MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar F-Type S Coupe, The Perfect Instrumental of Speed

SEP 16, 2016@13:38 WIB | 122,834 Views

PT Grandauto Dinamika pertama kali membawa F-Type S Coupe ke Indonesia pada pertengahan 2014 lalu. Mobil ini adalah penjelmaan dari mobil konsep Jaguar C-X16 tampil di Frankfurt Motor Show 2011.

F-Type S mengadopsi mesin V6 Supercharged berkapasitas 2.995 cc yang sanggup memuntahkan tenaga 380 hp pada 6.500 rpm dengan torsi puncak 460 Nm pada 3.500 – 5.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 8-speed Quickshift.

Masuk ke dalam, posisi duduk terasa pas dan mantap, tidak sulit untuk mendapatkan posisi berkendara ideal berkat pengadopsian pengaturan sistem elektrik pada kedua kursi. Nyalakan mesin, lalu Anda akan mendengar raungan mesin V6 diiringi dengan suara knalpot yang cukup menyenangkan.

Meskipun interior yang digunakan bernuansa gelap, atap panoramic memberikan pencahayaan alami ke dalam kabin sehingga membuat dominasi warna abu-abu terlihat cerah.

Penggunaan motif serat karbon pada bagian konsol memperkuat aura sport miliknya. Tidak lupa Jaguar menyematkan sistem audio premium dari Meridian.

Terdapat beragam pengaturan pada bagian konsol, seperti mode berkendara normal, jalanan licin, maupun dynamic mode. Anda dapat mengatur sayap belakang secara manual melalui sentuhan tombol, begitu pula dengan traction control dan system Active Sport exhaust. Pengaturan sistem pendingin dilakukan melalui tombol putar yang dikombinasikan dengan MID.

F-Type terbilang cukup nyaman untuk digunakan harian. Saat Anda ingin bersenang-senang, cukup arahkah ke jalan bebas hambatan dan rasakan kemerduan suara yang dihasilkan. Gunakan paddleshift berbahan alumunium yang berada di balik lingkar kemudi dan pindahkan gear pada putaran 3.000 rpm untuk berkendara secara santai diiringi raungan mesin dan letupan knalpot.

F-Type S membuktikan, mesin berkapasitas ‘hanya’ 3.0 liter dapat menawarkan kesempurnaan berkendara. Kesenangan semakin sempurna, jika Anda menggunakan dynamic mode, menyalakan Active Sports exhaust, serta menggunakan transmisi manual sepenuhnya.

Seakan-akan memiliki dua kepribadian, F-Type S menjelma menjadi binatang buas yang siap menghantarkan Anda ke alam liar. Lengkingan mesin supercharger pada putaran tinggi disertai letupan knalpot membuat adrenaline memuncak, seakan-akan mengajak Anda untuk melaju lebih cepat.

Jaguar F-Type S merupakan salah satu mobil terbaik yang pernah saya coba, meskipun hanya berkapasitas 3.0 liter, sulit untuk melupakan kesenangan berkendara yang ditawarkan. Bagi Anda pecinta mobil sport sejati, F-Type wajib masuk ke dalam daftar Anda.[aag/timBX]

Spesifikasi Teknis

Jaguar F-Type Coupe S
Mesin:
V6, 2.995 cc, supercharger
Tenaga: 380 hp @ 6.500 rpm
Torsi: 460 Nm @ 3.500 – 5.000 rpm
Transmisi: Otomatis, 8-speed ‘Quickshift’ 0 – 100 kpj  4,9 detik (klaim)
Kec. Maks: 275 kpj (limited)
Tangki BBM: 72 liter
Emisi CO2: 213 g/km (klaim)
Kapasitas Bagasi: 315 liter
Bobot: 1.594 kg

Tags :

#
jaguar f-type s coupe,
#
jaguar f-type,
#
jaguar,
#
autoreview,
#
the perfect instrumental of speed