MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Praktis Bikin Motor Makin Kencang, Enggak Oprek Mesin Aman Buat Harian

FEB 21, 2022@10:40 WIB | 387 Views

Beraktivitas menggunakan motor memang dapat diandalkan. Selain memiliki waktu tempuh lebih cepat, naik motor juga jauh lebih efisien dari segi pengeluaran.

Namun tak jarang juga, para pemotor ingin tunggangannya lebih gesit untuk menembus kemacetan dan menemami aktivitas harian. Enggak harus bore up atau oprek mesin, bikin motor lebih kencang bisa dengan beberapa cara yang praktis dan tentu tetap aman untuk harian.

Berikut 5 tips bikin motor makin kencang dengan praktis bikin motor makin kencang dan gesit yang telah tim BX rangkum.

1. Isi bahan bakar minyak (BBM) sesuai dengan jenis, kapasitas dan kebutuhan motor kalian.

Ini cara yang paling sederhana. Kalian bisa mengisi bahan bakar sesuai dengan kebutuhan motor, misal motor kalian berteknologi injeksi dan keluaran terkini, mayoritas mesin memiliki kompresi tinggi yang butuh BBM beroktan tinggi seperti Pertamax misalnya.

Jika kalian mengisi motor berkompresi tinggi dengan BBM oktan rendah, otomatis motor menjadi tidak lincah dan cenderung boros bensin karena mesin motor membutuhkan tenaga ekstra untuk berakselerasi.

2. Upgrade saluran masuk udara dan pastikan selalu bersih.

Untuk berkinerja dengan baik, mesin membutuhkan asupan udara yang baik pula. Kalian bisa selalu membersihkan filter dan jalur udara. Jika ingin lebih gesit, kalian dapat mengganti filter udara bawaan motor dengan filter udara aftermarket

Ganti filter udara versi aftermarket, bisa menjadi salah satu cara membuat motor kencang dengan mesin standar. Umumnya kalau standar pabrikan terbuat dari busa, bisa juga kertas. Filter aftermarket diklaim mampu memberikan asupan udara lebih besar ke ruang bakar. Alhasil pembakaran jadi lebih optimal, serta performa mesin bisa terdongkrak.

3. Maksimalkan pembakaran, ganti busi dengan Iridium.

Busi punya peran penting bagi performa motor. Kalian bisa mengganti busi orisinal dengan busi berjenis Iridium.  Kelebihannya busi Iridium ini memiliki inti elektroda terbuat dari material iridium alloy. Efek penggunaan busi iridium, konduksi lebih baik dan tahan dalam kondisi ekstrem.

Tidak hanya itu, busi iridium memiliki bentuk inti elektroda yang meruncing. Ini menjadikan percikan api lebih fokus dan stabil. Tidak ketinggalan, busi iridium mampu mengurangi kebutuhan tegangan listrik. Ingat! jangan ganti busi standar dengan busi racing, terlebih untuk motor yang digunakan harian. Hal tersebut justru akan sia-sia, cuma mahal saja.

4. Upgrade jalur pembuangan, bisa pakai Knalpot racing aftermarket.

Penggunaan knalpot racing pun merupakan salah satu cara membuat motor kencang dengan mesin standar. Hanya saja yang perlu diingat, bukan cuma knalpotnya saja yang diganti, komponen lain seperti yang disebutkan di atas, juga harus menyertai.

Ditambah lagi, setting CO dan HC di ECU motor. Hal ini untuk membuat performanya lebih baik, serta tidak nembak-nembak. Namun melakukan cara ini tentu mempunyai resiko yaitu terkait peraturan lalu-lintas. Kalian bisa mensiasatinya dengan memasangkan double killer (DB) yang dapat meredam suara jadi lebih halus.

5. Ganti velg motor dengan velg aftermarket yang lebih ringan.

Jangan salah, velg bawaan pabrikan motor biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Jika kalian menggantinya dengan velg yang lebih enteng, otomatis kinerja mesin lebih ringan dan membuat motor makin gesit terlebih saat akselerasi awal.

Disarankan menggunakan velg aftermarket orisinal jangan part tiruan, karena beresiko pecah atau peang yang justru dapat membahayakan pengendara itu sendiri.

Itulah beberapa tips praktis yang bisa bikin motor makin kencang dan gesit tanpa harus bongkar mesin dan tentunya aman untuk aktivitas harian. [aziz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
tips,
#
bikin motor kencang,
#
motor,
#
kencang,
#
harian,
#
busi,
#
velg,
#
knalpot