MENU
icon label
image label
blacklogo

Range Rover Evoque - My Faithful Companion

MAY 18, 2017@15:30 WIB | 1,561 Views

Range Rover Evoque Facelift meluncur di Indonesia pada 3 Juni 2016 lalu. Model facelift ini mendapatkan perubahan pada lampu depan yang menawan, berkat penggunaan LED signature, dan Day Time Running Light. Lampu belakang juga mendapatkan pembaharuan, dan pintu bagasi kini dilengkapi Electric Tailgate.

Range Rover Evoque dikenal sebagai SUV elegan mewah yang identik sekali dengan nuansa urban. Kali ini tim blackxperience.com akan menguji Evoque di Jeep Station Indonesia yang berlokasi di Cikopo Selatan KM5, Pasir Muncang, Kel. Sukagalih Mega Mendung, Bogor.

Sebelum berangkat dari kota Jakarta, saya terlebih dahulu mengagumi desain eksterior dari Evoque. Meskipun menggendong nama Range Rover, desain dari Evoque terlihat sangat cantik dan menawan. Sentuhan desain dari Victoria Beckham membuat Evoque layaknya seperti ikon di dunia fashion.

Beralih ke bagian interior, duduk di kursi pengemudi sangatlah nyaman. Mudah untuk mendapatkan posisi berkendara ideal berkat pengaturan kursi secara elektrik. Sayangnya belum tersedia memori untuk penyimpanan pengaturan. Selain itu, ternyata pengaturan lingkar kemudi belum dilengkapi pengaturan elektrik.

Lingkar kemudinya sendiri disemati dengan beragam tombol fungsi. Seperti pengaturan sistem infotainment, pengaturan MID pada instrumental panel, tombol untuk melakukan panggilan, voice command, cruise control, dan yang paling saya sukai adalah paddle shift berwarna merah anodized di balik lingkar kemudi.  Warna merah anodized ini juga digunakan pada tombol transmisi yang terletak di konsol tengah. Dan tombol ini hanya akan muncul saat mesin dinyalakan.

Tampilan interior terlihat cantik dan mewah. Penataan tombol fitur pada dashboard dan konsol terlihat rapi dan simetris. Panoramic roof memberikan penerangan alami ke dalam kabin sekaligus membuatnya terasa lebih lapang. Sistem hiburan diperkuat dengan Meridian Sound System berdaya 380 watt akan memberikan suara yang memanjakan telinga melalui 11 speaker, dan subwoofer.

Duduk di baris kedua terasa lapang, selama Anda tidak duduk bagian tengah tentunya. Tingkat kemiringan bangku tidak dapat dirubah, untungnya posisi duduk sudah terbilang nyaman untuk perjalanan jauh sekalipun. Di belakang Anda akan dimanjakan oleh kehadiran speaker meridian, blower AC, dan panoramic roof.

Setelah puas melihat ekterior dan interior, langsung saja saya menyalakan mesin dan mengarahkan mobil ke tol Jagorawi. Range Rover Evoque mengadopsi mesin berkapasitas 1.999 cc yang menghasilkan tenaga 240 ps pada 5.500 rpm, dengan torsi puncak 340 Nm pada 1.750 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan kepada empat roda melalui transmisi otomatis 9-percepatan.

Evoque memberikan rasa nyaman berkendara pada kecepatan tinggi. Pada kecepatan tinggi sekalipun, putaran mesinnya terbilang rendah. Ini berkat penggunaan transmisi 9 - percepatan yang diadopsinya. Anda ingin berkendara dengan agresif? Putar mode transmisi ke S, lalu karakter Evoque akan berubah dengan drastis.

Raungan knalpot terdengar dramatis, mainkan paddle shift jika Anda ingin mendengarkan suara symphony mesin di putaran tinggi. Mode S benar-benar memberikan sensasi berkendara yang berbeda, dan membuat saya terlupa sedang mengendarai sebuah SUV.

Sesampai di lokasi JSI, saya sedikit menguji kemampuan offroad di track offroad buatan. Memang kami tidak mencoba semua fasilitas yang dimiliki, karena track JSI memiliki tingkatan dari biasa hingga extreme yang membutuhkan modifikasi khusus pada mobil.

Evoque dapat dengan mudah melibas jalanan licin maupun berbatu, sistem kontrol traksi membantu kestabilan saat melibas medan tersebut, Sistem pengereman dengan ABS banyak berkontribusi saat saya akan berbelok tajam. Saya juga cukup percaya diri untuk melibas sungai tanpa perlu khawatir selip, atau air masuk ke dalam ruang pembakaran, karena posisi air intake yang cukup tinggi.

Fitur yang membuktikan jati dirinya sebagai Land Rover adalah Terrain Response, dimana fitur ini akan menyesuaikan karakteristik kendaraan sesuai dengan jalanan yang dilewatinya, sehingga traksi pada keempat roda akan tetap terjaga, sekaligus mengurangi gejala slip.

Salah satu fitur baru yang disematkan pada Range Rover Evoque ini adalah Gesture Tailgate - Handsfree Powered Electrical Tailgate. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menggerakkan kaki di bawah bumper belakang, lalu bagasi akan terbuka sepenuhnya secara otomatis. Fitur ini akan aktif jika pemilik membawa Smart Key milik Evoque.

Mobil ini juga dilengkapi beragam fitur lainnya yang menawarkan kenyamanan, serta keselamatan berkendara seperti Emergency Brake Assist, Active Drive Line, Hill Descent Control,& Hill Start Assist.

Secara keseluruhan, Range Rover Evoque adalah pasangan yang sempurna untuk menemani Anda. Evoque dapat menjadi partner untuk sehari-hari, bahkan sanggup mengakomodasi keluarga Anda untuk pergi berpetualang di medan yang membutuhkan kapabilitas 4x4. [aag/timBX]

Ranger Rover Evoque:

Kapasitas Mesin : 1.999 cc
Tenaga Maksimum : 240 PS @ 5.500 rpm
Torsi Puncak : 240 Nm @ 1.750 rpm
Transmisi : otomatis 9-percepatan
Panjang : 4.370 mm
Lebar : 1.990 mm
Tinggi : 1.605 mm
Jarak Sumbu : 2.660 mm
Ground Clearance : 215 mm
Velg : 18 inci
Fitur lainnya : Fixed Panoramic Roof, Gesture Tailgate – Handsfree Powered Electrical Tailgate, Push Button Start, Range Rover Smart Key Controls, Front Parking Aid

Tags :

#
range rover evoque,
#
range rover,
#
land rover,
#
blackauto,
#
autoreviews,
#
range rover evoque facelift