MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Chevrolet Colorado High Country 4x4 AT - A Pickup Like No Other

DEC 07, 2017@13:00 WIB | 6,431 Views

Selama ini, mungkin pickup atau double cabin identik dengan kendaraan angkut yang kumal. Namun kini hadir pickup necis yang nyaman, tangguh, tampan dan tentu saja bernilai. Dibuat oleh General Motors, mereka menyadari pickup dengan style lebih berorientasi pada penumpang lebih menarik perhatian konsumen, maka dimulailah proses riset dan pengembangan sesungguhnya.

Seperti juga di segmen MPV, General Motors Indonesia telah banyak menawarkan produk yang handal dan awet hingga memikat banyak pembeli di Tanah Air. Segmen double cabin (D-Cab) bagi produsen otomotif Indonesia adalah wilayah terakhir yang akan didominasi, setelah MPV segment merajai pasar domestik. Padahal di segmen light truck inilah, pabrikan mobil Amerika itu memusatkan konsentrasinya merebut lebih banyak pangsa pasar.

Makanya, General Motors Indonesia all-out mengejar ketinggalannya di segmen double cabin (D-Cab). Makanya para insinyur GM langsung memelototi kekuatan pickup lokal, mengadopsi dan memperkuat karakter itu yang kemudian diaplikasikan pada All New Chevrolet Colorado.

All New Chevrolet Colorado tampil matang, kokoh dan gempal, tercermin lewat sosok tubuhnya maupun mesinnya. Jauh berbeda dengan rivalnya yang tampil lembut, halus, dan feminin. Chevrolet Colorado benar-benar besar. Generasi ketiga Colorado ini tampil dengan redisain eksterior lebih segar, berikut perubahan berarti di bagian sasis. Tampangnya jadi lebih gagah, dinamis dan penuh kharisma. Tidak polos dan lugu seperti generasi pertama. Lebih kuat dan berotot, kesan yang memancar dari eksteriornya, mengalir dari grile ke power dome di kap mesin lalu ke bodi hingga kebelakang.

Grile dengan bow-tie memperbaiki aliran udara pendingin ke mesin. Lampu utama DRL dengan lensa projector menghasilkan distribusi cahaya yang baik. Rumah roda lebar mempertegas kesan berotot. All New Chevrolet Colorado menapak medan dengan roda all-terrain membungkus alloy wheel 18 inci.

Anda benar-benar merasa seperti raja di jalanan begitu Anda melihat pandangan yang tinggi di luar kaca depan mobil. Semua yang ada di jalan ada di bawah Anda, kecuali, tentu saja, truk dan bus. Roda kemudi, terasa enak dipegang dan memiliki pegangan yang baik.

Dari segi fitur, karena varian yang saya pakai varian tertinggi High Country, All New Colorado hadir dengan fitur-fitur seperti 8” MyLink Infotainment System with Screen Mirroring, Cruise Control, Electrochromic Mirror, Steering Wheel Mounted Controls, 6-way Driver Power Seat, serta climate control semakin memanjakan setiap petualangan Anda. Secara keseluruhan, Anda mendapatkan seperangkat fitur yang terdepan di kelas pickup.

Apalagi petualangan sudah tersaji sebelum kami memasuki kabin All New Chevrolet Colorado. Dia mengadopsi fitur Remote Engine Start. Jadi kunci elektronik Colorado ini memiliki berbagai fitur praktis yang dapat menghemat waktu dan memudahkan setiap perjalanan Anda. Saya bisa menyalakan mesin Colorado bahkan sebelum menapakkan kaki keluar dari pintu rumah. Menggunakan tombol kunci elektronik, mesin Colorado bisa saya hidupkan dari jarak 20 meter dan mesin akan mati secara otomatis jika saya tidak masuk ke dalam kabin dalam jangka waktu 10 menit.

