MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Kijang Innova Venturer - Practicality Meets Exclusivity

OCT 05, 2017@12:00 WIB | 4,579 Views

Dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun, Toyota Kijang tak hanya memenuhi jalan-jalan di Indonesia namun juga menghiasi hati keluarga Indonesia. Jumlah penjualannya di dalam negeri fenomenal dan belum tersaingi. Bahkan pemiliknya menganggap kendaraan ini sebagai investasi keluarga. Tidak ada yang bisa menyaingi harga jual kembali kendaraan ini di pasar dalam negeri. Tak heran depresiasinya tak begitu drastis turunnya.

Apalagi dengan varian Venturer, yang makin membuat generasi ke-6 ini semakin mengokohkan nama Toyota Kijang sebagai ikon kendaraan keluarga Indonesia. Tampilannya semakin mewah, dan mampu mengakomodasi selera keluarga Indonesia yang umumnya semakin eksklusif.

Kijang Innova Venturer tetap mempertahankan tema tradisionalnya sebagai mobil pengangkut keluarga yang khas, tapi dia masih terlihat lebih baik ketimbang model lain yang ada di pasaran kini. Dia punya campuran yang tepat antara sudut dan lekukan, proporsi keseluruhan juga cukup solid dan wajahnya ikut terlihat agresif.

Di bagian eksterior, salah satu upaya Toyota Astra Motor membuat mobil ini terlihat lebih tangguh adalah membuat garis terbawah body terlihat terlindungi, seperti yang terdapat pada kebanyakan SUV/Crossover. Hasilnya, Venturer memiliki spoiler di bagian bumper serta over fender dan side skirt berkelir hitam doff. Sebagai pelengkap kesan tangguhnya, velg pada New Venturer ini juga dibalut warna hitam.

Untuk membuatnya terlihat tangguh sekaligus mewah, Bagian grille kini berwarna dominan hitam mengkilap dengan sentuhan garis krom gelap. Lampunya, dengan proyektor LED baru, mendapatkan sentuhan desain smoke headlamp. Di bagian pintu bagasi juga terdapat garnish hitam mengkilap yang memisahkan kedua lampu.

Puas memandangi tubuhnya, masih ada lagi benda-benda yang mengesankan. Apa sih yang istimewa? Pindah ke kursi kemudi, tampilan dashboard berpadu bersama meter cluster anyar memberikan beragam informasi melalui MID secara lebih komprehensif dan mudah digunakan. Jauh lebih interaktif ketimbang versi lamanya. Untuk kenyamanan lebih, saya juga dimanjakan dengan berbagai fitur terdepan yang biasanya hadir di mobil Toyota kelas lebih tinggi – voice command dan smart phone connectivity MiraCast.

Sistim audio terbaru pun dihadirkan dengan layar sentuh 8 inci dengan menu yang lebih interaktif, termasuk menu Toyota Move. Karena postur tubuh saya termasuk tinggi, Toyota kini mengakomodirnya dengan kemudi yang bisa maju-mundurkan (telecopic) ketimbang hanya bisa naik-turun (tilt). Lagi-lagi lompatan jauh dari versi lawas.

Sementara di belakang adalah tempat yang enak untuk bersantai jika Anda punya punggung bermasalah. Jok milik New Venturer dibalut material kulit. Dengan perpaduan antara jok kulit dan captain seat, kabin New Venturer ini tampak lebih berkelas. Ini jadi salah satu selling point Innova terbaru karena ruang kaki dan ruang kepala terbaik di kelasnya, memastikan semua penumpang merasa lega. Kursi captain seat dengan armrest yang bisa dilipat pada baris kedua, dengan operasi sederhana, -menarik tuas, langsung terlipat. Disain living room-nya serta illuminated roof LED simetris dengan kisi-kisi AC-nya. Interior jadi mewah, terasa lebih lega dan nyaman.

