MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Honda Civic Hatchback - Back To The Future

JUL 27, 2017@16:28 WIB | 2,715 Views

Jika Anda diberi kesempatan untuk bernostalgia dengan masa-masa SMA pasti tak akan terlewatkan. Dan ini yang persis saya rasakan saat menjumpai All New Honda Civic Hatchback. Ini artinya setelah 20 tahun, Honda Prospect Motor (HPM) baru mendatangkan kembali model hatchback yang sempat ditinggalkan era Honda Estilo yang kondang di tahun 90an.

Honda masih sangat piawai dalam hal dandan dan kelakuan. Saya mulai menyukai All-New Civic Sedan sejak dia dirilis tahun lalu, namun dalam hati saya berharap HPM mendatangkan versi hatchback-nya. Yang pada akhirnya kerinduan saya terobati setelah menguji adiknya yang begitu menggoda. Desain All New Civic Hatchback kini sama sekali baru. Bisa dibilang lompatan jauh ketimbang yang dulu. Paling terasa pada lampu full LED yang dilengkapi LED Daytime Running pada bagian depan. Kesan sporty semakin dipertajam dengan desain lampu bomerang LED di belakang. Garis landai menguasai sudut-sudut bodi membuat All-New Civic Hatchback kelihatan sporti dan futuristik di kelasnya.

Sudut-sudut lancip memonopoli nyaris seluruh struktur interior. Di tengah bodi terdapat sebuah garis yang elok. Gril yang dilebur warna hitam terkesan berada dalam satu garis dengan lampu depan, terkesan minimalis namun fungsional dan mewah. Ditambah desain bumper depan yang dilengkapi lampu kabut di kedua sisi, membuat Honda seolah memindahkan wind tunnel ke sedan seharga Rp 438 juta ini.

Soal memanjakan pengemudi, jangan ditanya. Layout dasbor Civic yang futuristik dan mewah begitu menyenangkan. Civic Hatchback sekarang material joknya sudah dilapisi kulit. Berbagai teknologi canggih yang diterapkan untuk memudahkan pengemudi dan menambah kenyamanan di dalam kabin. Seperti kembali ke masa SMA, ketika 'getol' main video game. Di konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan layar 7 inci yang cukup disentuh untuk pengoperasiannya. Menariknya lagi, sistim ini dibekali OS Android berteknologi Wireless Mirror Linked untuk smartphone saya, serta dapat terkoneksi dengan WiFi.

Civic hatchback punya banyak kesamaan dengan sedan, namun selain pada bentuk bodi perbedaan juga terdapat pada sistem suspensi dan kaki-kaki. Meski, versi hatchback lebih berat 13 kg dari sedan, tapi dari performa keseluruhan lebih baik. All New Civic hatchback ini menjadi model ketiga Honda di Indonesia yang dilengkapi mesin turbo.

Tentu, bukan sesuatu yang mengejutkan, tapi dia menghasilkan angka-angka yang mumpuni. Angka 173 HP dari kapasitas yang hanya 1.500 cc bisa dibilang cukup mengagumkan. Di jalanan bebas hambatan, jelas Honda ini cukup gesit. Paksa dia dan torsi 220 Nm membuatnya melaju begitu cepat, bejek pedal gasnya saat keluar dari tikungan dan masih ada traksi dimana-mana. Ban besar dan perangkat rem serius yang siap melaksanakan tugasnya.

Hatchback ini pun bisa meladeni pengemudi dengan mode transmisi manual, melalui teknologi tuas paddle-shift. Utamanya, transmisi CVT ini terasa liar dan tak kalah dengan automatic umumnya, bertenaga dan memiliki akselerasi yang baik. Perpindahan antar-gigi dilakukan dengan sekali sentuhan saja. Transmisi pun dapat mengatur sendiri kecepatan sesuai dengan putaran mesin.

Tapi bila mood Anda sedang tak tergesa-gesa, ada baiknya menekan tombol ECON yang secara otomatis menyesuaikan sistem pengendaraan, termasuk perpindahan transmisi dan air conditioner, untuk efisiensi bensin. Masih ada hal fundamental yang patut diperhitungkan. Civic Hatchback terdepan ketika menyangkut soal handling. Saya tak perlu ragu menggeber kecepatan karena mobil ini dilengkapi Vehicle Stability Control, cengkraman ban pada permukaan jalan terasa besar pengaruhnya. Perangkat ini membuat menikung pada radius putar berapa pun menjadi lebih nyaman.

Lompatan jauh saya rasakan saat saya mengendarainya di perkotaan. Tak seperti rem tangan biasa, Civic Hatchback punya fitur Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake cukup dengan satu sentuhan jemari dan Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Satu catatan kecil, interior space mobil ini bukan untuk konsumen yang biasa duduk di belakang. Mobil ini untuk mereka yang suka mengemudikan sendiri kendaraannya. Tak heran merk Civic selalu dipilih bila menyangkut soal citra, karena dia punya kapabilitas untuk itu. Fitur-fiturnya canggih dan fungsional, dan sensasi berkendaranya pas, meski tidak memiliki nilai tertinggi, tapi tetap bernilai. So welcome to the future. [bil/timBX]

Spesifikasi All New Honda Civic Hatchback Turbo

Mesin: 4-silinder VTEC Turbo

Transmisi 5-speed CVT

Kapasitas: 1.498 cc

Tenaga: 173 hp pada 5.500 rpm

Torsi maksimum: 220 Nm dari 1.700 rpm

Akselerasi: 0-100 km/h dalam 7.1 detik

Kecepatan puncak: 210 kpj.

Harga: Rp 438 juta (tipe E)

Tags :

#
all new honda civic hatchback,
#
autoreviews,
#
autoreview,
#
blackauto,
#
all new honda civic,
#
honda,
#
honda civic,
#
hatchback