MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha Tmax - Sensasi Motor Sport pada Skuter

FEB 02, 2017@12:00 WIB | 1,406 Views

Yamaha memiliki banyak varian skuter kuat dan menarik perhatian. Salah satunya adalah Yamaha Tmax yang memiliki desain atraktif, modern dan tersedia dengan mesin berkapasitas besar. Kali ini tim Blackxperience menguji Yamaha Tmax untuk membuktikan ketangguhannya.

Seperti yang bisa Anda lihat, Tmax mengadopsi bahasa desain yang sangat futuristik. Bahasa desain tersebut dipadukan dengan garis-garis agresif pada bagian wajah dengan lampu dinamis dan windshield yang membelah angin untuk kenyamanan Anda. Dual 55-watt halogen projector headlights memberikan penerangan maksimal di malam hari.

Dari samping siluet Tmax terlihat sangat menggoda, Anda dapat melihat posisi berkendara yang ditawarkan mengutamakan kenyamanan pengemudi sekaligus penumpang belakang. Tmax terlihat panjang dari samping, wajar saja karena panjangnya mencapai 2.200 mm dengan jarak sumbu 1.580 mm. Buritan meruncing nan futuristik berkat penggunaan stop lamp diamond shaped LED membuatnya mudah terlihat oleh pengendara lain saat melakukan pengereman.

Saat duduk di kursi pengemudi, saya dapat merasakan posisi berkendara yang nyaman dan natural. Saya disuguhkan dengan back support yang menambahkan rasa mantap saat bermanuver. Instrumental panel multi fungsi memberikan banyak fungsi serta memberikan sensasi tiga dimensi. Fungsi analog menyematkan fungsi speedometer dan rev-counter. Fungsi digital meliputi dual tripmeters, jam, indikator suhu, fuel gauge, dan konsumsi bahan bakar. Selain itu Yamaha menyematkan fungsi pengingat untuk maintenance V-belt dan oil trip.

Tmax menggunakan CF die cast aluminum frame yang berbobot ringan namun kekakuan tetap terjaga. Desain rangka tersebut menggabungkan filosofi motorsport dan skuter. Sehingga pengendaliannya memang terasa layaknya motor sport. Pengendalian yang menyenangkan tersebut dipadukan dengan mesin berkapasitas 530cc, 2-silinder, empat langkah, liquid-cooled, DOHC, yang menghasilkan torsi puncak 51 Nm pada 5.250 rpm.

Saat digunakan dalam perkotaan, mesin tersebut sangatlah responsif. Dimensinya yang terbilang cukup besar tidak menyulitkan saya untuk bermanuver dalam kemacetan maupun kondisi stop and go. Namun cara terbaik untuk menikmatinya adalah pergi dari kepadatan kota, dan nikmati diri Anda berkendara di jalur pegunungan yang menyegarkan.

Fork berukuran 43mm dengan travel 120mm menawarkan rasa berkendara mulus. Rear shock  dengan travel 116mm menjadi pasangan yang tepat untuk memanjakan Anda. Menikmati tikungan demi tikungan tidak pernah senikmat ini pada motor skuter, kenikmatan yang ditawarkan membuat saya terlupa sedang mengendarai skuter.

Secara keseluruhan, Tmax menawarkan sensasi berkendara yang benar-benar berbeda dari skuter pada umumnya. Perpaduan desain rekayasa pada rangka dipadukan dengan mesin yang sepadan membuat berkendara menjadi menyenangkan. Anda dapat berkendara dengan santai sambil menikmati pemandangan, atau berkendara secara agresif untuk merasakan batasan potensi yang ditawarkan.[aag/timBX]

Yamaha Tmax
Engine    4-stroke, liquid-cooled, DOHC, 4-valve, inline twin
Displacement    530 cc
Bore and Stroke    68 x 73mm
Compression Ratio    10.9:1
Maximum Torque    51 Nm @ 5,250 rpm
Ignition / Starting    TCI / Electric Start
Transmission    Fully automatic CVT
Final Drive    V-belt
Suspension (Front)    43mm fork
Suspension (Rear)    Swingarm - single shock
Brakes (Front)    Dual 267mm discs
Brakes (Rear)    282mm disc
Tires (Front)    120/70R15
Tires (Rear)    160/60R15
Length    2,200mm (86.6’’)
Width    775mm (30.5’’)
Height    1,420 or 1,475mm (55.9 or 58.1’’)
Wheelbase    1,580mm (62.2’’)
Ground Clearance    125mm (4.9")
Price            By Order
 

Tags :

#
yamaha tmax,
#
yamaha,
#
autoreview,
#
review