MENU
icon label
image label
blacklogo

Vespa GTS Super 300, Kaya Fitur Premium

JAN 17, 2019@12:00 WIB | 2,453 Views

Vespa GTS Super 300 menjadi varian tertinggi  dikelasnya. PT Piaggio Indonesia berani memasukkan kelas tertingginya di Indonesia, lantaran market premium yang cukup potensial dan boleh dibilang masih luas, karena pemain skutik 250-300 cc masih bisa dihitung jari.  Vespa sebagai brand Italia, memperkenalkan desain yang unik, dan sesuai dengan identitas Vespa sebagai skuter pertama yang terus diadopsi ke berbagai segmen oleh beberapa manufaktur. Vespa punya karakter yang tidak bisa pudar dari tahun ke tahun, tetap compact, lincah dan bertenaga.

Gaya desain Vespa cukup menjadi point yang perlu diapresiasi. Karena Vespa berhasil membangun sebuah skuter matik yang cukup compact, tanpa harus menonjolkan body yang gambot, seperti skuter eropa lainnya. Sentuhan gaya klasik dipadukan dengan  gaya aerodinamis dengan lubang air scoop di dek depan, terciptalah body GTS Super 300 yang lebih smooth dengan lekukan yang minor. Sebuah fender fin didesain memanfaatkan ruang lebih pada bagasi depan. Tetapi itu bukan sebuah aksesoris belaka, karena memang berfungsi mengeluarkan panas dari mesin, saat elektrik fan radiator bekerja mendinginkan mesin.

Yang jelas desainer Vespa cukup mengerti, image apa yang harus dipertahankan sehingga cepat dipahami sebagai varian Vespa. Tidak kemudian berevolusi dengan body plastic atau fiber, namun tetap menggunakan plat tebal sesuai gaya ortodoksnya. Kehadiran list chrome smoke mempercantik baluran cat putih Monte Bianco yang cukup mempesona. Bagian joknya terlihat lebar, yang memanjakan posisi riding, namun disisi lain menyulitkan saat posisi berhenti, dengan menahan salah satu dari dua kaki dalam keadaan jinjit.

Pada sebelah kanan, terdapat beberapa tombol seperti ASR, lampu, mode berkendara, dan starter. Sedangkan sebelah kiri terdapat tombol lampu dekat dan jauh, sein dan klakson. Dibawah stang, terdapat sebuah pad berwarna hitam, dan ini berfungsi sebagai fungsi pad untuk kaki anak balita, saat dibonceng di depan. Dibagian tengah terdapat gantungan beban, dan sebuah bagasi kecil yang bisa dibuka secara elektrik, terdapat panel sekering dan sebuah port USB untuk memudahkan penchargeran smartphone. Mobilitas Anda kemanapun cukup terakomodasi dengan varian tertinggi Vespa ini. Terbantu dengan bagian light traveler, sebagai sebuah aksesoris pilihan.

Menaiki Vespa GTS Super 300 dengan desain yang lebih bongsor dari varian dibawahnya, namun performa dan akselerasi ringan layaknya mengendarai motor sport. Tentu ini bukan pujian belaka, namun sebuah kekaguman atas kinerja mesinnya. Dengan mesin 278,3 cc Quasar, 4 katup dan silinder tunggal, menyempurnakan ekspresi berkendara Anda saat di perkotaan. Tarikan mesinnya cukup impresif cukup cepat melesat, menyemburkan daya hingga 20 hp pada putaran mesin 7750 rpm dan torsi 22 Nm pada 5000 rpm.

Posisi riding perseorangan yang baik, dengan sebuah footstep yang mampu dibuka tutup, menjadi desain yang cukup mengesankan. Kami mencobanya untuk pergi beroncengan, ke BSD dan sekitarnya, cukup enak. Akan tetapi, rekan kami terlalu susah untuk dapat memposisikan kakinya di footstep, terutama bila terdapat hambatan yang membuat kami harus berhenti. Posisi kaki pengendara terganggu dengan posisi footstep. Itu bukan menjadi masalah besar, apabila kaki pengendara lebih jenjang, sesuai dengan postur 180 cm tentunya.

