MENU
icon label
image label
blacklogo

New Audi Q5 - Reimagined

FEB 22, 2018@13:30 WIB | 1,143 Views

Audi Q5 terdahulu unggul saat bertengger di segmen SUV mewah. Mereka - dan masih - di mana-mana. Ia berhasil membuat sosok BMW X3 terlihat seperti sesuatu yang langka. Eksklusif mungkin belum, tapi ada alasan mengapa banyak orang membelinya – dia itu SUV yang bagus. Plus tentu saja ada emblem Audi di bonnet. Yang bukan sesuatu yang salah.

Banyak hal telah berubah sejak model pertama tiba dan Q5 sekarang duduk di tempat yang sangat ramai. Sebuah tempat yang penuh dengan SUV mewah. Jadi apa yang dilakukan Audi untuk membuat yang satu ini menonjol?

Yah, dia tidak benar-benar memukau ketika datang ke soal styling. Q5 terbaru ini paling baik digambarkan sebagai 'evolusi lembut' dari yang dulu. Ini terlihat - dan terasa - sangat mirip Audi A4, hanya lebih tinggi. Yang merupakan hal yang baik menurut kami.

Sosok Q5 terbaru dan eksteriornya telah berubah untuk tetap menarik sembari tetap familiar. Di bagian depan ada gril menganga, dikelilingi fasia baru, lampu depan matrix LED dan lampu DRL. Di sekelilingnya ada sepasang rumah knalpot memanjang dan bagasi elektrik. Roof rail standar membantu mengingatkan bahwa dia adalah SUV.

Sementara SUV crossover lainnya telah mengorbankan ground clearance untuk pengendaraan yang lebih mirip sedan, postur  Q5 terbaru sebenarnya telah meningkat sedikit, dari 200 mm menjadi 208 mm.

SUV mewah Audi Q5 dirilis pada tahun 2008, disegarkan pada tahun 2012 dan, untuk tahun 2018, ia menerima perombakan yang lengkap dengan mesin yang diupgrade, bahkan lebih canggih – ratusan teknologi malahan - dan "karakter agresif" yang tersembunyi yang bisa melihat bagaimana Anda mengemudi dan menyesuaikan sistim Quattro empat rodanya yang sesuai.

Bodinya lebih besar dari sebelumnya, yang berarti lebih banyak ruang kepala dan kaki. Duduk dalam kabin, terlihat mutakhir. Seperti Audi lainnya, Q5 yang baru menawarkan interior 2 baris / 5 penumpang dalam padanan desain kontemporer, teknologi mutakhir serta fitur premium.

Pada 960 mm, ruang kaki di belakang bagus, apalagi volume kargo lebih dari 550 liter ketika jok tengah dilipat 40/20/40-split. Jok depan pun begitu supportif, memberikan kenyamanan saat kami ajak perjalanan jauh. Ramping namun tampan, dan syukurnya kami tidak perlu menekan berbagai tombol yang kelewat banyak.

Apa yang Audi lakukan adalah memperbaiki setiap aspek dari Q5 terdahulu. Kualitas berkendara lebih baik, kebisingan mesin dan road noise kini lebih minim ditambah perubahan interiornya adalah langkah besar dalam hal desain dengan nuansa yang lebih kelas atas. Ada banyak sentuhan modern juga termasuk Audi virtual cockpit mengesankan, yang menggantikan indikator analog konvensional dengan layar 3D beresolusi tinggi.

Virtual Cockpit itu, mengubah instrumen cluster menjadi display digital 12,3 inci yang dapat disesuaikan untuk dapat menampilkan semuanya dari kecepatan dan konsumsi km/l – hingga berbagai tampilan lainnya, seperti Google Maps yang realistis.

Kami penggemar berar soal sistem audio yang manis, dan Q5 terbaru menawarkan setup Bang & Olufsen yang mengagumkan. Dengan 16 speaker yang memompa suara 755 watt dari berbagai sumber - termasuk slot compact disc "tradisional" – sudah pasti meningkatkan kenikmatan berkendara.

Semua Q5 baru hadir dengan mesin dari keluarga VW grup, berupa mesin 2.0 liter TFSI turbocharged yang sekarang menghasilkan tenaga 252 hp dan torsi 370 Nm. Lalu dikawinkan dengan transmisi dual-clutch tujuh kecepatan dan memberi daya ke sistim penggerak Quattro all-wheel-drive.

Paket ini sudah bagus untuk mengantar dari 0-100 km/jam dalam 5,9 detik, artinya lebih cepat dari pendahulunya - dan bahkan lebih cepat dari Q5 terakhir yang bermesin V6 3.0 liter. Tenaga 252 hp dari mesin 4 silinder tersebut mungkin bisa bisa dengan mudah dikalahkan mesin V6, kecuali mungkin untuk geraman rpm yang panjang nan lembut saat dipacu hingga ke redline.

Dengan kenyataan itu, kami menduga tidak akan ada yang akan merindukan mesin V6 karena mobil ini berakselerasi dengan cepat dan seketika memilih gigi dengan transmisi dual-clutch. Setelah membangun kecepatan sekitar 65 km/jam, saya meluncur menuruni bukit sekitar 88 km/jam sebelum melihat ada polisi dalam sedan Vios membuat saya menginjak rem dengan lembut.

Sistim penggerak Quattro-on-demand hanya membutuhkan waktu 200 milidetik untuk aktif. Simsalabim. Seperti beberapa mobil Audi lain yang ada di pasaran, Q5 memiliki poros as roda decoupling yang bisa melepaskan daya ke roda belakang saat tidak dibutuhkan. Itu membuat konsumsi bensin di kota dan jalan raya lebih irit, sekitar 10,6 km/l. Tapi untuk mencoba performanya - dan jika Anda tidak mementingkan jarak tempuh yang jauh – mesin TFSI ini lebih masuk akal dan lebih halus dan lebih menyenangkan untuk dikemudikan.

Dalam mode Dynamic (penamaan Audi untuk mode yang mendeteksi gaya mengemudi Anda), Q5 menyukai melesat di berbagai tikungan, naik dan melahap lintasan lurus di tol Cipali. Bahkan menikung di kecepatan 100 km/jam, rasanya dia bisa menangani lebih kencang dari itu.

Sementara Q5 mungkin tidak terlalu menarik - untuk dilihat atau dikendarai - bagaimanapun juga dia melakukan semuanya sangat baik. Sebenarnya, sulit menemukan kesalahan dengan mobil yang terasa begitu nyaman dan di saat yang sama begitu santai untuk dikendarai. Dia juga sangat praktis dan mobil keluarga ideal. So, kalau Anda menginginkan SUV mewah yang nyaman dan bermutu tinggi, sekarang sudah ada di depan mata, jadi tidak perlu menoleh kemana-mana lagi. [bil/timBX]

Spesifikasi New Audi Q5 Quattro

Dimensi           4.663 mm/ 2.140 mm/ 1.659 mm

Sumbu roda     2.819 mm

Mesin              TFSI Turbo 4 silinder

Kapasitas         1.984 cc

Tenaga             252  hp HP @ 5.000 rpm

Torsi                370 Nm @ 1,600 rpm

Transmisi         7-speed S-Tronic dual clutch

Berat               1.795 kg

Suspensi          Double Wishbone / Multi-link (depan & belakang)

Ban                  235/55 R19

Harga              Rp 1,4 milyar

Tags :

#
auto reviews,
#
audi,
#
new audi q5,
#
suv