MENU
icon label
image label
blacklogo

15 Tips Perawatan Eksterior dan Interior Setelah Membeli Mobil Pre-Owned

APR 01, 2021@19:00 WIB | 399 Views

Selain dirawat dari luar, mobil juga harus dirawat bagian dalamnya atau interior. Pada bagian interior adalah bagian yang wajib kamu perhatikan kebersihan nya dan kerapihannya. Dengan keadaan yang bersih dan rapi, pengendara dan penumpang akan merasa betah selama perjalanan.

Daripada kamu mengeluarkan uang untuk pergi ke salon interior mobil, lebih baik kamu bersihkan sendiri interior mobil kamu. Selain lebih murah, kamu juga tidak perlu meninggalkan mobil di salon terlalu lama. Jadi, kamu dapat menghemat waktu dan biaya. Berikut perawatan interior yang bisa BlackPals lakukan.

Perawatan jok mobil yang sesuai

Setiap mobil pasti memiliki jenis jok yang berbeda-beda. Dari situ, terkadang banyak kesalahan dalam membersihkannya. Sebelum jok kamu rusak, ada baiknya kamu harus tau, jenis bahan apa yang terdapat pada jok mobil kamu. Misalnya, jika dari fabric atau kain, kamu dapat membersihkan dengan cairan pembersih khusus fabric. Jika terbuat dari kulit, kamu dapat menggunakan sikat atau vacuum cleaner.

Lapisi lantai mobil dengan alas mobil yang mudah dibersihkan

Selain mempercantik mobil, fungsi dari alas mobil juga memudahkan kamu dalam membersihkan bagian bawah kabin. Karena alas atau karpet mobil lebih mudah kotor, usahakan kamu menggunakan alas yang mudah dibersihkan. Disarankan untuk lebih efisien, alas mobil terbuat dari karet sintetis.

Gunakan cairan pembersih dan sikat untuk plafon mobil

Bagian plafon mobil terkadang sering terlewatkan, padahal bagian tersebut mudah kotor dan berjamur. Kamu dapat menggunakan cairan pembersih dan sikat yang halus untuk membersihkan plafon mobil kamu.

Jangan lupakan bersihkan dashboard

Selain plafon, dashboard mobil juga merupakan bagian yang mudah kotor. Cara membersihkannya juga tidak sulit, kamu bisa menggunakan kemoceng atau kain lap. Saat menggosok, tidak perlu keras-keras, gosokan yang keras akan menimbulkan baret di dashboard.

Taruh tempat sampah pada kabin mobil

Adanya tempat sampah akan memudahkan kamu dalam membersihkan kabin mobil. Selain praktis, kamu tidak perlu perlu berhenti untuk membuang sampah.

Gunakan sikat gigi untuk interior yang kecil dan detail

Di dalam mobil terdapat sudut dan celah yang sulit dijangkau oleh lap dan kemoceng. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sikat gigi khusus untuk memudahkan kamu dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau.

Jangan lupa juga bersihkan kaca jendela bagian dalam

Selain kaca jendela luar, pada bagian dalam pun perlu dibersihkan. Gunakan cairan pembersih kaca dan lap yang mengandung serat mikro. Usahakan kamu menggunakan kaca pembersih yang sesuai dengan jenis kaca mobil.

Pasang penyegar udara

Setelah semua bagian dibersihkan dan dikeringkan, langkah terakhir adalah menyemprotkan penyegar udara. Kamu juga dapat memasang car air freshener pada dashboard mobil. Dalam mencari penyegar udara, kamu bebas memilih sesuai dengan selera.

Bagian eksterior dan interior memang sama pentingnya, namun justru bagian interior mobil yang kurang dapat perhatian. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan bagian dalam juga ya, karena kabin yang bersih akan membuat penghuninya nyaman dan betah di mobil.

Perawatan eksterior mobil

Tak hanya interior, perawatan eksterior sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Salah satu bagian yang sering luput dari perhatian adalah panel plastik hitam di eksterior, yang terdapat pada pegangan pintu, lis bodi, bumper, dan trim di sekitar wiper. Biasanya bagian-bagian ini terkena shampo mobil yang sudah mengering sehingga meninggalkan residu di atasnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan mobil. BlackPals pun perlu melakukan beberapa perawatan lainnya. Tidak perlu mahal, yang terpenting kendaraan tetap terlihat mewah dan elegan. Berikut tips merawat eksterior mobil dengan mudah dan praktis.

Menjaga mobil dari cuaca yang ekstrim

Tips merawat cat mobil baru yang pertama adalah tidak memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung. Usahakan memilih lokasi parkir di gedung atau bawah pohon. Jika sulit menemukan, tidak ada salahnya untuk menutup dengan cover mobil yang bagus. Usahakan mobil tidak terlalu lama terkena air hujan.

Jika terpaksa berkendara saat hujan, lakukan sedikit perawatan sesampainya di rumah. Segera basuh air hujan dengan air bersih. Jangan sampai mobil terlalu sering terkena embun di malam hari. Air hujan dan embun bisa mengakibatkan mobil lebih cepat berkarat. Solusi cara merawat cat mobil terbaik adalah menutupnya dengan cover mobil yang berkualitas.

