MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Kawasaki Ninja ZX-6R 636 - Daily Superbike

DEC 31, 2018@12:05 WIB | 1,132 Views

Buat BlackPals yang ingin menyambut tahun 2019, mungkin bisa membuat resolusi baru dengan memiliki motor gede (moge) terbaru dari Kawasaki  Motor Indonesia ini. Sebab mereka telah mengumumkan sejumlah penyempurnaan untuk model Kawasaki Ninja ZX-6R 636 mereka, termasuk gaya yang dirubah untuk menyelaraskan lebih dekat dengan ajang balap WorldSBK mereka, penambahan quick shifter sebagai standar, rasio gearing yang direvisi dan lampu LED depan dan belakang.

Sementara ada beberapa perubahan yang relatif sederhana pada mesin Kawasaki ZX-6R 636, meski sebelumnya dia juga sudah mengadopsi berbagai teknologi bantuan pengendara, termasuk riding mode, kontrol traksi dan sistem ABS canggih.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Ninja ZX-6R '636' paling anyar ini memiliki rasio gearing yang bertujuan memberikan respons low-end yang lebih kuat, menjadikan model baru ini lebih menyenangkan diajak berkendara di jalanan biasa dan melibas jalanan berliku, apalagi melesat di lintasan lurus yang di sukai banyak pemilik pada edisi sebelumnya.

Peranti KQS (Kawasaki Quick Shift) sekarang menjadi perlengkapan standar, melengkapi teknologi dukungan canggih seperti KTRC tiga-mode (Kawasaki Traction Control), Riding mode dan KIBS (Kawasaki Intelligent Braking System).

Gaya baru juga menawarkan evolusi berikutnya dari sebuah desain Ninja, dan memberikan tampilan baru sosok Ninja ZX-6R yang kuat terhadap esensi WorldSBK yang sangat sukses, dengan fairing depan yang direvisi dan mengadopsi lampu LED kembar. Buritannya juga telah direvisi dan sekarang juga dilengkapi lampu belakang LED.

Kawasaki juga mengembangkan sisi performa dari mesin 636cc liquid-cooled, empat-stroke in-line 4 silinder, dan menawarkan kinerja yang lebih besar di tiap kisaran rpm, terutama untuk torsi rendah dan kisaran menengah untuk kegunaan dalam situasi berkendara sehari-hari. Pembaruan untuk 2019 juga memastikan emisi superbike ini memenuhi regulasi emisi Euro4.

Rasio gearing yang lebih pendek dari rasio akhir direvisi untuk bisa bekerja bersama teknologi kopling slipper clutch, menawarkan nuansa ringan pada tuas kopling. Selain teknologi, fitur akomodatif lainnya untuk rider termasuk outlet listrik 12V yang praktis.

Sasis Delta-box yang dipakai masih menjadi kunci untuk handling yang seimbang, keseimbangan sudut tengah dan kemampuan untuk mengubah jalur sesuai keinginan sang rider. Suspensi depan SFF-BP (Seperate Fork Function - Big Piston) menawarkan dua performa untuk penggunaan trek sirkuit dan kegunaan sehari-hari, sementara preload dan redaman (rebound dan kompresi) dipisahkan, memfasilitasi pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan rider. Bahkan pengaturan ini berlaku untuk monoshock belakang termasuk preload, rebound redaman, dan redaman kompresi.

Rangka belakang dua potong terbuat dari die-casting aluminium yang terdiri dari bagian depan dan belakang. Tata letak ini memungkinkan konstruksi yang sangat ringan, yang juga sangat sempit, memungkinkan bagian belakang sepeda menjadi sangat kompak dan ramping.

Nah, sebagai penyeimbang kontak ke sirkuit, dipakai ban Battlax Hypersport S22 Bridgestone, untuk berkontribusi pada handling yang lebih ringan, sembari menawarkan cengkeraman maksimal dalam kondisi kering dan basah, yang berarti kepercayaan diri buat sang rider bisa lebih besar.

Untuk penghenti laju, dipakai cakram besar 310 mm, kaliper monoblock mount radial dan master rem radial melengkapi paket rem depan. Sementara cakram belakang 220mm dan kaliper 2 piston memperlambat bagian belakang.

Posisi mengendarai Ninja 636 juga ideal untuk sehari-hari, menawarkan hubungan yang intuitif, dengan tangki, jok, dan ergonomi rangka belakang sehingga memberikan feedback yang bagus buat pengendara.

Tata letak instrumen berkualitas tinggi juga sekarang ditampilkan, dengan tachometer analog besar diapit oleh lampu peringatan di satu sisi, dan indikator posisi gigi, pengukur bahan bakar dan fungsi jangkauan yang tersisa, serta layar LCD multi-fungsi di sisi lainnya. [bil/timBX]

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-6R 636 

Harga: Rp 299 juta

Daya: 95,4kW [130PS] @ 13,500rpm

Torsi: 70.8Nm @ 11.000rpm

Berat: 196kg

Kapasitas bahan bakar: 17L

Mesin: 4-silinder, DOHC, 636cc

Gearbox: 6 kecepatan

Kopling: Basah multi-disc, selip dan bantu

Ban: 120/70 - 17, 180/55 - 17

Jarak sumbu roda: 1400mm

Tinggi tempat duduk: 830mm

Ground clearance: 130mm

Lebar keseluruhan: 710mm

Panjang Keseluruhan: 2025mm

Tags :

#
kawasaki,
#
ninja zx-6r,
#
636,
#
kawasaki motor indonesia