MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche 911 Carrera, Your Daily Sports Car

OCT 14, 2016@14:25 WIB | 83,509 Views

Porsche 911 merupakan salah satu sports car yang memiliki sejarah panjang di dunia, sekaligus memiliki penggemarnya tersendri di berbagai belahan dunia. Kali ini kami menguji Porsche 911 Carrera terbaru yang dilengkapi dengan tampilan baru, serta beragam fitur modern.

Dari segi ekterior, Porsche memperkuat wajah 911 Carrera dengan desain baru lampu 4-point daytime running light, buritan mengadopsi lampu 4-point brake light. Dari segi interior, Porsche menyematkan Porsche Communication Management berfitur multi-touch display.

Perubahan terbesar terletak pada mesin berpenggerak yang berada dalam bonnet. Porsche meninggalkan mesin Naturally Aspirated 3.4 liter (Carrera), dan 3.8 liter (Carrera S). Strategi downsizing mesin yang dilakukan oleh Porsche membuat para enthusiast bertanya-tanya, apakah mesin baru ini dapat memberikan sensasi berkendara seperti pendahulunya?

Kali ini Carrera menggunakan mesin 3.0 liter Flat 6-silinder bi-turbo charging yang menghasilkan tenaga 370 hp (lebih besar 20 hp) pada putaran 6.500 rpm dengan torsi puncak 450 Nm (meningkat 60 Nm) pada putaran 1.700 hingga 5.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi PDK (Porsche Doppelkuplung) 7-percepatan. 

Rasio pada gear 1 hingga gear 6 diperuntukkan untuk akselerasi, oleh karena itu kecepatan puncak sudah dapat diraih pada gear 6. Rasio pada gear 7 diperuntukkan untuk efisiensi bahan bakar. Kombinasi tersebut dapat meluncurkan Carrera 911 dari 0-100 kpj dalam waktu 4,2 detik (lebih cepat 0,2 dibandingkan pendahulunya), sedangkan klaim konsumsi bahan bakar 13, 51 kpl. 

Pengalaman Porsche selama 60 di tahun di dunia sports car berbicara dengan jelas. Desain sporty seakan-akan berkomunikasi dengan sang pengemudi, desainnya terbilang driver oriented. Instrumental panel lima lingkaran terinspirasi dari 911 classic, dengan tachometer berada di tengah, multi information display 4,6 inci menjadi sentuhan modern tersendiri. 

Lingkar kemudi terinspirasi dari 918 Spyder, hal ini dapat terlihat dari ‘rotary ring’ dengan empat pilihan mode berkendara, yaitu ‘Normal’, ‘Sport’, ‘Sport Plus’, dan ‘Individual’.

Di tengahnya terdapat ‘Sport Response Button’ yang akan memberikan akselerasi maksimum selama 20 detik. Tombol ini sangat berguna saat Anda ingin menyusul kendaraan Anda dengan akselerasi terbaik, engine management akan memilih rasio gear teraik dengan respon mesin tertinggi.

Untuk pertama kalinya Porsche menyematkan PASM (Porsche Active Suspension Management) sebagai standar di 911. Sistem ini merupakan peredaman dengan pengaturan elektrik yang memantau sekaligus mengatur kekuatan peredaman pada setiap roda, berdasarkan kondisi jalanan dan gaya berkendara.

PASM memiliki dua mode yang bisa dipilih melalui tombol pada konsol tengah, yaitu ‘Normal’, dan ‘Sport’. Untuk mempermudah penggunaan sehari-hari, pada 911 Carrera yang kami uji sudah dilengkapi dengan sistem hydraulic pada poros depan. Dengan menekan tombol saja, ketinggian bagian depan akan meningkat hingga 40 milimeter dalam waktu lima detik. 

Kesimpulannya, 911 Carrera memberikan dapat kesempurnaan berkendara bagi Anda. Ketakutan akan downsizing pada mesin tidak saya rasakan, meskipun suara yang dihasilkan tidak segarang mesin Naturally Aspirated, semuanya terbayar dengan sensasi akselerasi yang ditawarkan. Mode ‘Normal’ sanggup meredam kebuasan mesin, sehingga nyaman digunakan untuk sehari-hari. Fitur menaikkan ground clearance bagian depan mobil sangat membantu melewati jalanan tidak rata. Jika Anda mencari sports car untuk track day maupun harian, 911 Carrera sanggup memuaskan dahaga Anda. [aag/timBX]

Spesifikasi Porsche 911 Carrera
Price: By Order
Body: Two-plus-two seat coupé; lightweight body in aluminium-steel
construction with doors, boot and bonnet lids made of aluminium;
two-stage driver and front passenger airbags; side and head
airbags for driver and front passenger.
Aerodynamic: Drag coefficient cd: 0.29
Engine: Water-cooled flat-six engine; aluminium engine block and cylinder heads; four overhead camshafts, four valves per cylinder, variable inlet and outlet valve timing; inlet valve lift (VarioCamPlus); hydraulic valve clearance adjustment; direct petrol inject -ion; bi-turbo charging; one three-way catalytic converter per cylinder bank, each with two oxygen sensors; engine oil 13.1 litres (refill volume 8.0 litres); electronic ignition with solid-state ignition distribution (six active ignition modules); thermal management for coolant circulation; auto start/stop function.
Engine power: 370 hp (272 kW) at 6,500 rpm
Max. torque :450 Nm at 1,700 – 5,000 rpm
Front axle: strut suspension (MacPherson type, Porsche optimised) with wheels independently suspended by transverse links,longitudinal links and struts; cylindrical coil springs with internal dampers; electromechanical power steering; optional front axle lift system.
Rear axle: multi-link suspension with wheels independently suspended on five links; cylindrical coil springs with coaxial internal dampers.

Tags :

#
porsche 911 carrera,
#
porsche 911,
#
porsche,
#
review porsche 911 carrera,
#
sport car,
#
sports car