MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda CB500X - Tackle Both World

MAY 31, 2018@12:15 WIB | 1,803 Views

Banyak yang menilai pabrikan Honda tidak bisa bermain di kelas motor pelahap medan terjal. Melalui CB500X, Honda membuktikan pada dunia, hal itu salah besar. Bila sekedar menjelajah camping ground atau menapaki gunung, CB500X dengan mudah mengatasinya.

Honda CB500X adalah motor gede yang bisa dipakai di dua alam berbeda, off-road dan jalanan kota. Dari namanya saja, X yang berarti Cross, kita langsung terngiang bahwa sepeda motor ini sengaja diciptakan untuk berpetualang.lantaran dengan sistem suspensi travel panjang yang menghasilkan ground clearance hingga 170 mm membuat motor ini mudah menaklukkan jalan-jalan berbatu atau bahkan pasir gurun sekalipun.

Konsep yang hendak dijual adalah sepeda motor supermotorad yang terjangkau berdesain cantik. Cocok dipakai di jalanan biasa, trek, dan juga sesuai untuk perjalanan off-road. Semua komponen sepeda motor memakai bahan baku berkualitas, sehingga CB500X diklaim sebagai evolusi supermotorad.

Moge yang dijual PT Wahana Makmur Sejati seharga Rp 147 juta ini mempunyai banyak sekali fitur menarik, untuk desain lampu LED memakai model single lamp, sementara itu dibagian whindshield kini juga bisa disetel ketinggiannya, sehingga membuat pengendara lebih nyaman ketika terkena hembusan angin. Ciri khas motor petualang sangat kental sekali dibagian fairing tangki karena terlihat lebih berotot serta terdapat garis-garis tajam yang mempertegas tampilannya.

Honda menjelaskan bahwa prioritas pertama insinyur mereka adalah untuk menemukan respon throttle yang seimbang dan putaran mesin yang cepat. Hingga selanjutnya adalah menciptakan mesin yang sangat halus dan punya karakteristik yang kuat.  Hasilnya, di putaran bawah, dia tetap tak kehilangan tenaga dan torsi.

Makanya. khusus untuk CB500X dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 471 cc 2 silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 43 HP. Putar tuas gasnya, dan rasakan torsi 43 Nm mendorong Anda hingga putaran 7.000 rpm.

Diciptakan untuk penggunaan dalam kota, bukan berarti penunggangnya tidak bisa turun gunung, sebab CB500X memiliki seat high hingga 810 mm. Mau dipakai melintasi lalu lintas stop and go khas Ibukota? Piece of cake!

Penggunaan sistem sasis Diamond steel menjadikan CB500X memiliki bobot ringan (196 kg) yang tentunya makin memanjakan sang rider membelah antrian kendaraan di lampu merah. Semua tombol-tombol yang tertanam pada setang cukup terjangkau dengan panel instrumen digital yang mudah dibaca membuat pengendaranya dapat terus berkonsentrasi dengan kondisi jalan.

Meskipun tenaga maksimum tampaknya agak kecil di atas kertas, CB500X benar-benar terasa jauh lebih kuat daripada itu. Menjaga putaran dalam kisaran 5.000-7.000 rpm benar-benar menunjukkan keasyikan berkendara dengan motor ini - mungkin bukan menjadi alat buat kebut-kebutan, tetapi motor ini terasa begitu hidup dan agresif.

Bawa dia keluar kota, dan aspek kedua serta ketiga dari fleksibilitasnya ikut bermain. Handling CB500X termasuk bagus untuk kategori motor seperti ini, memungkinkan Anda menikung dengan stabil di jalanan aspal yang berliku. Menghadapi jalanan berlubang juga tidak jadi masalah. 

Tebal jok yang nyaman dan cukup santai, serta riding position yang tegak memastikan bahwa perjalanan jarak jauh tidak akan menjadi momok lagi. Dia dengan mudah melahap setiap kilometer yang Anda tempuh sebaik saat anda membawanya di perkotaan pula.

Salah satu kenikmatan besar lain dari CB500X adalah mekanisme perubahan giginya. Meskipun tidak enteng, perpindahan gigi merasa kuat, tepat dan akurat. Ini adalah salah satu dari beberapa motor yang saya coba, yang bisa dihentikan saat masih berada di gigi atas dan memindahkan ke netral tanpa harus mematikan mesin atau slip kopling. Tidak sekali selama periode pengujian saya masuk ke netral saat menaikkan gigi.



Honda bilang bahwa prioritas pertama insinyur mereka adalah untuk menemukan respon throttle yang seimbang dan putaran mesin yang cepat. Jelaslah bahwa para insinyur mereka telah sukses membuat saya percaya. Hingga selanjutnya adalah menciptakan mesin yang sangat halus dan punya karakteristik yang kuat.  Hasilnya, di putaran bawah, dia tetap tak kehilangan tenaga dan torsi.

Dengan motor ini, Honda akan menghadapi lawan yang cukup berat, seperti Kawasaki Versys 650 dan Yamaha MT-07. Namun, saya yakin, dengan kemampuan yang telah ditunjukkan CB500X, Honda akan tetap memiliki reputasi besar yang dihormati dihadapan para rivalnya tersebut. [bil/timBX]

Tags :

#
auto reviews,
#
honda cb500x,
#
supermotorad,
#
wahana makmur sejati