MENU
icon label
image label
blacklogo

New Audi A3 Sportback 1.2 TFSI - Everyday Premium Car

DEC 14, 2017@18:59 WIB | 1,245 Views

Sangat mudah untuk menyamakan Audi A3 sebagai Volkswagen Golf dengan emblem yang lebih mewah, namun kenyataannya dia tidak seperti Golf.

Dari interiornya yang cantik hingga pengendaraannya yang sporty, A3 memiliki karakter tersendiri, baik Anda menggunakan versi standar tiga pintu atau lima pintu Sportback seperti yang kami uji sekarang (bahkan sebuah A3 Saloon juga tersedia). Dan jika Anda melihat harga termurah dari model Golf, Anda akan melihat model A3 jadi tidak mahal lagi.

Ada banyak ruang di bagian depan kabin Audi A3, dan headroom cukup lapang. Namun, buat Anda yang memiliki postur 182 cm akan berharap versi tiga pintu A3 memiliki sedikit ruang di belakang untuk lutut. Inilah yang Anda dapatkan dengan model Sportback ini, jadi ini adalah pilihan yang jauh lebih praktis.

Bagasinya juga cukup besar untuk dijejali kereta bayi atau belanja kebutuhan dapur mingguan. Plus ada lantai bagasi palsu yang memungkinkan Anda membagi ruang menjadi dua dan menaikkan tinggi lantai buat kargo sehingga Anda cenderung tidak mengangkat beban terlalu dalam saat mengangkat barang-barang berat.

Seperti kebanyakan rivalnya, A3 Sportback memiliki beberapa cupholders dan tempat penyimpanan cukup memadai di antara jok depan.

Suspensi A3 terasa sangat bagus, apakah Anda mengemudi di kota atau di jalan tol, selama Anda menghindari pengaturan sporty yang merupakan standar di fitur Audi Drive Select, dan tetap dengan roda 17 inci. Yang lebih besar dari itu dan kualitas berkendara mulai memburuk, dan Anda mendengar lebih banyak suara dari ban.

Dia tentu jauh lebih nyaman daripada Mercedes A-class, dan A3 juga memiliki mesin yang jauh lebih tenang; versi mesin bensin 1.2 TFSI ini pada khususnya. Berbagai penyesuaian kursi dan kemudi memastikan sang pengemudi dari semua ukuran dapat menemukan posisi yang sesuai, dan kursi itu sendiri sudah begitu supportif menopang kontur tubuh saya, jadi Anda seharusnya tidak menderita sakit dan nyeri pada perjalanan jauh.

Audi pun terkenal dengan kualitas interiornya, dan A3 menunjukkan bagaimana seharusnya dasbor mobil itu dibuat agar tidak terlihat norak. Pastinya, memang tidak begitu terlihat berkelas, tapi dasbor A3 juga mudah digunakan. Anda mengoperasikan sebagian besar fungsi melalui satu tombol putar yang diposisikan untuk mudah dijangkau dan dihubungkan ke menu Audi Multi Media Interface (MMI) di layar. Terlebih lagi, menu MMI tersebut ditata dengan jelas, dan ada tombol pintas yang memungkinkan Anda membalikkannya dengan cepat.

Cara tampilan layar MMI diposisikan tinggi di dasbor juga saya sambut baik karena itu berarti Anda selalu bisa menjaga setengah mata di jalan. Kalau Anda mau, Audi sekarang menawarkan A3 dengan layar kokpit virtualnya (Audi Virtual Cockpit), yang menggantikan layar speedometer analog dengan layar digital yang, selain kecepatan dan putaran mesin, dapat menampilkan semuanya mulai dari tingkat ekonomi bahan bakar hingga peta navigasi, jadi semakin menambah nuansa berkelas pada mobil ini.

Visibilitas belakang lebih baik di A3 Sportback daripada di BMW Serie 1 atau Mercedes A-Class. Anda pun seharusnya tidak memiliki masalah parkir, terutama jika Anda mengaktifkan sensor mundur yang menampilkan kamera belakang. Dan kemudi A3, perpindahan gigi dan pedal semuanya tertata dengan manis, sehingga mengemudi tidak pernah terasa seperti kerja keras.

Mesin adalah hal yang menarik pada mobil yang kompak ini dengan mesin 1,2 liter turbo. Meski ini adalah mesin entry level,Anda bisa memiliki gearbox dual clutch 7-speed S-Tronic. Wajar membuat dia sangat nyaman, Audi A3 Sportback juga menyenangkan untuk dikendarai, gesit di tikungan, dengan banyak grip dan handling yang presisi.

Audi A3 Sportback bukan hanya mobil terbaik di kelasnya, tapi salah satu mobil Eropa baru terbaik yang dijual di Tanah Air sekarang. Mesin bensin 1.2 liter TFSI Turbo menawarkan performa yang cukup untuk penggunaan sehari-hari dikombinasikan dengan biaya operasional yang rendah. Ajak dia dalam perjalanan jauh yang nyaman, handling tangkas, value-for-money yang bagus sehingga tak heran mengapa dia begitu populer. [bil/timBX]

Spesifikasi New Audi A3 Sportback

Dimensi           4.313 mm/ 1.966 mm/ 1.461 mm

Sumbu roda     2.637 mm

Mesin              TFSI Turbo 4 silinder

Kapasitas         1.197 cc

Tenaga             110 hp HP @ 4.600 rpm

Torsi                175 Nm @ 1.400 rpm

Transmisi         7-speed S-Tronic dual clutch

Berat               1.255 kg

Suspensi          Double Wishbone / Multi-link (depan & belakang)

Ban                  225/45 R17

Harga              Rp 550 juta

                                         

Tags :

#
auto reviews,
#
audi,
#
new audi a3,
#
audi sportback,
#
new audi a3 sportback 1.2 tfsi