MENU
icon label
image label
blacklogo

New KIA Grand Sedona Diesel - Great People Mover

AUG 16, 2018@12:00 WIB | 1,077 Views

KIA berada di tahap yang baru berada di Indonesia. Pabrikan besar Korea itu memang telah meluncurkan tiga produk sekaligus dua tahun lalu dengan New Sportage, New Rio dan New Grand Sedona. Namun, ceritanya tidak berakhir di sana. PT KIA Mobil Indonesia berencana untuk menggebrak dengan teknologi diesel-nya engan mengaplikasikannya pada MPV mewahnya. BlackPals, sambutlah New Grand Sedona Diesel.

Grand Sedona Diesel adalah pengangkut orang berukuran mega. Lebih panjang dan lebih lebar dari Innova Venturer dan pada saat yang sama punya wheelbase yang lebih panjang. Desainnya juga sangat menarik dengan lampu depan sporty dan gril ‘tiger nose’ yang tampak unik di bagian depan. Cukup jelas itu tidak menyerupai van biasa dari sudut manapun. Dalam profilnya, orang dapat melihat bahwa Grand Sedona Diesel sudah panjang yang proporsional.

Perlengkapan standar termasuk lampu halogen proyektor dan lampu LED daytime running (DRL), lampu kabut depan dan belakang, lampu stop belakang LED, dan spion lipat electric-folding dan indikator LED, serta instrumen kluster Supervision TFT-mono OLED 3,5 inci.

Dan ada banyak fitur keselamatan di model ini seperti enam airbag, sensor parkir depan dan belakang, electronic stability control, sistem pengereman anti-lock (ABS) dan hill assist control. Varian ini dilengkapi dengan rear-view camera, power sliding doors, pengoperasian tanpa kunci dengan tombol push-start, dan tambahan bukaan bagasi otomatis.

Sementara pintu di depan punya berengsel biasa, namun pintu belakang sistim geser. Kedua pintu belakangnya bisa dioperasikan dan dapat dibuka secara elektrik dengan satu sentuhan tombol dari dalam, luar dan dari kunci keyless-nya. Di bagian belakang, hal-hal bagus berlanjut melalui desain sporty. Kami harus mengatakan di sini keseluruhan disain Grand Sedona Diesel terlihat berkelas dan mewah.

Melangkah ke Grand Sedona Diesel sangat mudah berkat ketinggian lantai yang rendah. Seseorang tidak membutuhkan side step tambahan, baik di depan maupun di belakang. Bentuk dasbor adalah unit besar dan punya sistem infotainment touchscreen. Semua terwakili dalam layar warna TFT 4.3 inci dan sistem audio enam-speaker dengan konektivitas USB dan AUX-in.

Ada sistem climate control multi-zona dan bahkan penumpang belakang mendapatkan panel kontrol mereka sendiri. Kami mengemudikan mobil ketika suhu mencapai 36 derajat celcius dan bahkan dalam panas ini, interior Grand Sedona Diesel tetap dingin. KIA juga menyadari sisi kepraktisannya dengan menawarkan banyak tempat penyimpanan di dalam kabin.

Ada lebih dari 10 cup holder tersebar di seluruh kabin. Kendaraan yang kami coba dipenuhi dengan semua pernak pernik bagus, dan ini berarti kami dapat menguji fitur seperti cruise control, dan pengereman otomatis. Semua fitur ini tampak tepat dan kami menggunakannya secara ekstensif dan menemukan itu jadi peranti menarik. Grand Sedona Diesel juga di saat yang sama memberikan standar kualitas yang mengesankan.

Material plastiknya terlihat bagus dan Grand Sedona Diesel ini dilengkapi dengan tempat duduk tiga baris. Sementara kursi pengemudi beroperasi secara elektrik, sisanya hanya bisa diatur secara manual. Meski begitu, jok-jok kulitnya sangat nyaman dan ada banyak ruang untuk baris depan dan kedua.

