MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi A4 TSFI Quattro - Seriously Elegant

JUN 22, 2017@17:21 WIB | 747 Views

Segala sesuatu tentang Audi A4 TSFI Quattro sangat kalem. Ia tidak menggelegar saat dipacu di tol. Mesinnya seperti dentingan gitar yang menghipnotis, gearbox S-Tronic tujuh percepatan barunya seperti sedang bermain tangga nada. Tak ada suara angin yang mengganggu; suara jalanan hampir tak terdengar.

Bahkan suspensinya tak bersuara – Anda akan merasakan hantaman lubang saat menghajarnya dengan keras, tapi Anda tak mendengarnya. Ia melindungi Anda tanpa usaha lebih, isolasi yang senyap dan berkelas. Teknologinya akan membuat Mercedes C-Class keringat dingin.

Anda bisa menemui speaker high-end Bang & Olufsen stereo 1.460 watt, dan sebagainya, tapi A4 TSFI Quattro memberikan beberapa opsi baru yang akan membuat para kutu buku maniak gadget kegirangan. Kabinnya bersapu tombol-tombol yang mudah dimengerti dan bisa diakses menggunakan mouse komputer. Terdapat layar besar virtual pada instrumen berukuran 12,3 inci yang berguna untuk menampilkan segudang data dari kendaraan.

Tidak lupa tersemat layar MMI Touch berukuran 8,3 inci seperti komputer tablet pada bagian tengah dasbor sebagai pusat hiburan dan informasi. Semua ini dapat terkoneksi dengan smartphone, koneksi LTE terkini, dan WiFi. Teknologi seperti ini merupakan yang pertama di kelasnya. Dan semua itu bisa dikontrol oleh scroll-and-click wheel yang simpel.

Audi akan menyuguhkan sesuatu yang patut dibanggakan sesaat Anda telah membelinya. Dapat terlihat mulai lampu depan. A4 TSFI Quattro ini telah mendapatkan penyempurnaan memakai fiber optic pada system LED nya yang bisa berubah menjadi lampu sein ketika belok dan konfigurasi Matrix LED, yaitu terdiri dari 12 buah LED dan tiga reflector yang berguna untuk menerangi jalan lebih optimal pada malam hari tanpa membuat pengendara lainnya silau.

Secara dimensi, tidak banyak berubah. Mobil ini memiliki panjang 4,726 mm dan lebar 1,842 mm, bertambah 25 dan 16 mm dari sebelumnya, sedangkan tingginya 1,427 mm. Meskipun demikian, Audi berhasil melakukan dietnya hingga turun bobot 120 kg.

Perpindahan giginya dioperasikan dengan tuas unik yang tampak seperti tuas gas di pesawat terbang, yang bisa berfungsi ganda sebagai penyangga tangan. Joknya mampu beradaptasi dan bergerak bahkan di luar kemampuan gerak tubuh Anda.

Kendarai ia dan kesan yang didapat adalah Audi merancang tipe sedan menengah terbaiknya dengan serius. Suspensi magnetic-nya bekerja optimal: bahkan saat Anda bermain dengan sistem Audi ‘drive select’ yang mengatur tingkat keredaman, respon gas, dan strategi gearboks yang dapat membuat Anda melaju lebih cepat.

Ia tetap terasa lembut dan dapat meredam guncangan. Semua model yang kami tes dilengkapi fitur quattro berpenggerak 4 roda. Walaupun ia sedikit understeer, jika memilih opsi sports diferensial, Anda tetap bisa menghembuskan provokasi oversteer saat torsinya tersalurkan ke roda.

Headline-nya apalagi kalau bukan mesinnya: 4 silinder dengan turbo yang mampu menghasilkan ‘gempa bumi’ ringan, 252 hp. Ini serius. Sekalipun tidak tertarik dengan kurva-kurva torsi, Anda harus melihatnya. Percaya atau tidak, puncak torsi 370 Nm bisa saya capai lebih awal pada 1.600 rpm hingga mencapai 4.500 rpm. Bayangkan, 0-100 kpj dalam 5,8 detik. Dan batasnya 250 kpj.

Kesimpulannya Audi A4 TSFI Quattro memiliki tampilan yang serius. Interior pun tidak seperti kabin sedan Jerman lainnya yang kelihatan wah tapi empat tahun kemudian nampak usang. Karena itu, Audi A4 terlihat lebih siap untuk Anda bawa sepanjang waktu karir mengemudi Anda. Tidak terlampau mencolok, tapi mengikat. [bil/timBX]

Spesifikasi New Audi A4 TSFI Quattro

Mesin: 4-silinder Turbo 
Transmisi 7-percepatan S-Ttronic
Kapasitas: 1,984 cc
Tenaga: 252 hp pada 5,000-6,000 rpm
Torsi maksimum: 370 Nm dari 1,600 rpm
Akselerasi: 0-100 km/h dalam 5.8 detik
Kecepatan puncak: 250 kpj.
Harga: Rp 1.2 milyar

Tags :

#
audi a4 tsfi quattro,
#
audi a4,
#
audi,
#
blackauto,
#
autoreview