MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Cara Memilih Gear Set Untuk Motor Harian, Nomer 1 Punya Peran Penting

MAR 22, 2022@19:00 WIB | 790 Views

Bikin tenaga motor meningkat, begini batas ukuran upgrade gear set motor

Di tengah ramainya motor berjenis matic yang digerakkan oleh sebuah vanbelt dalam bak CVT, berbagai jenis motor manual dengan sistem penggerak rantai dengan gear set juga hingga saat ini masih jadi favorit.

Bagi para pemilik motor dan pecinta modifikasi, mereka kerap kepincut mendongkrak performa motor kesayangannya sebagai teman aktivitas sehari-hari.

Selain ubahan mesin, ternyata ada sektor yang dapat diupgrade untuk bikin motor makin lincah atau punya tenaga yang melimpah. Salah satunya yaitu gear set.

Untuk itu, kalian perlu nih baca 4 tips cara memilih gear set untuk motor harian yang telah tim BX rangkum :

1. Sesuaikan kebutuhan penggunaan motor dan cara berkendara

Cara dan tips pertama ini bisa dibilang punya peran penting. Sebelum kalian mengganti dan membeli gear set baru, wajib banget kalian tau kebutuhan penggunaan motor dan cara berkendara kalian.

Kita ambil contoh, jika kalian sering menggunakan motor di perkotaan yang sering macet tentu kalian butuh mendongkrak akselerasi alias tarikan gas awal.

Berbanding terbalik jika kalian lebih sering berpergian ke tempat-tempat yang jauh dari macet dengan kondisi jalanan kosong. Tentu kalian butuh motor dengan tenaga yang terus mengisi untuk mengejar top speed.

2. Tingkatkan akselerasi

Jika sudah mengetahui kebutuhan dan sesuai cara berkendara di point kedua ini kita fokus untuk tips mengubah gear set untuk mengejar akselerasi.

Caranya terbilang mudah, akselerasi dan tenaga motor akan terdongkrak instan dengan cara mengubah gear belakang dengan ukuran yang lebih besar.

Kita ambil contoh, gear belakang standar Honda CBR 250R yaitu berukuran 14 (depan) dan 38 untuk gear belakang. Untuk membuat tarikan dan akselerasi meningkat, kamu bisa pasang gear Honda CBR 250R dengan ukuran lebih besar yaitu dari 38 menjadi 40.

Jangan terlalu banyak menaikkan jumlah gear, angka yang disarankan adalah satu atau dua mata dari jumlah standarnya. Tapi harap dicatat, menaikkan jumlah mata gear akan memberi pengaruh pada kecepatan puncak yang akan menurun.

3. Tingkatkan top speed

Berbanding dengan mengejar akselerasi, jika untuk meningkatkan akselerasi kamu bisa coba menaikkan jumlah mata di gear belakang, maka untuk menambah top speed atau kecepatan puncak kamu bisa melirik gear depan.

Ubahan yang dilakukan juga sama, yakni dengan menaikkan ukuran gear depan motormu. Sebagai gambaran ukuran gear set standart Honda CBR250R 38:14. Kamu bisa pasang gear set berukuran 36:14 maka top speed motor akan meningkat.

4. Bahan dan Ketebalan Gear

Dalam mengganti dan upgrade gear set motor tentu tidak hanyak berkaitan dengan kecepatan atau daya akselerasi motor tersebut saja, tetapi juga harus mempertimbangkan bahan dan ketebalan gear motor tersebut. Ini akan sangat berpengaruh dengan daya tahan penggunaan gear tersebut pada motor harian kalian.

Usahakan, kalian memilih gear set motor yang terbuat dari bahan baja agar lebih tahan lama dan tidak terlalu cepat kendor. Selain itu, untuk ketebalannya sendiri ada 2 jenis, yaitu 420 dan juga 428. Perbedaannya hanya dalam ukuran 8, tetapi untuk tingkat ketahanan apabila digunakan setiap hari akan sangat berbeda.

4. Pilih Merek Gear Set Terbaik

Untuk kalian yang ingin mengganti gear motor kalian, tentu harus melihat beberapa merek atau pabrikan yang memberikan kualitas terbaik saat digunakan. Ada beberapa merk gear set motor terbaik yang bisa kalian gunakan, diantaranya: WR3, Daytona, SSS, TDR, Kawahara, Sinnob, DID.

Oh ya Black Pals, cara ini bisa kamu lakukan di berbagai jenis motor yang menggunakan gear set ya. [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
gear set,
#
motor,
#
rantai,
#
akselerasi,
#
top speed