MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi ala Adventure Bike, Bikin Auto Ganteng Siap Lahap Segala Medan

OCT 10, 2022@16:51 WIB | 377 Views

Two Wheelers Enthusiast di Indonesia punya power yang kuat, secara quantity. Didukung sebagai negara dengan market industri roda dua terbesar ketiga di dunia. Tahun 2021 terjual 5,17 juta unit, atau naik 38,6%. Sementara dari jumlah tersebut, klan adventure adalah model paling minim di pasaran. Karena minim, akhirnya modifikasi motor adventure diminati karena didukung dengan medan yang cukup beragam (dual purpose).

Keterbatasan motor Adventure di kelas 150 dan 250 cc, membuat pemilik motor non Adv memodifikasi naked bikenya menjadi gaya Adventure Bike. Tentunya dengan mengawinkan part, seperti suspensi, crash bar, lampu tembak, engine bar serta ban dual purpose. Ground Clearance makin tinggi, karena shockbreaker depan dan belakang dibikin travel lebih tinggi.

So motor apa saja yang biasa dibikin gaya Adventure. Dari yamaha ada Vixion, Scorpio dan Byson. Sementara dari Honda ada Tiger, Megapro. Dua brand ini sudah punya durabilitas tinggi yang terbukti mampu melibas di semua lintasan.

Paling penting selain ground clearance, adalah ketahanan kaki-kaki yang durable. Dengan mengganti velg jari-jari, dengan ukuran 17 inci depan belakang, atau perpaduan 19 inci depan dan 17 inci belakang. Kedua velg dikombinasikan dengan ban dual puropose, dengan grip simetrical atau square. Sparkbor depan pakai trail, custom fairing samping dan tambahan frame slider, serta crash bar pada stang.

Tambahan rake angle bisa dimaksimalkan, terutama untuk menyesuaikan desain motor adventure. Teknis pengelasan dioptimalkan menggunanakan las argon.

Setelah rangka dan kaki-kaki selesai, agar tampilan lebih eksotis dan gahar. Bisa ditambahkan body aftermarket seperti acerbis, polisport dan ufo. Pilihan body bisa sesuai kebutuhan, tanpa merubah secara total. Semuanya bergantung budget kamu Black Pals.

Masalah engine sebenarnya tidak perlu cara ekstrim. Cukup dengan porting polish, ganti karburator, bahkan clucth untuk menambah torsi bawah ke tengah lebih enteng, melibas obstacle.

Setelah tampilan auto ganteng nih, jangan lupa Black Pals memasang beberapa part aksesoris. Mulai dari side box, top box, tank bag dan gunakan bracket bag yang sesuai dengan kebutuhan.

Tampilan motor adventure cukup familiar dengan windshield. Secara fungsi bisa untuk meredam terjangan angin, sehingga riding jauh lebih mudah. Tambahan braket khusus untuk windshield juga bisa dimanfaatkan untuk menambah lampu tembak LED, saat jalanan minim cahaya. Perhatikan semua kebutuhan lampu LED harus sesuai dengan daya accu, jangan sampai over capacity hingga membuat konsleting. [Ahs/timBX]

Tags :

#
black story,
#
modifikasi motor adventure