MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Macan, Easy and Fun to Drive!

NOV 11, 2016@13:14 WIB | 1,724 Views

Dari masa ke masa Porsche dikenal sebagai pabrikan asal Jerman yang selalu konsisten menciptakan mobil yang menyenangkan untuk dikendarai. Pada tahun 2002 silam, Porsche memperkenalkan Cayenne sekaligus membuktikan SUV 4x4 berlabel Porsche masih tetap untuk menyenangkan untuk digunakan.

Untuk mengulangi kesuksesan tersebut, pada tahun 2014 Porche meluncurkan crossover SUV yang diberi nama Macan. Pemberian nama tersebut terinspirasi dari hewan buas asal Indonesia yang dikenal dengan nama Macan. Strategi Porsche menciptakan crossover SUV ini bertujuan untuk menggoda pasar baru, sekaligus menawarkan Porsche entry level.

Tim Porsche berhasil menyematkan bahasa desain 911 pada body mobil empat pintu ini. Seperti pendahulunya Cayenne yang berbagi platform dengan VW Touareg, Macan memiliki kesamaan dengan Audi Q5. Macan dan Q5 berbagi komponen hingga 30%,  komponen tersebut tidak terlihat, salah satunya adalah multi-link suspension depan maupun belakang.

Macan yang kami uji mengadopsi mesin 2.0 liter turbo yang sanggup memuntahkan tenaga 237 hp pada putaran 5.000 – 6.800 rpm, dengan torsi puncak 350 Nm pada 1.500 – 4.500 rpm (varian 2.0 liter facelift memiliki tenaga 252 PS, dengan torsi 370 Nm). Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi PDK dual-clutch 7-percepatan. Kombinasi tersebut dapat menghasilkan akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 6,8 detik, dengan kecepatan puncak 223 kpj.

Memasuki ruang kabin, Macan mengadopsi bahasa desain seperti saudaranya. Konsol tengah disemati dengan banyak tombol fitur yang bisa membuat Anda kebingungan pada awalnya. Namun semua sudah ditata agar mudah digunakan ,dan dipahami.

Lingkar kemudi terasa mantap dan nyaman digenggam. Feedback bobot yang diberikan oleh lingkar kemudi terasa sempurna. Mudah untuk bermanuver dengan Macan, sistem penggerak empat roda meminimalisir gejala oversteer maupun understeer yang berlebihan. Hentakan torsi puncak pada putaran rendah membuat berkendara semakin menyenangkan, terlebih lagi jika Anda menggunakan paddle shift yang berada di balik lingkar kemudi.

Salah satu keunggulan dari crossover SUV adalah kepraktisan dan kenyamanan bagi penggunanya. Macan mengadopsi bangku yang nyaman dan supportive. Ruang kepala dan kaki bagi penumpang depan maupun belakang terbilang memadai. Sehingga Anda tidak akan cepat merasa lelah ketika berkendara jarak jauh. Bantingan yang diserap oleh Macan cukup memuaskan, goncangan yang masuk ke dalam kabin saat melewati jalan rusak terasa minim.

Porsche Macan merupakan crossover SUV premium yang menarik untuk dilirik. Baik bagi Anda yang menyukai sensasi berkendara tanpa mengorbankan kepraktisan serta daya tamping dimiliki. Sistem penggerak empat roda memastikan pengendaraan tetap stabil dan menyenangkan. Bagi saya Macan sanggup menyalurkan adrenalin Anda sekaligus dapat diandalkan di berbagai medan.[aag/timBX]

Porsche Macan

Engine: 2.0 liter turbo

Power: 237 hp @ 5.000 – 6.800 rpm

Torque: 350 Nm @ 1.500 – 4.500 rpm

0-100 kpj: 6.8 secs (claim)

Top Speed: 223 kpj

Feature: Panoramic Roof System, PASM, Sport Chrono Package, 20 inch RS Spyder Design wheel, BOSE Surround Sound System

Tags :

#
porsche macan,
#
porsche,
#
autoreview,
#
cayenne,
#
porsche cayenne