Bagian dashboard didesain seperti 1/3 potongan kue, dengan list krom cukup kontras dengan warna basic tachometer yang berwarna hitam. Beberapa indikator ABS, bahan bakar, waktu, mode trip, mode ASR, check engine ada pada dashboard yang minimalis.   Handlingnya cukup nyaman dibantu dengan handgrip yang lembut, dan saat macet tiba, jangan kaget dengan suara fan radiator yang bekerja menghasilkan suara yang cukup nyaring. Fan bekerja mendinginkan cairan radiator, yang panas akibat kinerja mesin tertahan saat macet. Dan teknologi ini kali pertama disematkan di varian GTS Super 300nya, selain itu bekerja agar menghindari piston tidak cepat aus.

Fitur ABS dual channel, dan fitur ASR sebagai fitur kontrol traksi yang biasa digunakan untuk mobil, tersemat pada Vespa GTS Super 300. Teknologi ASR agar ban tidak selip, ketika hujan atau jalanan licin.  Keduanya diperkenalkan sebagai teknologi keamanan pada skuter premium ini. Fitur lain yang biasa digunakan pada motorsport adalah tilt sensor atau di produk lain disebut link sensor. Fitur ini berfungsi untuk membatasi pergerakan sudut kemiringan rider, ketika melalui suatu tikungan. Jadi Vespa ternyata menyematkan teknologi mahal untuk skuter matik GTS Super 300.

Vespa mungkin yang pertama menerapkan teknologi kunci immobilzer yang tidak dapat digandakan.  Sebuah remote yang tergabung pada kunci,  berfungsi untuk mengunci motor, juga bisa digunakan untuk mencari posisi motor, lampu akan menyala dan itu cukup membantu ketika Anda sudah lupa dengan posisi saat Anda parkir.

Konsumsi bahan bakarnya tergolong irit, asalkan Anda tidak terlalu memainkan dengan membuka tutup throttle secara spontan. Konsumsi perkotaan cukup mungkin dikisaran 1 liter 20 km, tetapi itu bukan acuan, karena mungkin punya gaya berkendara sendiri yang sesuai dengan gaya Anda.  Karena gaya berkendara dengan Vespa melebihi ekspektasi apapun, dan itu tidak terbukti dengan gaya milenial muda sekarang.

Motor ini didesain di Italia, namun dirakit di Vietnam.  Ini membuktikan bahwa pasar GTS Super 300 layak untuk negara-negara di Asia, khususnya Asia Tenggara, seperti Indonesia. Jika tadi Kami sebutkan suara fan yang cukup nyaring, ketika Anda menemukan posisi macet. Anda mungkin menyangka ada sebuah heater grip. Ternyata itu bukan pemanas grip, karena hawa panas yang menyentuh telapak tangan Anda merupakan buangan dari hawa panas radiator. Sensor fan bekerja bukan saat kondisi situasi lalu lintas macet, namun lebih pada sensor yang mendeteksi hawa panas pada mesin.

Okay Black Pals, kesimpulannya Vespa GTS Super 300 merupakan skuter matik dengan sejumlah teknologi yang baru akan temukan di motor-motor sport berkapasitas mesin besar. Antara desain, performance dan teknologi yang diterapkan memang cukup premium. Dengan harga mencapai Rp100 jutaan, itu cukup menjamin mobilitas Anda yang cukup disokong oleh penampilan yang sesuai, Vespa GTS Super 300 menjadi salah satu jawabannya. [Ahs/timBX]

Spesifikasi Vespa GTS 300 ABS

  • Mesin       : Quasar, 4 Langkah, Silinder Tunggal 4 Katup
  • Kapasitas : 278,3 cc
  • Daya maksimum : 15,6 Kw/7750 rpm
  • Torsi maksimum ; 22 Nm/5000 rpm
  • Sistem Pendingin : Berpendingin Cair
  • Sistem Pembakaran : Injeksi Elektronik
  • Transmisi : CVT Otomatis (continous variable transmission)
  • Suspensi Depan :  Lengan tunggal dengan pegas helical dan peredam kejut hidrolik tunggal
  • Suspensi belakang : Peredam kejut hidrolik ganda dengan 4 tingkat setelan kekerasan
  • Sistem pengereman : dual channel ABS dan ASR – Anti Slip Regulation (system control traksi)
  • Rem depan : Cakram 220 Nm
  • Rem belakang : Cakram 220 Nm
  • Ban Depan   : Tubeless 120 /70-12”
  • Ban Belakang : Tubeless 130/70-12”
  • Panjang                : 1950 mm
  • Lebar                     : 775mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1375 mm
  • Tinggi Sadel        : 800 mm
  • Kapasitas Tangki : 8,5 liter
  • Emisi                    : Euro 3

Tags :

#
vespa,
#
vespa gts super 300,
#
piaggio indonesia