MENU
icon label
image label
blacklogo

New Honda Goldwing 1800 - Tolak Ukur Baru

OCT 04, 2018@12:16 WIB | 1,866 Views

Apakah ketatnya kompetisi motor di kelas Luxury Touring tetap memikat Honda? Rivalnya Harley Davidson Road King dan BMW K1600 GT yang hadir lebih dulu di Tanah Air, mungkin punya kelebihan di beberapa sisi. Tetapi dengan paket amunisi baru, Honda akhirnya menjawab dengan Goldwing 1800 anyar dengan penambahan transmisi DCT dan berbagai penyempurnaan lainnya.

Segmen ini memang menjadi incaran para rider berkantong tebal, jadi bukan rahasia umum lagi kalau pabrikan menghabiskan banyak uang di R&D hanya untuk model baru. Meski begitu, setelah melihat secara langsung Goldwing 1800 terbaru ini di diler Honda Big Wing milik PT Wahana Makmur Sejati, kami akui sulit untuk membayangkan bagaimana para kompetitornya mengalahkan kecanggihannya.

Meski si bongsor BMW GT, juga laris terjual, Goldwing 1800 sudah memperlihatkan kalau dia makhluk buas yang berbeda, dan lebih nyaman (suspensi depan double wishbone bukan telescopic biasa). Honda juga menawarkan berbagai opsi elektronik dalam paket power mode yang bisa Anda pilih, dan ini sesuatu yang langka di tahun 2018.

Jadi New Goldwing 1800 tidak hanya melampaui kemampuan pendahulunya, namun berhasil menjadi sebuah motor yang masih dikagumi dan kompetitif hingga saat ini. Itu sebabnya Honda telah membuat Goldwing 1800 terbaru ini lebih nyaman dan lebih komplit, dengan paket eletronik dan mesin 1.800 cc Boxer 6 silinder terbaru dengan gearboks 7-speed Dual Clutch Transmission (DCT). Bersama DCT, Goldwing 1800  menawarkan peranti forward/reverse walking mode, serta perangkat lunak baru IMU yang canggih.


Ketika saya pertama kali melihat Goldwing 1800 yang baru ini, kemiripan genetik kentara jelas, tetapi yang terakhir ini tampilannya lebih agresif. Duduk di motor, Anda mulai menyadari kalau penempatan kursi dan tangki bahan bakar lebih sempit, yang memungkinkan pengendara untuk lebih mudah mencapai tanah dengan kakinya.

Kursi baru juga tinggi dengan busa yang lebih tebal dan kursi itu lebih panjang sehingga pengendara tidak merasa begitu "terkunci" ketika duduk di joknya. Stang dengan pemanas sekarang dibalut karet, dan pijakan kaki yang sudah ditata ulang kini memiliki pelapis karet. Secara keseluruhan, posisi riding yang sekarang jauh lebih baik.


Meskipun Goldwing 1800 baru masih mempertahankan roda depan berdiameter 17 inci, ground clearance kini ditingkatkan. Kaca deflektor depan sekali lagi bisa dinaik-turunkan (rentang lebih dari 4 cm), dan menyelaraskan paket elektroniknya yang canggih, panel instrumen berwarna TFT ditampilkan kepada rider begitu teliti dalam penyampaian informasi data. Sebuah colokon listrik 12 V, port USB dan kemampuan untuk menghubungkan iPhone melalui Apple CarPlay (yang dengan sendirinya membawa begitu banyak pilihan kepada Anda, seperti mendengarkan musik melalui 4 speakernya, GPS dan tentu saja, berbicara di telepon) juga standar

Goldwing 1800 juga mengadopsi fitur ride-by-wire dan power mode yang bisa dipilih, berikut wheelie control dan traction control. Dan kemudian dicerna oleh computer setelah mendapatkan feedback dari IMU. Tentu, mesin Boxer yang lama memang sudah kencang, tapi mesin baru yang dilengkapi teknologi Unicam ini punya torsi mid-range yang lebih nendang, sekaligus respon throttle yang lebih halus.

Goldwing 1800 yang lebih ringan 41 kg ini menawarkan yang terbaik dari dua dunia. Putar saja tuas gasnya meski putaran mesin masih rendah, dan rasakan kecepatan torsi mesin 169 Nm yang begitu superior. Tersedia tenaga 125 HP yang siap menyambut di putaran 5.500 rpm. Motor ini sekarang mampu melaju dengan halus sejak dari 2,000 rpm, tidak seperti mesin besar Goldwing yang lama. Di kecepatan 120 km/jam, mesin bisa bekerja di putaran 3,200 rpm di gigi puncak, tapi berkat distribusi tenaga yang ditawarkan oleh sistim DCT membuat Anda bisa mendahului kendaraan di depan tanpa harus mengoper dahulu ke gigi lebih rendah.

Sesaat Anda mengubah power mode, semua fitur pendukungnya ikut menyesuaikan. Sebagai contoh di mode low traction - yang membatasi daya jadi hanya 100 hp - ABS dan kontrol traksi semakin ikut campur. Mengingat kapasitas tangki bensin Multistrada hanya 21 liter, Anda bisa terus menjelajah hingga 300 km tanpa harus stop mengisi bensin.

Menariknya, untuk menyenangkan sang rider, motor seharga Rp 1 milyar ini juga dilengkapi dengan cruise control yang bisa diaktifkan di kecepatan 50-200 km/jam pada semua gigi, kecuali gigi satu. Lebih nyaman, lebih gagah dan tenaga yang lebih kuat, dengan handling yang lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang makin irit, membuat New Honda Goldwing 1800 menetapkan standar baru untuk motor di klan Luxury Touring. [bil/timBX]

Tags :

#
auto reviews,
#
new honda goldwing 1800