MENU
icon label
image label
blacklogo

New Volkswagen Tiguan 1.4 TSI - Not Just Another German SUV

MAR 15, 2018@12:00 WIB | 1,620 Views

Saya ingat pertama kalinya saya melihat Volkswagen Tiguan pertama kali tahun 2013 dan langsung berpikir: "Nah, seperti inilah SUV menengah yang bagus." Tapi sekarang setelah keluar versi barunya, yang satu itu terlihat seperti serigala tak berdaya, dan memang saya sebenarnya diserang dengan rasa keinginan yang luar biasa.

Mobil Volkswagen yang dihadirkan PT Garuda Mataram Motor (GMM) saat ini pada umumnya cukup bagus dan dibuat dengan baik dimana kebanyakan dari mereka mampu memenuhi kebutuhan pemakaian sehari-hari orang Indonesia dengan jumlah performa dan kepraktisan yang bagus. Eksteriornya mungkin terlihat moderat ketimbang Jepang, - tergantung selera pribadi – tapi Volkswagen Tiguan terbaru sebenarnya jauh dari itu.

Generasi terbaru Tiguan hadir yang Anda lihat di sini dalam gambar, punya banyak pernak-pernik lampu depan LED dengan LED daytime running, rel atap krom, bukaan bagasi elektrik, velg 18 inci yang membedakannya dari rival-rivalnya.

Volkswagen Tiguan terbaru datang dengan gril krom. Fitur penting lainnya adalah kaca depan dan kaca belakang yang bisa menolak panas, lampu belakang LED, lampu kabut depan dan belakang, spion dengan lampu sinyal terintegrasi. Ada wiper otomatis dan lampu depan dengan fungsi 'Leaving Home' juga.

Sasisnya adalah titisan dari  jenis sasis MQB lain, memberikan panjang tambahan pada jarak sumbu roda dan lebar. Mobil ini juga secara signifikan lebih rendah daripada kebanyakan SUV di kelasnya, memberikan akses keluar dan masuk yang mudah. Jika Anda menyukai SUV yang tinggi, yang satu ini tidak akan memenuhi keinginan Anda. Namun, sisi baiknya, orang tua berusia 70 atau 80 tahun tidak akan menghadapi kesulitan masuk dan keluar dari mobil.

Kelima penumpang termasuk pengemudi akan merasa cukup nyaman di Tiguan. Mungkin tidak terlihat bagian dari luar, tapi Volkswagen melakukan pekerjaan hebat yang menutupinya dengan kabin yang luas untuk tubuh yang ramping. Ada banyak ruang untuk penumpang belakang untuk meregangkan kaki mereka, dan sejauh ini saya mengatakan ruang kaki itu sama bagusnya dengan punya Honda Accord, jika tidak lebih baik. Apalagi, seluruh bangku belakang dilengkapi backrests yang bisa reclining juga.

Jok-jok semua dilapisi kulit yang mewah dan tidak terlalu melelahkan tulang belakang ketika diajak perjalanan jauh. Utamanya lagi, jok pengemudi selain bisa diatur secara elektrik, ada juga fungsi lumbar support dan memori.

Untuk memberikan pujian, Volkswagen tidak mau kompromi ketika menyangkut soal kualitas interior. Mereka yang terkesan dengan SUV Jepang akan menganggap Tiguan lebih meyakinkan di hampir semua aspek, meski sisi lain ada desain yang agak membosankan. Tapi jika Anda baru mengenal keluarga Volkswagen, yang satu ini benar-benar tidak ada salahnya.

Ruang penyimpanan cukup banyak; Kantong di pintu cukup besar untuk menampung berbagai barang. Saya sudah mencoba menaruh iPhone 6S Plus, botol air mineral 600ml, kartu e-toll dan dompet dengan beberapa ruang untuk cadangan. Ada juga sepasang cup holder di konsol tengah, yang belakangnya merupakan sandaran tangan yang cukup besar untuk menjaga kabinnya serapih mungkin dan manusiawi.

