MENU
icon label
image label
blacklogo

All New KIA Sportage GT Line Ultimate - Good Balance

NOV 09, 2017@15:39 WIB | 1,491 Views

Kia membuat beberapa pilihan bagus untuk Sportage 2017 yang didesain ulang sepenuhnya, pilihan yang membuatnya menjadi mobil yang lebih baik, lebih nyaman daripada beberapa saingan utamanya. Sportage sengaja dirancang layaknya sepatu olahraga yang ramping, dengan lebih banyak tampilan mobil premium di depan. Kia Sportage 2017, di sisi lain, telah tumbuh beberapa derajat yang membuatnya terlihat lebih atletis dalam dan jadi dirinya sendiri.



Ujung depan lebih tinggi, dengan gril ‘TigerNose’ yang lebih besar yang meniru kakaknya Kia Sorento, meski kami juga mengiyakan kalau ada kemiripan disain depan dari Porsche Cayenne atau Subaru Tribeca. Intake udara yang lebih rendah diapit oleh bukaan yang lebih besar dan bulat untuk lampu kabut LED-nya. Mungkin ada sedikit tema sci-fi yang terang-terangan pada konsep lampu depan, dan lagi-lagi kami cukup salut untuk rancangannya yang benar-benar berani.

Salah satu saingan utama Sportage adalah sepupunya sendiri, Hyundai Tucson. Meskipun Sportage tetap berhubungan erat dengan Hyundai Tucson (keduanya pada dasarnya berbagi struktur platform yang sama) dan beberapa komponen inti lainnya, namun sektor powertrain sangat berbeda.



Kia hadir dengan tenaga kuda 181-tenaga kuda standar, mesin Nu 2.0 liter D-CVVT, menghasilkan tenaga 158 hp dan torsi 192 Nm. Mesin itu, sebenarnya membuat Sportage salah satu yang tercepat di kelasnya, dalam hal power to weight.

Di model GT Line Ultimate yang kami uji, Sportage memiliki transmisi otomatis 6 kecepatan, yang menurut Kia telah diracik ulang untuk pergantian gigi yang lebih halus. Gigi pada gearboks ini bergeser secara diam-diam, meski dalam gigi awal, tidak sedinamis yang kami harapkan.

Di jalan berbukit giginya berpindah lebih banyak meski hanya masukan akselerator halus dari kaki saya, sementara saat kickdown untuk menyalip dan manuver cepat malah terasa ada penundaan sebelum tenaga mesin masuk mengimbanginya. Sportage menawarkan mode Sport, dan jadi Anda bisa gunakan mode itu untuk mempertajam respon throttle (mengubah titik pergeseran gigi sebagai konsekuensinya).

Kia percaya bahwa melengkapi Sportage dengan fitur-fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengemudi Indonesia adalah fokus utama mereka, kata Iki Wibowo, Presiden Direktur, PT Kia Mobil Indonesia.

Berdasarkan impresi awal pengendaraan, kami pikir dia ada benarnya. GT Line Ultimate menambahkan barang-barang mewah, ditambah velg 19 inci yang lebih besar, lampu kabut dan lampu belakang LED, lampu depan projector dengan Dynamic Bending Light, power tailgate pada bagasi, setir flat-bottom, kaca spion auto-dimming, dan trip computer cluster dengan layar LCD 4.2 inci pada instrumen. Dan secara visual trim eksterior dipertajam dengan spion lipat elektrik dengan sein sinyal terintegrasi.

GT Line Ultimate dilengkapi dengan konektivitas telepon, plus Bluetooth dengan audio streaming. Telingan kami pun dimanjakan oleh sistim audio JBL dengan teknologi Clari-fi by Harman yang menghasilkan kualitas premium. Masing- masing 1 central speaker, 4 speaker, 1 subwoofer dan external amplifier serta 2 tweeter.

Jok dan material interior adalah dua hal yang perlu digarisbawahi di sini. Kursi terasa lebih supportif, dan sekarang memiliki penyangga paha yang cukup panjang untuk orang jangkung tapi tidak terlalu membatasi untuk pengemudi yang lebih pendek. Dan dibandingkan dengan versi sebelumnya, Kia telah mengoleskan permukaan soft-touch, dan terus mempertahankan dasbor bergaya kokpit sedikit miring ke pengemudi, tapi cukup menonjol keluar.

Untuk menambah sisi mewah, All New Kia Sportage GT Line Ultimate juga tersedia Panoramic Sunroof. Ada juga Auto light control dimana lampu akan secara otomatis menyala ketika keadaan jalan berubah gelap dan lampu akan otomatis dimatikan jika keadaan sekitar berubah terang.

Sportage memiliki kinerja halus dan responsif baik di kota maupun di jalanan urban, sangat meningkat dalam hal kualitas berkendara dan kesenyapan kabin; dan dia mendapat banyak pernak-pernik yang tepat yang tak ada di generasi sebelumnya. Fitur VSM (Vehicle Stability Management) yang diusungnya, membuat Sportage bisa tetap stabil walaupun saat menikung dan pengereman secara bersamaan, apalagi jika kondisi jalanan basah, licin ataupun kasar.

Kia menargetkan membuat Sportage sedikit sporty namun tanpa mengorbankan kenyaman berkendaranya, dengan steering rack yang direvisi dan geometri suspensi baru. Steering rack yang diposisikan lebih rendah memberikan feedback dan reaksi kemudi yang instant. Feedback setir pas tidak enteng juga tidak keras. Hasilnya kemampuan Kia Sportage untuk menikung jadi begitu akurat dan menyenangkan.

Suspensi depan juga telah diredam dengan lebih banyak bantalan dan mounting yang kaku, sementara suspensi belakang multi-link sekarang memiliki lengan bawah ganda yang lebih rendah. Anda akan merasakan bobot didistribusikan saat di tikungan, pasti. Jangan ragukan handling Sportage karena pengendalian mobil ini tergolong mudah dan presisi.

Hal lain di mobil ini ialah bantingan suspensi yang empuk. Terasa begitu mengayun dan cukup empuk sehingga saat menerjang gravel atau jalanan tidak rata akan tetap terasa nyaman. Tapi secara keseluruhan, penyempurnaan Sportage melebihi ekspektasi yang saya harapkan dari model di kelas ini tanpa perlu sebuah emblem mewah. Dan pengendaraan sepanjang jalan di Ibukota terasa seperti sedan mid-size, dengan struktur tubuh crossover yang kaku.

Satu-satunya yang dikompromikan soal Sportage adalah harganya. GT Line Ultimate yang saya kendarai sangat tinggi: Rp 475 juta. Itu recehan yang banyak, mengingat sepupunya Hyundai Tucson yang hampir sama baiknya, bisa dimiliki dengan harga Rp 458 juta.

Ini adalah satu contoh dimana kendaraan terbaik di segmen ini akan bernilai paling mahal, tapi menurut saya pembeli yang mau dan mampu membayar paket premium ini tidak akan kecewa. [bil/timBX]

Spesifikasi All New KIA Sportage GT Line Ultimate

Mesin: 4-cylinder D-CVVT

Transmisi: Tiptronic 6-Speed

Kapasitas: 1,999 cc

Tenaga: 158 hp @ 6.200 rpm

Torsi maksimum: 192 Nm @ 4.000 rpm

Kecepatan puncak: 200 kpj

Suspensi : Sport suspension & Multi-link (depan & belakang)

Dimensi Roda: 245/45 R19

Harga: Rp 475.000.000

Tags :

#
all new kia sportage gt line ultimate,
#
all new kia sportage gt,
#
all new kia sportage,
#
kia,
#
autoreviews