MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha Luncurkan Motor Listrik Baru Bertenaga 350 kW (469 Hp)

APR 13, 2021@10:00 WIB | 392 Views

Yamaha telah mengumumkan masuk ke segmen motor EV 350 kW. Pabrikan Jepang mengatakan motor listrik kompaknya ditujukan untuk digunakan dalam "model hyper-EV". Motor ini penting karena artinya Yamaha mampu memproduksi komponen EV yang mengimbangi EV terbaik saat ini. Motor sekelas 350 kW (sama dengan 469-hp) dapat bekerja pada tegangan operasi 800V, seperti Porsche Taycan dan lainnya. Yamaha menggembar-gemborkan ukuran kompak motor listriknya sebagai salah satu keunggulan utamanya. Memang, desainnya menggabungkan komponen kelistrikan dan mekanik untuk menghemat ruang. Artinya, misalnya gear dan inverter sudah terintegrasi menjadi satu kesatuan.

Pabrikan sudah menerima komisi untuk pengembangan motor listrik sejak 2020, meski kurang bertenaga (35-200 kW), dan sepertinya berniat menjual motor dan komponen ini ke pabrikan lain yang tertarik membuat EV. Meskipun Yamaha lebih dikenal dengan sepeda motornya, Yamaha telah lama membantu merancang komponen untuk mobil dan kendaraan lain.

Perusahaan Jepang tersebut mengatakan bahwa mereka memiliki banyak pengalaman membuat prototipe berdasarkan komisi dan mereka dapat membangunnya sesuai spesifikasi pelanggan dalam waktu singkat. Perlombaan untuk menjadi listrik mendorong banyak pembuat mobil besar untuk berinvestasi besar-besaran dalam mobilitas listrik. Akselerasi produksi EV terjadi dengan sangat cepat sehingga beberapa orang pasti akan kesulitan untuk mengikutinya, yang mungkin menjadi tujuan utama Yamaha, membantu memasok perusahaan kecil dengan komponen EV yang kredibel.

Namun, ini bukan yang pertama menjual komponen ke produsen mobil lain. Volkswagen telah menandatangani kesepakatan untuk menjual platform listrik MEB ke Ford, sementara Audi dan Porsche mengatakan mereka akan terbuka untuk melisensikan arsitektur APD mereka ke produsen mobil lain. Seperti halnya gearbox dan suku cadang lainnya, tentu akan lebih murah bagi beberapa produsen mobil untuk membeli motor daripada memproduksi sendiri. Dan mengingat ukuran motor listrik yang kecil, mendesain mobil di sekitarnya seharusnya tidak terlalu menantang. [ibd/timBX]

Tags :

#
motor listrik baru,
#
motor listrik yamaha,
#
model hyper-ev

RELATED ARTICLE