MENU
icon label
image label
blacklogo

Definitely Still A Porsche

JUL 27, 2017@18:00 WIB | 488 Views

Bisa ikut serta dalam ajang yang dinamai Porsche Two Trails ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri, sebab ajang ini mrupakan pertama kalinya diadakan. Mengambil lokasi di jalanan sepanjang danau Sun Moon Lake yang tersohor di Taiwan, menjadi medan yang tepat untuk dari menyoroti bagaimana performa dan kemewahan Porsche Panamera terbaru.

Di sini, para teknisi Porsche membuktikan kalau mereka telah melakukan tugasnya dengan baik. Mereka di-brief untuk membuat saloon yang cukup nyaman untuk mengalahkan BMW seri 7. Tapi, bisa melesat di tikungan seperti layaknya 911. Bahasa desain dari Panamera terbaru dihadirkan guna menciptakan konektifitas dengan Porsche 911 bahkan melalui flyline yang lebih dinamis dan elemen desain khusus dari ikon mobil sport ini. Anda akan langsung mengenali dari garis atap coupé -nya, bahkan sekarang jauh lebih segar dan dinamis dengan tampilan baru berupa jendela samping yang semakin menampilkan tipe coupé.

Sejak diluncurkan pada tahun 2009, lebih dari 150.000 unit Panamera telah terjual. Pada model terbaru, Anda bisa melihat mobil yang dikembangkan ulang sepenuhnya – dengan mesin baru, desain baru dan teknologi baru. Mereka memasang V6 Turbo, transmisi kopling ganda dengan 8 percepatan, dan suspensinya dilengkapi  per udara dengan pengatur ketinggian otomatis, damper, dan anti roll bar adaptif. Ini berarti mereka bisa beroperasi berapapun bobot orang yang ada di dalamnya.

Baik Panamera standar maupun Panamera 4S yang saya kendarai memakai mesin V6 dengan kapasitas 2.995 cc terbaru dan langsung menambahkan perangkat turbocharger yang meningkatkan efisiensi volumetrik, sekaligus mengurangi emisi dan menghemat bahan bakar. Angka-angka mentahnya memproduksi 330 hp dan 450 Nm.

Tak perlu waktu lama menyadari dia punya tenaga sebesar itu saat mengendarainya, Panamera adalah mobil mudah dikendarai dengan cepat. Rem yang kuat, banyak grip, kontrol yang tajam, dan jok yang mendukung untuk menjelajah jalanan asing di Taiwan. Putar roda kemudi berlapis kulitnya, dan Panamera akan memberikan anda kejutan dengan turn-in yang mudah diprediksi dan daya cengkram depan yang tinggi.

Di jalanan Taiwan yang penuh regulasi, saya belum berhasil menyentuh top speed yang diklaim Porsche sebesar 264 kpj, namun saya bisa mencapai 100 kpj dari diam, dalam waktu kurang dari 6 detik. Mungkin inovasi terbesar di sini adalah digunakannya transmisi 8-speed Porsche Doppelkupplung (PDK) yang menggerakkan roda belakang. Ini cukup kontras dengan transmisi semi otomatis kuno yang ada di beberapa model Porsche lain yang modern.

Lepas dia ke jalanan bebas hambatan, Panamera dan Panamera 4S seketika menegaskan kalau dia bisa jadi teman pelesir abadi. Ia sangat menakjubkan saat digeber di jalan lurus. Bodinya stabil, tidak ada gejala limbung, dan grip selalu tersedia. Stirnya akurat. Tenaganya besar – di semua rpm. Jika ada penumpang Anda yang membosankan, bejek saja gasnya dan mereka akan diam. Jika ia tak selebar ini, meyalip akan lebih mudah.

Meskipun bukan tipikal kokpit mobil balap, namun di dalam kabinnya ada ruang yang luas dan mewah serta nyaman menjadi daya tarik unggulan pada model Panamera ini. Bagian interior Panamera terbaru telah dibangun ulang sekaligus masih mempertahankan DNA Porsche dengan konsol tengah yang naik dan sebuah dashboard yang datar dan luas.

Sebuah layar dengan orientasi futuristik dan konsep kontrol baru yang bernama Porsche Advanced Cockpit memberikan saya akses langsung ke hampir seluruh fungsi penting. Dengan user interface pengguna smartphone dan layar LED yang dapat dikonfigurasi sesuai keinginan dan fungsi intuitifnya. Sebagai tambahan, Porsche Communication Management barunya (PCM 4.1) bisa terkoneksi dengan fungsi intelligent digital dan layanan online.

Setelah matahari terbenam, saya diajak menyaksikan bagaimana fitur canggih Porsche Dynamic Light System (PDLS) Plus dan Night Vision Assist bekerja yang menambah kepercayaan diri dalam mengemudi di tengah kegelapan malam. Untuk saat ini, Panamera terbaru ini menangani segalanya lebih baik dari pendahulunya, punya banyak semangat di dalamnya dan menawarkan gimmick yang membuatnya enak dipakai sehari-hari..

Itu mungkin terdengar seperti pujian, tapi ini adalah kendaraan niche. Porsche menjual cukup banyak Panamera di luar negeri, sehingga kemungkinan besar Porsche Indonesia akan kedatangan lebih banyak pembeli baru dengan Panamera. Dengan berbagai fitur opsi yang bisa dipilih, mereka tidak akan sia-sia mendapatkan Panamera kali ini, karena mereka akan mendapatkan mobil yang memberikan sensasi mengemudi seperti sedang berlibur setiap saat. [bil/timBX]

Spesifikasi
Dimensi    5.049 mm/1.937 mm/1.423 mm
Sumbu roda    2.950 mm
Mesin        V6 Turbo
Kapasitas    2.995 cc
Tenaga        330 hp @ 6.400 rpm
Torsi        450 Nm @ 4.900 rpm
Transmisi    8-speed Porsche Doppelkupplung (PDK) 
Berat        1.850 kg
Suspensi    Independent double wishbone (depan) & Independent multi-link (belakang) 
Ban        265/45 R19  (depan) & 295/40 R19  (Belakang)
Top Speed    264 km/jam
 

Tags :

#
porsche,
#
porsche panamera,
#
blackauto,
#
autoreview