Di baris ketiga tidak seluas dua baris lainnya. Kami ingin bilang di sini bahwa Grand Sedona Diesel spek Indonesia punya beberapa pernak pernik lagi untuk baris kedua. Terutama karena ini adalah tempat di mana kita mengharapkan sebagian besar pemiliknya berada. Yang paling menonjol adalah panoramic sunroof-nya.

Kisah tentang ruang bagasinya juga tak kalah menarik. Jok baris ketiga bisa dilipat rata ke dalam ceruk yang ada di lantai. Ketika jok baris ketiga terlipat, dia juga bisa menjadi ruang penyimpanan di saat yang sama. Hal ini memungkinkan Grand Sedona Diesel untuk memamerkan ruang kargo yang substansial sebanyak  960 liter.

Lalu, kekuatan Grand Sedona Diesel datang dari mesin turbo diesel 2.2 liter yang halus dan paling bertenaga di kelasnya. Tingkat NVH-nya sangat bagus dan kami hampir tidak mendengar raungan karakter mesin diesel di dalam kabin. Ada banyak respon akselerasi dalam kickdown dan berarti menyalip dengan MPV seberat 2 ton ini sangat mudah. Perpindahan gigi otomatis 8-percepatan begitu mulus dan ujungnya menghasilkan akselerasi yang halus juga.

Menurunkan gigi juga cukup cepat dan injakan yang pas pada pedal akselerator cukup untuk mengantarkan Grand Sedona Diesel besar ini lebih dari 175 km/jam. Ada juga mode sport yang bisa Anda gunakan, di mana revs sengaja ditahan untuk memompa torsi sehingga lebih menyenangkan. Di jalanan Ibukota, kami tetap mendapatkan kesan mengendarai mobil besar. Syukurnya, Grand Sedona Diesel dilengkapi dengan setup suspensi yang bagus dan empuk.

Tujuannya adalah untuk menjaga penumpang tetap nyaman dan itu telah dicapai. Kemudinya juga ringan dan bahkan memutar U-turn mudah dilakukan. Namun, Grand Sedona Diesel bukanlah penakluk tikungan dan kami tidak bisa mengatakan bahwa itu adalah hal negatif karena dia tidak dibangun untuk itu.

Jadi jika Anda akan melesat cepat di belokan dan tikungan, Anda akan merasakan body roll. Dan itu benar-benar dapat diterima untuk MPV besar yang dimaksudkan untuk mengangkut keluarga Anda. Dia dibuat untuk dikemudikan dengan tenang dan sangat menyenangkan ketika Anda melakukannya dengan kalem.

Untuk perjalanan kembali selepas syuting, saya duduk di kursi baris kedua dan terasa mobil ini memiliki begitu banyak ruang kaki dan kepala, bahkan untuk penumpang baris ketiga. Dia memiliki sumbu roda 3.060 mm, sehingga ruang tidak akan menjadi masalah.

Dan di akhir perjalanan, saya benar-benar menikmati mengemudi dan disupiri dalam Grand Sedona Diesel. Dia memiliki banyak kepraktisan untuk mengangkut orang dan nilai jual untuk harganya. Yang pasti, menawarkan banyak kelebihan ketika Anda membutuhkan ruang, ketenangan dan kenyamanan. [bil/timBX]

Spesifikasi New KIA Grand Sedona Diesel

Dimensi           5,115 x 1.985 x 1.755 mm

Sumbu roda     3.060 mm

Jarak Pijak       175 mm

Mesin              4 silinder segaris CRDi 16v VGT

Kapasitas         2.199 cc

Tenaga             197 HP @ 3.800 rpm

Torsi                440 Nm @ 1.750 – 2.750 rpm

Transmisi         8 speed automatic

Suspensi          MacPherson Strut & Multi-Link  (depan & belakang)

Ban                  235/60 R18

Harga              Rp 595 juta

Tags :

#
kia,
#
grand sedona diesel,
#
kia mobil indonesia