MENU
icon label
image label
blacklogo

Kymco Xciting 400i, Skutik Asia Rasa Eropa

JUL 25, 2019@12:25 WIB | 427 Views

Besar, tegap, stylish. Itulah ungkapan awal ketika kami melihat skutik dari Kymco Indonesia, Xciting 400i. kami sendiri sebelumnya mengetahui Kymco memiliki skutik besar yaitu Downtown 250i. Namun ternyata, Kymco memiliki skutik lebih besar lagi, silinder yang besar, keamanan lebih lengkap yaitu Kymco Xciting 400i ini. skutik ini awalnya diluncurkan pada tahun 2017 lalu, namun tidak terlalu masif di Indonesia. Secara keseluruhan, skutik ini terlihat lebih tinggi dengan ukuran 1285 mm, panjang 2220 mm dan lebar 795 mm.

Sekilas jika dilihat dari depan, headlampnya memang sangat besar. Menggunakan bohlam 35W, dan juga lampu DRL dibawah lampu utamanya. Perlu diketahui, untuk lampu depan ini selain head lamp, DRL dan lampu sein sudah menggunakan LED. Windshieldnya juga besar khas skutik Eropa. Memang, menurut PT Smart Motor Indonesia, selaku agen pemegang merek motor asal Taiwan ini, Kymco Xciting 400i pure merupakan desain dari Eropa. Usut punya usut, Kymco Xciting 400i ini menjadi skutik terlaris kedua di Italia BlackPals.

Lanjut, bagian sampingnya juga terkesan futuristik dengan paduan warna silver, hitam, dan abu-abu, plus dengan lekukan tajamnya. Ada tulisan krom “Xciting 400i” di bagian lambungnya yang mengkilap. Footstep sendiri memiliki tombol untuk mengeluarkan si pijakan kaki tersebut. Terdapat tulisan “Kymco” yang besar di bagian casing CVTnya, seakan-akan mempertegas Kymco memiliki skutik besar dengan CVT yang terbaik.

Bagian belakangnya kami suka, dengan desain lampu LED yang tersusun rapi dan mika birunya. Belakangan saya diberitahu oleh pihak PT Smart Motor Indonesia bahwa desain mika biru ini memang sengaja dibuat karena sesuai dengan tren di Eropa.

Bangkunya yang berukuran besar juga membuat kami nyaman ketika mendudukinya. Bukan hanya besar, namun juga khusus pengemudinya ada sandaran punggung, sehingga nyaman ketika berkendara. Apalagi, jika ketika riding, posisi kaki diletakkan sedikit ke atas, dan posisi punggung mentok di sandarannya, alangkah nyamannya rasa berkendaranya BlackPals, plus posisi setirnya juga presisi bagi kami.

Berkaitan setirnya, terdapat beberapa tombol seperti lampu hazard, start/stop engine, start button, lampu, klakson, lampu dim, dan lampu sein. Untuk di instrumennya, ada dua tombol yang tersedia, dan dapat mengubah layar MID seperti melihat jarak perjalanan, maupun total perjalanan, serta mengubah satuan jarak dari mph ke kmh atau sebaliknya.

Instrumennya sendiri terdiri dari tachometer yang masih analog, dan speedometer yang sudah digital, plus MID yang memberikan informasi jam, fuelmeter, suhu, dan tripmeter. Selain itu ada lampu indikator oli, baterai, service oli, bensin dan telephone.

Satu yang spesial adalah tuas rem di skutik ini sudah ada adjusmentnya, sehingga bisa diatur longgar maupun kencangnya tuas rem skutik ini. Spionnya sendiri juga beda, tak seperti spion sepeda motor pada umumnya, melainkan seperti spion mobil, sehingga kelihatan sedikit lebih mewah.

Di dashboardnya sendiri ada satu bagasi, yang bisa menampung gadget kalian plus ada colokan lighter. Jadi sembari riding, kalian bisa ngecharge gadget kalian. Disamping itu, lantaran motor ini gede, tangki bensin pun dipindah ke bagian depan, yang dimaksudkan untuk mempermudah pengendara mengisi bahan bakar. Satu lagi, di sebelah kanan, ternyata Kymco memberikan rem parkir untuk motor ini. sentuhan kecil, namun berarti sekali lantaran beratnya motor ini mencapai 190 kg. sangat membantu apabila sedang di tanjakan atau turunan.

