MENU
icon label
image label
blacklogo

Range Rover Velar - Beautiful Off-Roader

DEC 28, 2017@17:24 WIB | 1,244 Views

Range Rover adalah mesin yang luar biasa dari sebuah kubu yang menyandang nama Land Rover. Apakah Anda mau mengarungi air setinggi pinggang, memanjat di jalur berlumpur, berselancar di atas bukit pasir, atau mencakar-cakar batu-batu besar. Oh ya, jangan lupakan kemampuannya pula memikat banyak wanita di sepanjang jalanan mulus di Ibukota.

Masalahnya, mobil dua setengah ton itu sangat besar dan berat. Apalagi dengan harga dasar mulai Rp 2 milyar, begitu mahal dan haus bensin. Kakaknya, Range Rover Sport bisa saja lebih terjangkau tapi dia lima persen lebih gemuk, jadi kata "Sport" sedikit keliru.

Sambut Range Rover Velar terbaru ini, yang hadir untuk menyambungkan celah antara Evoque yang sangat kecil dan Range Rover Sport yang anggun. Dirunut ke bawah memang mirip adiknya Range Rover Evoque, jadi meski mengesankan kakak laki-lakinya yang lebih besar, antara interiornya yang kompak dan sempit, sepertinya tidak serta-merta dipotong dari kain yang sama.

Seperti Evoque, Velar dikemas lebih seperti crossover berukuran sedang daripada truk, dan berbagi banyak bagian komponen kotornya dengan SUV Jaguar yang pertama, F-Pace. Tapi dengan Velar, komponen kotor sebenarnya dimaksudkan untuk menjadi kotor. Dan untuk melihat apakah Velar memiliki otot yang pas untuk menyandang gelar Range Rover, saya menuju ke Gunung Pancar, Bogor yang cerah, untuk mengemudikannya di jalan yang diaspal dan yang tidak.

Apakah saya menyebutkan kotor? Ya, saya menduga bahwa kebanyakan Velar akan jauh mungkin dari lumpur, batu, atau apapun yang bisa menggores cat mengkilapnya, sama seperti saudara lainnya yang dimanjakan di garasi. Dan terutama dalam kasus Velar, kita dapat memahami kecenderungan seseorang untuk menjaga kecantikan alami yang dibawanya.

Land Rover tidak pernah menawarkan SUV ukuran menengah dengan dimensi spesifik seperti ini, namun jangan meremehkan Velar karena dia masih sebuah Range Rover. Ciri khas styling merk ini - sisi tubuh lurus, kap mesin clamshell, kaca jendela smoke, atap "mengambang", dan lain-lain - dibuat dan dirancang dengan gaya yang ramping dan fashionista. Kaca jendela yang pendek, misalnya, memberi Velar tampilan yang agresif dan model atap seperti dipotong setengah, dan tubuh meruncing ke belakang di atas roda belakang. Betapa sangat Inggris.

Berkat teknologi LED, lampu depan Velar lebih tipis dan samar-samar dari pada Range Rover sebelumnya, dan masing-masing dari elemen lampu belakangnya sangat mengesankan tiga dimensi di dalam rumah lampunya sendiri. Sisi bodi Velar dibersihkan lebih jauh oleh gagang pintu model pop-out yang akan keluar dari panel pintu saat kendaraan tidak terkunci namun kembali masuk ke dalam saat mobil terkunci atau bergerak.

Salah satu pernik opsi yang sangat menarik dan bergaya adalah finishing tembaga yang dioleskan dengan halus untuk detail tertentu di sisi kap mesin bagian, fender samping atas serta asupan udara di bemper depan depan yang lebih rendah. Velar mungkin tidak mengesankan seperti Range Rover atau Range Rover Sport, tapi jauh lebih ramping dan memberikan sosok yang lebih menarik perhatian daripada sang Evoque kecil.

Jadi tidak mengherankan, kalau dia merupakan Land Rover yang paling aerodinamis, dan desain Land Rover yang paling karismatik sejak Defender yang ikonik.

Anda akan kami maafkan jika Anda mengira atap rendah Velar akan memberi dampak negatif ke kabin yang sempit, tapi dengan senang hati saya melaporkan bahwa postur 183 cm saya begitu nyaman dan lega di kabin depan dan belakang.

Pinggang Velar yang tinggi dan jendela yang melengkung (berlawanan dengan kaca samping vertikal yang hampir rata dari Range Rover yang lebih besar), membuat kabin ini jauh lebih menyenangkan daripada saudara-saudaranya yang lebih besar, meskipun finishing-nya terasa lebih berkelas. Tempat duduk sangat nyaman, setidaknya pada jok yang bisa diatur secara elektrik 20 arah yang ada pada unit test saya, berlapis kulit dengan jahitas bergaya Union-Jack-like.

