MENU
icon label
image label
blacklogo

Kymco Downtown - The Sport Touring Masterpiece

OCT 24, 2019@12:49 WIB | 1,036 Views

Halo BlackPals, berbicara mengenai skutik gede, pasti kalian sudah banyak melihat motor demikian berseliweran di jalanan. Model-model yang demikian bisa dikatakan lebih nyaman saat ini digunakan baik di dalam kota/di tengah kemacetan, atau digunakan ketika touring. Nah, ada satu skutik gede yang mungkin tidak asing lagi kalian dengar, yaitu Kymco Downtown.

Yap, jika kemarin kita membahas mengenai Kymco Xciting 400i, kali ini “adiknya” akan kita bahas lebih dalam BlackPals, seperti apakah motor matik ini mulai dari desain, hingga rasa berkendaranya.

Kymco Downtown memiliki gaya khas sedikit mirip dengan “saudaranya”, sebut saja Xciting 400i, K-XCT 200i, di bagian mukanya. Namun, kalau ditelisik lagi, bagian “mata” motor matik ini masih ada lekukan lagi yang seakan-akan menyembunyikan sepasang head lamp-nya. Nah, lekukan memberikan bentuk futuristic, terutama ditambah lampu sein yang menyiku dengan menggunakan lampu LED. Bukan itu saja, desain hidungnya yang sedikit pesek dihiasi dengan dual lampu utama dengan bohlam H7 mirip seperti mata Burung Elang Malam plus Daytime running light (DRL) dan juga dibalut dengan windshield bening, jadi aman kalau touring. Untuk lampu belakang, sayangnya masih menggunakan bohlam biasa untuk seinnya, namun untuk stop lamp sudah berupa LED.

Yang namanya skutik besar, tentu bodynya bongsor dong. Tapi, ada positif nya dari modelnya yang lebar ini, yaitu desain bangkunya yang sangat ergonomis. Desain bangku untuk pengendara dirasa sangat nyaman, lantaran ada penyangga untuk bagian pinggang ketika berkendara. Selain itu, bagasi yang besar yang dimiliki motor ini menggunakan satu motoris untuk mengangkat bangkunya, plus mampu menampung dua helm sekaligus, masing masing satu helm full face dan satu helm half face.

Bordes atau tempat letak kaki pengendara yang ada dua yaitu bagian bawah dan bagian depan, sehingga kalau kalian mau berkendara nyaman, ada dua tempat letak kaki BlackPals mau selonjoran, atau mau normal. Kelengkapan lainnya yaitu adanya glove box dua buah yang bisa menampung ponsel atau seukurannya, plus ada socket charge USB Port di sebelah kiri, sehingga tidak perlu khawatir akan habisnya baterai ponsel kalian. Tangki bensin pun tidak diletakkan di dalam bagasi, namun di bagian depan yang gunanya memang mempermudah pengisian bahan bakar.

Dimensinya Kymco Downtown ini memiliki panjang 2.250mm, lebar 780 mm, dan tingginya 1.310mm, dengan jarak sumbu roda 1.553 mm. Dengan besarnya body skutik ini ditambah lagi ground clearance nya yaitu 135mm, membuat motor matik ini pantas jika dibawa untuk harian maupun touring. Sektor panel indikator juga tak boleh luput dari tangkapan mata, karena desainnya yang lebih futuristik, lebih lengkap dengan hadirnya layar MID ditengahnya.

Yang membuat semakin cantik adalah warna biru untuk lampu backgroundnya. Instrument Multi Fungsi pada Downtown 250i ini menampilkan informasi seperti : Speedmeter, Odometer, Oil Service, Lampu, Sein, Bahan Bakar, Temperatur Mesin, Waktu (Jam), Trip Meter dan Konsumsi Bensin.

Meskipun Kymco Downtown cukup berat yaitu 178kg, skutik ini sudah dilengkapi dengan suspensi telescopic fork dibagian depan, dan juga double swing untuk suspensi belakang. Selain itu ukuran ban yang digunakan yaitu 120/80-14 58s plus dual rem cakram Kaliper tiga piston, 260mm serta ban 150/70-13 64s plus rem Kaliper 2 piston, Disk Brake @240mm untuk bagian belakangnya. Dengan begini, besarnya ukuran skutik dan kecepatan laju tidak menjadi masalah bagi kalian yang mengendarai kymco downtown.

Mesinnya? Kymco Downtown 250 menggunakan mesin berkapasitas 246,3 cc injeksi, dengan tenaga yang dikeluarkan sebear 22 HP dan torsi 23 NM dan menggunakan transmisi CVT otomatis.

Kami mencoba mengendarai skutik besar ini di daerah Pelabuhan Ratu, menuju Geopark Ciletuh yang jalannya terkenal berkelok-kelok dan memiliki tingkat kecuraman jalan yang tinggi. Kami yakin bahwa Downtown dapat digunakan dengan nyaman di jalanan ini. Dan, tepat dugaan kami. Tarikan gas yang enteng, posisi duduk mengemudi yang pas dan handling yang baik membuat kami nyaman ketika menaklukan jalanan menuju Geoprak Ciletuh ini. Selain itu, ketika diajak manuver, skutik besar ini tidak banyak kendala karena tetap nyaman dan mudah dikendalikan sekalipun tikungan juga di kecepatan 40-50 km/jam.

Namun ada beberapa kekurangan yang masih dialami oleh Kymco Downtown ini seperti jaringan penjualan yang tentunya masih sedikit, yang sangat sayang sekali dikatakan bahwa skutik bagus ini belum memiliki jaringan penjualan yang luas. Jika saja jaringan penjualannya banyak, akan lebih mudah bagi pecinta skutik besar untuk mendapatkan Kymco Downtown ini.

Kedua yaitu harganya, Kymco Downtown 250 saat ini dijual dengan harga Rp 68 juta, jauh lebih tinggi beberapa juta dari kompetitornya yang memiliki lebih banyak fitur. dengan begitu, harga yang ditawarkan serasa sedikit lebih mahal, meskipun tenaga juga 11:12 dengan para kompetitornya. 

Kemudian, beberapa fitur lainnya belum tersedia seperti keyless smart, rem ABS, hingga traction control belum tersedia untuk model yang kami gunakan ini. lebih baiknya jika Kymco Downtown akan lebih diperbanyak fitur agar seimbang dengan harganya. 

Dari semuanya, kami rasa Kymco Downtown sangat nyaman dikendarai, meskipun ada beberapa kekurangan yang tidak terlalu dipermasalahkan BlackPals. Jadi, bagaimana? Apakah kalian tertarik menggunakan skuter matik besar ini untuk harian atau touring?[prm/timBX]

Tags :

#
autoreview,
#
kymco,
#
kymco indonesia,
#
pt smart motor indonesia,
#
skuter matik,
#
kymco downtown,
#
250cc,
#
touring