Mencuci mobil pada waktu yang tepat

Sangat disarankan untuk tidak mencuci mobil di bawah paparan terik matahari. Dikarenakan cat mobil akan lebih cepat pudar. Sebaiknya cucilah mobil di pagi hari dan pastikan mesin dalam kondisi dingin.

Kamu bisa menyemprotkan bagian yang kotor dengan air tawar. Sejumlah bagian eksterior mobil yang harus selalu dibersihkan adalah shock absorber belakang dan depan, kaca mobil dan inquiry mobil.

Jangan gunakan detergen untuk mencuci mobil

Setiap jenis sabun tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak terkecuali sabun yang digunakan untuk mencuci mobil. Jangan sekali-sekali mencuci dengan sabun yang mengandung detergen. Sudah banyak berbagai merek shampo mobil yang beredar di pasaran. Namun jika tetap kesulitan menemukannya, kamu bisa menggunakan sabun atau sampo biasa dengan catatan tidak mengandung detergen.

Carilah produk-produk sampo yang dapat menghemat penggunaan air serta ramah lingkungan. Oleh karena itu, shampo dengan busa lembut merupakan pilihan yang pas. Cukup menuangkan cairan pada spons basah. Lalu, bilas dengan air ke seluruh bodi. Jangan lupa keringkan mobil sehabis mencuci untuk mencegah bercak di permukaan cat dan kaca.

Aturlah kekuatan keluaran air dari selang

Dengan arus air yang kencang, kotoran mobil yang membandel memang lebih mudah dibersihkan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ini juga membahayakan cat mobil. Jangan sampai air yang keluar terlalu deras. Tekanan air ini bisa saja merusak susunan cat hingga akhirnya menimbulkan bekas. Akan sangat buruk terlihat jika ada bekas di bagian-bagian tertentu.

Ketika mencuci, cukup gunakan air dengan kekuatan menengah. Selain menyemprot dengan selang, bisa juga dilakukan dengan cara mengguyur. Hal ini tentu saja lebih aman karena bodi mobil tidak akan mendapatkan desakan.

Perhatikan cara mengelap dan bahan lap

Untuk mengelap mobil tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah mengenai bahan lap. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit agar air lebih cepat terserap. Bahan ini juga dapat menghindarkan mobil dari goresan. Jangan gunakan lap dari bahan katun karena sering menyimpan partikel kecil. Partikel kecil ini bisa membahayakan cat mobil.

Segera keringkan mobil setelah selesai mencuci

Ketika dirasa seluruh bagian mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga merupakan salah satu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil. Jangan mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkannya, karena bisa menyebabkan bodi mobil membekas di bagian yang terkena air. Bersihkan secepat mungkin agar tidak ada bercak di cat mobil.

Gunakan wax agar cat mobil mengkilap

Bagi sebagian orang, mobil yang bersih saja dirasa belum cukup. Ada beberapa cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap. Wax, obat poles, busa, dan kain katun lembut atau jika ada microfiber adalah bahan-bahan pengkilap. Cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap adalah dengan teknik waxing.

Waxing adalah melapisi cat mobil dengan bahan seperti lilin. Cara ini paling ampuh untuk membuat cat mobil seperti baru kembali. Cukup ratakan dan jika sudah terlapisi semua bagian, bersihkan sisa wax dengan microfiber. Lakukan langkah-langkah tadi agar cat mobil selalu tampak bersinar.

Nah untuk perawatan eksterior mobil yang dikerjakan oleh ahlinya, BlackPals bisa nih nikmati promo maret anti seret dari Garasi.id

Memelih perawatan yang cerdas

Memelihara kebersihan dan melakukan perawatan mobil adalah salah satu bentuk kasih sayang yang bisa kita lakukan agar mobil selalu prima saat dikendarai. Untuk itu, sebagai komitmen Garasi.id sebagai #SolusiPuas bagi para konsumen, BlackPals bisa mendapatkan berbagai macam perawatan mobil khususnya bagian eksterior di promo Maret Anti Seret. Promo yang berlangsung hingga 1 April tersebut menawarkan beragam perawatan eksterior mulai dari pencucian mobil, detailing mobil, pemasangan kaca film hingga perawatan anti jamur pada kaca mobil.

Tentu partner-partner yang telah bekerjasama dengan Garasi.id adalah partner ternama dan profesional sehingga mobil yang kamu miliki akan ditangani dengan baik dengan hasil maksimal. Selain itu, kamu berhak mendapatkan diskon sebesar 20% jika melakukan pemesanan melalui aplikasi Garasi.id. Menarik bukan? Jadi tunggu apalagi, jangan sampai mobil tetangga lebih mengkilau daripada mobil kamu. Yuk segera download aplikasi Garasi.id dan dapatkan segera promo Maret Anti Seret-nya. [timBX]

Tags :

#
tips merawat eksterior mobil,
#
tips merawat interior mobil,
#
tips mobil,
#
cara merawat eksterior mobil,
#
cara merawat interior mobil