MENU
icon label
image label
blacklogo

12 Kesalahan Umum yang Dilakukan Pengendara Motor Pemula (Part 2)

NOV 19, 2021@19:30 WIB | 123 Views

Kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang mungkin baru saja mulai mengendarai motor kepunyaan Anda.

Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas kesalahan-kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh pengendara motor pemula, kita membahas itu agar Anda tidak jatuh pada lubang yang sama. Kemudian bisa menghindari kesalahan yang nantinya akan membawa Anda pada kecelakaan kecil. Berikut adalah kesalahan-kesalahan umum lainnya yang biasa para pemula lakukan.

7. Kunci Cakram

Siapa yang tidak pernah melupakan kunci mereka sebelum pergi? Jadi kita berbicara tentang kesalahan yang dilakukan oleh pemula yang mengendarai sepeda motor, tetapi itu bisa terjadi pada semua pengendara motor. Apakah mereka memiliki pengalaman 6 bulan atau 6 tahun, kunci cakram adalah musuh semua pengendara sepeda motor.

Kecuali Anda menggunakan kabel plastik kuning neon kecil yang secara visual akan mengingatkan Anda bahwa Anda telah memblokir roda Anda. Ini menyelamatkan lebih dari satu sepeda motor. Yang satu tidak bisa pergi tanpa yang lain.

8. Memutar Musik

Terus terang ini bukan salah satu kesalahan yang dilakukan oleh para pemula dalam mengendarai sepeda motor, melainkan kesalahan yang dilakukan seseorang hingga menyadari bahwa itu adalah sebuah kesalahan. Jika kita mendengarkan musik, kita tidak mendengar suara-suara di sekitar. Itu sama saja dengan pengendara yang mengemudi dengan sistem suara dengan kecepatan penuh.

Namun kerentanan bikers secara logis mengarah pada kehati-hatian yang berlebihan. Sangat keren untuk mendengar apa yang terjadi di sekitar kita untuk menghindari situasi berisiko. Dan kemudian mendengar suara bagus dari sepeda motor Anda,

Baca juga: 12 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengendara Motor Pemula (Part 1)

9. Kontrol Kopling yang Buruk

Penggunaan kopling saat berkendara lebih untuk melepaskan kopling secepat mungkin karena slip kopling di mobil lebih merusak karena bobot mesin. Dengan sepeda motor yang jauh lebih ringan kerusakannya relatif dapat diabaikan.

Dengan menyelipkan kopling, kami dapat mengelola masalah kekuatan terhadap bobot yang lebih besar saat mengendarai sepeda motor untuk mendapatkan keseimbangan yang lebih besar dan mengurangi masalah keseimbangan statis ke dinamis, sehingga lebih sedikit goyah saat Anda menarik diri.

Mengerti konsep kontrol kopling sangat penting. Hal utama yang harus dilakukan, dan yang paling jelas, adalah mendengarkan instruktur. Lakukan persis apa yang mereka katakan dan Anda tidak akan salah. Jangan hanya berasumsi bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan, lakukan praktik yang sebenarnya. Setelah itu terus berlatih. Latihan, latihan, latihan.

10. Lupa Mematikan Sinyal Berbelok Anda

Lupa mematikan lampu sein adalah kesalahan umum pengendara sepeda motor pemula. Setelah Anda mulai mengendarai, Anda akan mulai melihatnya terjadi pada pemula dan pengendara jangka panjang.

Beberapa sepeda motor dilengkapi dengan sinyal self-cancelling, meskipun ini tidak umum. Di dalam mobil, lampu sein otomatis dibatalkan setelah belokan selesai. Ini tidak terjadi pada sepeda motor di mana Anda memiliki kontrol manual atas sinyal.

Bukan masalah besar untuk melupakan mematikan sinyal. Anda mungkin mengganggu orang-orang di belakang Anda, tetapi itu tidak berbahaya secara serius. Ini adalah kesalahan yang akan sering Anda lakukan saat pertama kali mulai berkendara. Akhirnya Anda akan ingat untuk mematikan sinyal setelah menyelesaikan giliran Anda. Bahkan ketika Anda lupa, itu bukan masalah besar.

11. Kehabisan Bahan Bakar

Tergantung pada sepeda motor yang Anda miliki, mungkin tidak ada pengukur bahan bakar. Ini memungkinkan dan secara mengejutkan mudah kehabisan bahan bakar saat Anda berkendara. Bukan masalah besar untuk kehabisan bensin.

Tanpa pengukur bahan bakar Anda harus melacak tingkat bahan bakar Anda. Setelah Anda mulai mengendarai sepeda motor, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seberapa jauh sepeda motor Anda dapat melaju sebelum waktunya mengisi bahan bakar.

Setelah mengisi bahan bakar, setel ulang odometer. Tuliskan atau buat catatan tentang berapa jarak yang ditempuh saat Anda mendapatkan bahan bakar lagi. Ini akan memberi Anda rata-rata seberapa jauh Anda dapat berkendara sebelum Anda perlu mengunjungi pompa bensin.

Baca juga: Tata Cara Penggunaan dan Perawatan yang Benar Pelindung Helm Sepeda Motor

12. Mengabaikan Perawatan Dasar Sepeda Motor

Perawatan dasar sepeda motor adalah keterampilan lain yang akan Anda pelajari sebagai pengendara baru. Jika tidak, Anda dapat mengharapkan kunjungan rutin yang mahal ke mekanik sepeda motor lokal Anda.

Menjaga sepeda motor Anda tetap terawat dengan baik membuatnya lebih aman untuk Anda kendarai. Ini juga akan memperpanjang umur sepeda motor Anda. Sepeda yang terawat bisa diandalkan saat Anda jalan-jalan. Mengabaikan perawatan sepeda Anda berarti Anda akan selalu khawatir tentang sesuatu yang tidak beres. Ada baiknya untuk memeriksa sepeda motor Anda secara teratur. Periksa ban, periksa rantai sepeda motor, dan lihat level cairan.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
12 kesalahan umum,
#
kesalahan umum,
#
pengendara motor pemula,
#
tips,
#
tips untuk pengendara motor