Pengemudinya dimanjakan oleh layar cluster instrumen 12,3 inci yang apik. Salah satu pernik baru Velar yang paling menonjol dan paling penting, setidaknya dari sudut pandang saya, adalah tampilan antarmuka pengguna, yang pada dasarnya membuang tombol tradisional guna mendukung dua layar sentuh warna 10 inci beresolusi tinggi untuk infotainment dan sistem AC-nya. Layar paling atas bisa miring ke posisi yang lebih vertikal saat startup untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan, sedangkan display di bawahnya berisi dua knob berbentuk rotari bulat yang berisi layar kecil yang bisa berubah sesuai dengan pilihan sistem yang sedang dipakai.

Dengan begitu banyak tempat untuk melihat informasi atau menyesuaikan berbagai sistem, mengoperasikan sistim Velar ini perlu beberapa kali mencoba hingga akhirnya terbiasa. Tapi dengan gaya dan fungsionalitasnya yang sangat modern, kami jujur mengatakan interior Velar mewakili tolak ukur baru untuk sebuah SUV mewah.

Sekitar setengah dari waktu pengandar kami dihabiskan di jalan berdebu, kadang curam, berlapis batu di Gunung Pancar di sebelah barat kota Bogor - bukan berarti dia adalah benda amatiran, untuk sekelas Land Rover. Terkadang, jalur itu bahkan membutuhkan spotter agar Velar bisa melintasi medan dengan aman.

Saya memiliki portofolio powertrain Velar yang paling kuat saat ini, V6 3.0 liter supercharged sama dengan yang dipakai Jaguar F-Pace. Itu membuat 380 hp dan torsi 450 Nm, dan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan.

Model "P380" V6 membuat pekerjaan jadi semakin mudah saat menemui rintangan, termasuk yang saya ditemui di lereng yang curam dan berdebu. Model Velar P380 yang saya pakai juga dilengkapi dengan differential locking, yang selanjutnya membantu sistem penggerak 4-wheel drive bereaksi cepat dan sesuai kebutuhan dari program Terrain Response Land Rover terbaru. Terrain Response menyesuaikan powertrain, steering, dan karakteristik suspensi udaranya untuk performa maksimal di atas permukaan tertentu.

Menariknya, Velar tidak menawarkan rangkaian gigi rendah mekanis namun menawarkan sistem All-Terrain Progress Control yang brilian yang bekerja seperti cruise control super lambat, mempertahankan kecepatan kendaraan antara 3,5 dan 28 kpj, saat naik atau menuruni bukit, secara otonom menangani akselerasi dan pengereman.

Hal ini pada gilirannya membebaskan pengemudi untuk berkonsentrasi terutama pada mengemudikan kendaraan saat bernegosiasi di medan yang sulit. Dalam kondisi seperti ini, sangat menarik untuk menyaksikan bagaimana, elektronik telah secara efektif mengganti perangkat traksi mekanis konvensional, mengurangi bobot mobil dan bahkan memungkinkan Velar P380 putih kami, berjalan dengan baik di atas roda 21 inci, tanpa menyebabkan kegagalan mekanis.

Kebanyakan Velar tidak akan pernah melihat tantangan semacam ini, tentu saja, dan Land Rover dengan jelas menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki perilaku Velar di jalanan biasa. Mesin V6 supercharged ini cukup kompeten bila tidak menstimulasi layaknya Jaguar F-Pace yang lebih ringan, dan saya tidak memiliki alasan untuk tidak mempercayai klaim Land Rover bahwa ia membawa Velar sprint hingga 100 kpj dari nol dalam waktu 5,3 detik. Terlepas dari kecepatan, suspensi udara dengan tangkas mengisolasi gelombang tanah untuk pengendaraan yang lembut sambil menjaga tubuh tetap rata secara bergantian. Feedback kemudi begitu akurat dan langsung, merasa lebih terhubung ke jalanan ketimbang saudara-saudaranya yang lebih besar.

Berbicara tentang harga, Range Rover Velar P380 R-Dynamic SE yang saya bawa dibanderol dengan harga Rp 2,3 milyar. Tentu, menumpuk banyak pernik opsional akan menyebabkan inflasi harga yang cepat, dan model R-Dynamic P380 seperti kendaraan test saya akan mendongkrak harganya. Anda bisa menghemat beberapa fitur opsi dengan melewatkan beberapa opsi off-road atau fitur opsi canggih lain, tapi kita masih berbicara uang yang banyak di sini.

Tapi kemudian, itu tetap tak membuat dia kehilangan kecantikannya.. [bil/timBX]

Spesifikasi Range Rover Velar P380 R-Dynamic SE

Dimensi           4.797 mm/ 2.145 mm/ 1.723 mm

Sumbu roda     2.874 mm

Mesin              V6 Supercharger

Kapasitas         2.995 cc

Tenaga             380 hp HP @ 6.500 rpm

Torsi                450 Nm @ 3.500 rpm

Transmisi         8-speed Automatic

Berat               2.500 kg

Suspensi          Electronic Air Suspension (depan & belakang)

Ban                  255/50 R21

Harga              Rp 2,35 milyar

Tags :

#
auto reviews,
#
range rover,
#
range rover velar p380 r-dynamic se