Fitur standar termasuk advance infotainment,keyless entry and push-start button, cruise control, electronic parking brake,dan kontrol AC tiga zona. Sayangnya, tidak ada ventilasi udara di pilar B untuk penumpang belakang, kecuali dua di tengahnya. Kecepatan kipas untuk ventilasi udara belakang pun tergantung di bagian depan.

Dari tadi membicarakan gimmick, lalu bagaimana dengan tenaganya? Sabar.. Lebih dari cukup untuk kebanyakan orang. Dengan daya 150 hp, Tiguan terbaru tidak memiliki kekuatan yang besar, namun menghasilkan torsi 250 Nm yang sehat. Kami hanya akan mendapatkan versi penggerak roda depan untuk saat ini, dan menyalurkan semua gerutuan di depan adalah transmisi kopling ganda enam kecepatan (yang lebih terkenal dengan DSG).

Mesin turbocharged tersebut memang identik dengan milik Golf 1.4 TSI, tapi di sini lebih berenergi untuk tampil dan merasa lebih baik berkat rasio gearing yang tepat. Pindahkan ke mode Sport dan Anda bahkan mungkin bisa membuat roda depan spin dari diam. Sebagai mobil urban, Tiguan akan memenuhi sebagian besar harapan. Mobil terasa ringan di kakinya, yang membuat manuver di keramaian lalu lintas sedikit kurang menakutkan untuk mereka yang pertama kali mengendarainya.

Dimana mulai menunjukkan tanda-tanda kelesuan di jalan bebas hambatan, terutama melewati batas 160 km/jam. Beberapa mobil di titik ini (yang termasuk mesin 2.0L non turbo) dapat menunjukkan tingkat kompetensi atletik yang diinginkan. Tidak pada Tiguan, mesin 1.4L berjuang untuk membangun kecepatan melewati batas ini. Bisa jika Anda bersikeras, jangan berharap ada efek badan Anda terdorong ke jok saat berakselerasi.

Dia kokoh tanpa harus terlalu keras dalam rebound, mungkin tidak memiliki redaman sekaliber Honda CR-V. Jangan salah sangka, dia bukan trade off, karena Tiguan terbaru jauh lebih kalem dan tenang saat melesat di jalan tol.

Perbandingan mengemudi head-to-head singkat dengan BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA membuktikan bahwa Tiguan terbaru memang lebih baik secara keseluruhan, muncul dengan penuh kemenangan di hampir semua tes instrumentasi. Faktor penyumbang terbesar disini adalah bobot: mesin TSI 1.4 liter berbobot jauh lebih ringan. Padukan itu dengan besarnya pengetahuan Volkswagen dalam merancang dinamika kendaraan dan Anda memiliki pesaing sejati untuk jadi mobil terbaik di kelasnya.

Jika harus menilai, Tiguan terbaru adalah SUV yang bagus. Dia senyap, halus, nyaman, cukup kuat dan penuh dengan fitur yang sama sekali berbeda jauh dengan kompetitor Jermannya. Jika kedengarannya saya masih kurang merekomendasikannya dengan cukup, itu karena saya kesulitan mencari kesalahan pada mobil ini. [bil/timBX]

Spesifikasi New Volkswagen Tiguan 1.4 TSI

Dimensi           4.486 mm/ 1.839 mm/ 1.632 mm

Sumbu roda     2.681 mm

Mesin              TSI Turbo 4 silinder

Kapasitas         1.395 cc

Tenaga             150 HP @ 5.000 rpm

Torsi                250 Nm @ 1,500 rpm

Transmisi         6-speed DSG dual clutch

Berat               1.498 kg

Suspensi          Double Wishbone / Multi-link (depan & belakang)

Ban                  235/55 R18

Harga              Rp 590 juta

Tags :

#
auto reviews,
#
volkswagen,
#
tiguan,
#
new volkswagen tiguan 1.4 tsi,
#
suv