MENU
icon label
image label
blacklogo

Xiaomi Memutuskan Bangun Saingan Apple Car dalam 75 Hari

APR 12, 2021@18:00 WIB | 308 Views

Perusahaan Raksasa teknologi Xiaomi tidak main-main dengan renca besarnya melakukan ekspansi ke industri otomotif. Pasalnya, perusahaan telah mengonfirmasi bahwa untuk mewujudkan rencana tersebut telah mengeluarkan investasi sebesar $ 10 miliar (setara Rp 145 triliun). Adapun target mobil Xiaomi pertama yang akan dibangun ialah SUV atau sedan.

Tidak tanggung-tanggung, seperti yang disampaikan Founder cum CEO perusahaan Lei Jun bahwa keputusan untuk membangun EV akan dibuat hanya dalam waktu tidak kurang dari 75 hari. Bahkan itu sudah termasuk waktu penelitian yang diperlukan untuk menentukan apakah EV di bawah merek Xiaomi akan masuk akal atau tidak.

Kendati demikian, hal itu tidak berarti mobil Xiaomi akan hadir dalam waktu dekat. Sejumlah pihak yang memahami persoalan semacam ini percaya bahwa Xiaomi EV baru bisa debut dalam dua atau tiga tahun ke depan. Artinya, ada kemungkinan mobil Xiaomi pada akhirnya akan memasuki pasar otomotif paling cepat tahun 2023 atau 2024.

Pada tingkat tertentu, pengaturan waktunya masuk akal. Di mana Xiaomi ingin EV-nya menjadi saingan Apple Car, proyek ambisius lainnya yang dimulai oleh perusahaan teknologi dan disebut-sebut sedang dalam tahap penerjaan.

Apple sendiri dilaporkan telah menjadwalkan peluncuran Apple Car, yang secara internal disebut sebagai Project Titan, untuk tahun 2024 atau 2025, jadi secara teori, Xiaomi akan meluncurkan modelnya sendiri pada waktu yang hampir bersamaan.

Akan tetapi, perusahaan China tersebut kemungkinan besar ingin mengungkap mobil itu sebelum Apple, mungkin dalam upaya untuk mendapatkan waktu eksklusif di pasar dan eksposur tambahan.

Baca: Terkonfirmasi! Xiaomi Resmi Siap Produksi Mobil Listrik

Menurut Lei, harga termurah yang bisa didapatkan mobil Xiaomi adalah $ 15.000 (setara Rp 219,2 juga), meskipun dia menekankan itu akan menjadi kendaraan mewah. Dengan kata lain, kemungkinan akan menjadi jauh lebih mahal dari ini, terutama karena Xiaomi ingin memasang teknologi generasi terbaru di atasnya.

Lei juga menjelaskan bawa mobil tersebut akan dikembangkan menggunakan pengetahuan perusahaan di pasar seperti rumah pintar dan pembersih udara. Jadi ada kemungkinan mobil Xiaomi akan hadir dengan beberapa inovasi dalam hal ini untuk melawan polusi dan menjamin kabin yang bersih. [asl/timBX]

Tags :

#
mobil listrik xiaomi,
#
apple car,
#
mobil saingan apple car