Balik lagi ke bagian bangkunya, jika melihat bangku yang besar, tentu ada bagasi yang besar pula. Dan benar saja, ketika dibuka, bagasinya benar-benar besar, yang mampu menampung helm full face sekalipun, plus bisa menyimpan riding gear lainnya. Tak hanya itu, bagasinya juga sudah dilengkapi dengan lampu LED yang berguna sebagai penerangan jika mencari barang di bagasi pada saat gelap. Kursinya sendiri juga sudah menggunakan hidrolik, jadi gampang saat membukanya.

Di bagian kaki-kaki, lantaran motor ini memiliki berat lebih dari 190 kg, dan silindernya yang besar, Kymco memberikan rem depan dengan kaliper 4 piston dual disc brake, dan single disc brake dibagian belakang. Bannya sendiri menggunakan ban maxxis Tubeless 120/70-15 di bagian depan, dan Tubeless 150/70-14 di bagian belakang. Supensi menggunakan telescopic di bagian depan dan double swing di bagian belakang.

Mengenai mesin, Kymco Xciting 400i menggunakan tipe mesin 4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI, berkapasitas 399,6cc single silinder. Tenaga yang dihasilkan mencapai 35,5 Hp dan torsi 37 Nm, dengan transmisi CVT otomatis.

Kymco Xciting 400i ini kami gunakan riding ke Pelabuhan Ratu dari Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Awalnya memang pesimis apakah nyaman membawa skutik besar sejauh ini. namun ternyata, kenyamanan membawa Kymco Xciting 400i ini jauh melebihi ekspektasi saya, yaitu rasa berkendaranya yang sangat nyaman, ditambah akselerasinya yang tidak pernah turun.

Memang nikmatnya membawa skutik ini di kecepatan 40 km/jam ke atas, karena iritnya terasa plus tidak terasa panas di radiatornya. Dibawa menikung di kecepatan 40 km jam pun, skutik ini tetap terasa enteng digunakan, tanpa rasa berat sekalipun. Tenaga responsif terus di putaran 1.500 rpm dan meningkat tenaganya di putaran 3.500 rpm.

Meskipun motor ini tergolong besar, nyatanya masih ada beberapa kekurangan yang ada di Xciting 400i ini seperti remnya yang belum ABS, masih menggunakan kunci biasa dan belum immobilizer bahkan belum keyless. Selain itu fitur berkendara belum tersedia untuk motor ini.

Uniknya, ketika kami berkendara di Pelabuhan Ratu, banyak publik melihat dan bertanya skutik yang saya bawa ini bermerk apa. Bahkan ketika kami iseng parkir di showroom salah satu produsen motor asal Jepang, salah satu salesnya mengira Kymco merupakan line up produksi dari merk showroom tersebut. Nah, unit yang kami tes ini merupakan desain tahun 2017, dengan perakitan tahun 2017 di Indonesia. Kymco Xciting 400i ini sendiri juga sudah punya faceliftnya juga yaitu Kymco Xciting S400i, namun masih dijual di Eropa. 

Overall, setelah saya mencoba motor ini sejauh lebih kurang 144 km, saya menyukai kenikmatan berkendaranya, meskipun ada beberapa kekurangan. Tidak terlalu lelah ketika riding berapa lama pun menggunakan motor ini, karena tenaganya yang bagus, ukuran ban yang besar, dan iritnya yang fantastis dan tetntunya posisi ridingnya yang sangat nyaman. Bagi kalian yang ingin melihat secara langsung motor ini, dapat mengunjungi Booth Kymco di hall 9, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di ICE BSD City.[prm/timBX]

Tags :

#
autoreview,
#
kymco indonesia,
#
pt smart motor indonesia,
#
kymco xciting 400i,
#
skutik,
#
touring,
#
palabuhan ratu,
#
maxxis