Dengan mesin yang bertenaga, akselerasi terasa halus dan mulus meskipun sosoknya yang besar terasa ketika menikung atau berhenti mendadak. Saat mengujinya dari Ibukota menuju trek Depes Off-road di sebelah barat Sentul, terasa lembut dan nyaman dan sistem kemudinya dirancang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

All New Colorado menggunakan mesin Duramax 16 valve yang bertenaga paling raksasa diantara semua D-cab yang ada di Tanah Air, memproduksi 200 PS. Dengan 90 persen dari torsi (maksimal 500 Nm) bisa diperoleh mulai dari putaran 2000 rpm. Colorado menjanjikan akselerasi yang memukau penggemar D-cab

All New Chevrolet Colorado digerakkan mesin turbo diesel common rail 4 silinder berkapasitas 2.800 cc. Colorado bukan car-like pickup tapi benar-benar pickup bersasis baja. Dengan towing capacity lebih dari 3 ton dan ground clearance tertinggi dikelasnya, Colorado jadi alternatif bagi penyuka pickup di Indonesia. Lebih-lebih penggunaan sistem transmisi 6-speed Hydramatic yang dirancang mudah dipindahkan untuk menghadirkan sensasi car-like response. Saat kami uji, All New Colorado memberikan sensasi respon kick down tergesit dan perpindahan gigi paling halus di kelasnya.

Seperti namanya, semua yang berhubungan dengan Colorado berukuran besar dan kekar. Sasis ladder frame (kerangka) mempunyai cross section besar dengan fully boxed side member - yang tidak dimiliki rival-rivalnya - lebih kaku dan kuat serta ikut berperan memperbaiki kualitas pengendaraan. Colorado juga menggunakan per daun untuk menghasilkan kontrol clearance lebih baik di medan off-road. Ketika diajak menanjak, Colorado memiliki sudut toe-in dan toe-out yang dirancang khusus untuk mendaki tebing terjal.

Belum lagi sistem kemudi dioptimalkan agar mudah dikontrol saat kecepatan rendah dan lebih keras di kecepatan tinggi untuk mengurangi resiko over/under steer. Terbukti, D-Cab ini juga tangguh saat diuji ajak menembus medan bergelombang trek Depes off-road, goyang bodi terkontrol dan tahan goncangan, sesuatu yang tidak bisa dijanjikan pickup lain. Sistem kemudi rack-and-pinion yang dibungkus karet, cukup presisi untuk ukuran pickup truck.

Sebagai pickup, kapasitas volume kargonya ditingkatkan hingga bisa membawa 2 ton beban. Proses bongkar muat juga dibuat lebih mudah. Colorado adalah pickup pertama dikelasnya yang memasang side airbag di kursi depan sebagai standar. Airbag pengemudi dan penumpang depan juga standar. Airbag itu melengkapi seatbelt dengan pre-tensioner untuk melindungi penumpang dari benturan. Konstruksi body kokoh di disain untuk mengelola energi benturan sehingga bisa dilempar menjauh kabin penumpang.

Colorado dilengkapi dengan kemampuan shift-on-the-fly pada varian part-time 4WD (memindahkan dari 2WD high, 4WD high dan 4WD low). Proses itu bisa saya lakukan secara eletronik sembari melaju. Dengan sistem electronic torque-transfer yang bekerja dengan traksi kontrol yang diaktifkan sistem rem untuk menghasilkan cengkraman maksimal di jalur off-road milik Depes yang dilewati. Colorado juga menggunakan sistem suspensi depan double wishbone yang khas. Walau sistem suspensi belakang serupa pickup premium lain, namun milik Colorado lebih nyaman digunakan sehari-hari.

Wheelbase Colorado panjangnya 3,096 mm dan panjang total 5,347 mm dengan berat 3,100 kg. Dengan segala kelebihannya itu Colorado akan memburu rival-rivalnya di Indonesia hingga titik terakhir. Pada akhirnya dengan berbagai kelebihan yang diadopsi, All New Chevrolet Colorado punya kans besar untuk memikat konsumen.

Spesifikasi All New Chevrolet 2.8 High Country Double Cabin 4x4 AT

Dimensi PxLxT: 5,408 x 1,874 x 1,797 mm (1,853 w/ roof rail)

Mesin: 2.8L DOHC, 4 Cylinder, Variable Geometry Turbocharger (VGT) with Intercooler

Daya Maks: 200 PS @ 3.600 rpm

Torsi Maks: 500 Nm @ 2.000 rpm

Suspensi: Heavy duty independent with jointed arms, coil springs and stabilizer & Heavy duty semi-eliptic 2 stages leaf springs (depan & belakang)

Kapasitas tangki: 76 liter

Ukuran Ban: 265/60R18

Jarak Pijak ke Tanah: 221 mm

Berat kosong: 3.085 kg

Harga: Rp 523 juta

Tags :

#
all new chevrolet colorado high country 4x4 at,
#
all new chevrolet colorado,
#
autoreviews