MENU
icon label
image label
blacklogo

New Land Rover Discovery - Leads The Way

NOV 08, 2018@13:00 WIB | 606 Views

Land Rover Discovery adalah kendaraan yang ideal bagi mereka yang gemar off-road tetapi masih mendambakan sebuah mobil yang bisa mereka gunakan berpelesir malam di Ibukota. Terakhir kali kami melihat pembaruan signifikan pada Land Rover Discovery itu sekitar tahun 2009 sehingga iterasi terbarunya ini sangat kami antisipasi.

Di masa lalu, Land Rover Discovery terlalu fokus untuk menjadi kendaraan off-road yang tangguh yang pemakai sehari-hari dapat parkir di jalan kompleks mereka tinggal. Seiring berjalannya waktu, Land Rover Discovery menjadi semakin mewah. Model generasi kelima yang dihadirkan PT Wahana Auto Ekamarga ini mengambil tingkat kemewahan ke tingkat yang baru dalam upaya untuk diposisikan di sebelah model Range Rover yang lebih prestis.

New Land Rover Discovery ini merupakan lompatan jauh dari model generasi terakhir. Bahasa desain barunya sekarang lebih dekat ke model Land Rover dan Range Rover lainnya yang kami sukai. Jadi ini adalah salah satu model Discovery terbaik dan paling memukau yang pernah kami lihat.

New Land Rover Discovery ini dibangun atas arsitektur aluminium yang sama yang menyokong model Range Rover Sport dan Range Rover terbaru. Wheelbase membentang total 2.921 mm dengan panjang total di 4.965 mm. Lebar pada 2.219 mm dan tingginya mencapai 1.854 mm.

Ketika datang soal off-roading, sudut turunan untuk Discovery 2018 ini berada di 619 mm dan sudut naik ada di 635 mm. Anda akan merasa lebih dari percaya diri dalam mengatasi medan yang tidak stabil karena Land Rover Discovery baru memiliki ground clearance 282 mm. Sebagai perbandingan, BMW X5 baru saja cuma memiliki ground clearance 208 mm.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, eksterior Land Rover Discovery 2018 jelas lebih menonjol dari rival-rivalnya tersebut. Ya, memang dia lebih kotak dan lebih kaku dibanding BMW X5, Audi Q7, dan Volvo XC90 — tetapi Land Rover Discovery sepertinya berada dalam liga tersendiri ketika menyangkut pasar dan pembeli yang dicari.

Sekarang waktunya duduk di dalam Land Rover Discovery 2018 dan BlackPals akan disambut oleh interior yang sangat mewah yang akan membuat kita seperti sedang duduk di kelas bisnis. Ada banyak penggunaan material berkualitas tinggi di seluruh kabin termasuk jok kulit premium, tata suara dari Meridian yang menawan, serta trim logam dan kayu.

Menyangkut soal kelegaan, pastinya mobil seharga lebih dari Rp 2 milyar ini menawarkan cukup banyak ruang untuk penumpang dan kargo. Sementara kami menemukan banyak ruang untuk kaki di baris kedua dan ketiga, tetapi yang benar-benar membuat kami terpukau adalah kapasitas muatannya. Dengan kursi belakang dilipat, Discovery 2018 memiliki total kapasitas 2.180 untuk apa pun yang ingin saya taruh di sana. Jika Anda hanya berencana menggunakan baris kedua, Anda masih bisa menikmati total ruang 1.189 liter.

Mobil test kami, Land Rover Discovery HSE 2018 telah dilengkapi dengan hampir semua opsi tambahan termasuk sistem infotainment Touch Pro yang terintegrasi dalam layar sentuh HD 10-inci. Land Rover Discovery juga dilengkapi dengan sistem hiburan pada kursi belakang untuk membuat penumpang di belakang terhibur saat saya serius menghadapi tantangan di depan.

Sistem hiburan belakang terdiri dari dua layar 8 inci yang ditempel ke sandaran kepala pengemudi dan penumpang bersama dengan headphone nirkabel, HDMI, Mobile Hi-Definition Link dan koneksi USB. Dengan didukung sistim tata suara Meridian Sound System yang terdiri dari sepuluh speaker dan subwoofer dual-channel, semua serasa berada di konser pribadi.

Soal mesin, nah, ini mungkin yang BlackPals tunggu-tunggu. Sesuai namanya, Land Rover Discovery HSE SI6 kami hadir menggandeng mesin V6 3.0 liter yang menghasilkan total 340 HP dengan torsi maksimum 450 Nm dan sementara catatan sprint 0 - 100 kpj tidak terlalu penting di sini, karena dia bisa melakukannya dalam 7,1 detik.

Selain performa on-road, yang tidak begitu memukau, orang pasti akan menghargai kemampuan dari Land Rover Discovery 2018. Misalnya, sistem All-Terrain Progress Control akan memungkinkan saya untuk berfokus pada kemudi sementara Discovery bekerja dengan mencari dan mempertahankan kecepatan yang stabil di medan penuh rintangan yang saya lalui.

Sistem Terrain Response 2, juga membantu saya menemukan mode mengemudi terbaik untuk kondisi tertentu. Namun, fitur terbaik di Land Rover Discovery 2018 ini mungkin adalah suspensi udara elektroniknya yang membantu menjaga kualitas pengendaraan yang sangat baik dan keseimbangan saat melalui beberapa kondisi lintasan yang paling berat dan paling keras.

Ketangkasan yang tersimpan di tubuh Discovery memang tidak langsung terlihat jelas di balik desain rampingnya yang baru, tetapi dengan kemampuannya untuk membawa tujuh penumpang dalam kenyamanan yang di atas rata-rata, mungkin ini adalah Land Rover paling handal yang pernah dibuat.

Di dunia kaum jetset, mobil ini mungkin akan dikelompokan sebagai mobil koleksi. Apalagi di garasi mereka pasti ada SUV lain yang menawarkan hampir semua apa yang bisa dilakukan Disco baru. Namun Land Rover tidak hanya menawarkan emblem paling menonjol, dia juga memegang kartu as yang paling solid di kakinya.

Ketika jalanan berakhir, All-new Land Rover Discovery 2018 adalah satu-satunya yang mampu meninggalkan pesaingnya di bawah selagi dia dengan mudah naik ke puncak. Dan itu akan menjadi sesuatu yang membuat pemiliknya senang untuk menunjukkannya. [bil/timBX]

Tags :

#
auto reviews,
#
land rover,
#
land rover discovery,
#
new land rover discovery