Nyalakan mesin dieselnya, suara yang terdengar sangat bersih dan jernih. Sekarang dia mengadopsi teknologi VNTurbo. Tak heran, tenaganya melonjak jadi 149 ps serta torsi pada 360 Nm yang besar. Saya pun mendapat pilihan transmisi terbaru dengan 6-speed Automatic Sequetial Shiftmatic untuk berkendara yang lebih fun.

Model ini pun dilengkapi fitur terbaru Drive Mode (Normal Mode, Eco Mode, and Power Mode) yang bisa menyesuaikan mood saya mengemudi. Apalagi yang beda? Untuk mengatur putaran mesin atau kerja mesin tidak lagi menggunakan kabel konvensional yang menghubungkan pedal gas dengan throttle body atau katup gas, menggunakan drive by wire.

Toyota tahu konfigurasi semacam ini akan memudahkan para orang tua menjemput anak-anak mereka ke sekolah atau mengajak mereka liburan di akhir minggu, tanpa mengeluarkan biaya operasional tinggi yang menempel pada sosok mobil MPV, berkat teknologi mesin diesel 4 silinder mereka yang simpel tapi tetap canggih.

Khusus buat varian seharga Rp 453 juta ini, Toyota cerdik merancang ulang corak velg alloy 17 inci menjadi hitam, menambah kesan berotot. Di atas roda besar ini, membuat handling Innova Venturer pada kecepatan tinggi (dan tanpa anak-anak bermain di belakang) cukup bagus, dan remnya bekerja dengan baik menghentikan mobil seberat 2 ton itu. Tapi ingat dia bukan sports car, dan tak suka sesuatu yang terlalu kencang dan menegangkan.

Meski begitu, handlingnya lebih terasa sedan ketimbang sebuah van, dan cukup menyenangkan diajak meliuk-liuk di jalanan Ibukota. Dengan atmosfer kabin yang tenang, teduh dan senyap, mengalir dalam atmosfir Jakarta yang unik. Akses keluar masuk di mobil ini masih terbilang masuk akal, dengan jarak pijak tanah yang rendah, membuatnya lebih menaik-turunkan penumpang.

Pada kecepatan tinggi (dan tanpa anak-anak bermain di belakang) Kijang Innova Venturer menyajikan tingkat kestabilan yang baik, dan remnya bekerja dengan baik menghentikan mobil seberat hampir 2 ton itu. Tapi ingat dia bukan sports car, dan tak suka sesuatu yang terlalu kencang dan menegangkan.

Gabungan suspensi double wishbone/4 link memang membuatnya lebih kaku dan jarak mainnya lebih sedikit. Sehingga, melintasi jalan rusak atau aspal yang tidak mulus akan lebih terasa hingga ke kabin mobil. Tetapi saya membedah Toyota Kijang Innova Venturer untuk merasakan apa yang sebenarnya bisa didapatkan mobil keluarga seharga dan selevel dia, dan berhasil menepiskan keraguan saya seperti apa nantinya MPV ini di jalan. Jauh dari kesan kuno dan lembek. Dengan pendekatan kepraktisan yang disusungnya, Toyota Kijang Innova Venturer sangat baik dirancang, mewah fiturnya, dan asyik untuk dikendarai. [bil/timBX]

Spesifikasi New Toyota Kijang Innova Venturer 2.4 Diesel

Mesin: 2GD FTV 4 Cylinder In-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler

Transmisi 6 Speed Automatic

Kapasitas: 2,393 cc

Tenaga: 149 ps @ 3,400 rpm

Torsi maksimum: 360 Nm @ 1,200 - 2,800 rpm

Kecepatan puncak: 180 kpj

Suspensi : Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer & 4 Link with Coil Spring and Lateral Road (Depan & Belakang)

Dimensi Roda: 215/55 R17 Black Polished Alloy

Harga: Rp 453.800.000

Tags :

#
toyota kijang innova venturer,
#
toyota kijang innova,
#
toyota kijang,
#
autoreviews