperti saat sedang cuaca tiba-tiba berubah menjadi dingin. Dengan beberapa tips ini, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki perjalanan jauh yang menyenangkan. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mobil,
#
tips berkendara,
#
tips mengemudi mobil