MENU
icon label
image label
blacklogo

Volvo EM90 Resmi Meluncur, Minivan Listrik RWD dengan Kabin Kelas Satu

NOV 14, 2023@12:13 WIB | 259 Views

Minivan listrik pertama Volvo, EM90, akhirnya resmi diungkap secara penuh. EM90 berbagi platform dan powertrain dengan Zeekr 009, mobil listrik garapan Geely.

Volvo mengganti tampilan Zeekr 009 dengan desain yang lebih halus, kalem dan berfokus pada keselamatan.

EM90 memiliki kemiripan yang besar dengan sepupu Zeekr tetapi menampilkan detail yang lebih halus. Lampu depan "palu Thor" yang biasa dipakai Volvo ditempatkan tinggi dan lebar, menghadap ke muka datar besar yang dihiasi hiasan LED dan logo Volvo yang menyala. 

Bagian belakang dilengkapi lampu belakang yang berorientasi vertikal dan bilah lampu lebar penuh yang dilengkapi skrip Volvo yang menyala, dan EM90 menggunakan roda berukuran 19 atau 20 inci.

Highlight utama dari EM90 adalah tentang kabin enam kursi mewah seperti lounge. Kursi kapten belakang terlihat sangat mewah dan dilengkapi meja lipat, serta desain keseluruhannya ringan dan lapang. Dasbor, pintu, dan sandaran kursi depan dilapisi panel kayu birch dengan desain lampu latar yang rumit, dan pemindah gigi terbuat dari kristal Orrefors.

Layar hiburan 15,6 inci menggantung di langit-langit, mendukung berbagai aplikasi pihak ketiga dan dilengkapi kamera untuk panggilan video, sementara sistem suara Bowers & Wilkins 21-speaker menangani tugas audio. 

Sementara itu, pengemudi mendapatkan layar infotainment berukuran 15,4 inci dan layar kecil di belakang kemudi, sedangkan penumpang kursi belakang menggunakan layar di pintu untuk mengontrol fungsi tertentu.

EM90 menggunakan satu motor listrik yang dipasang di belakang dan menghasilkan 268 tenaga kuda. Ini akan membuat minivan berpenggerak roda belakang melaju hingga 62 mph dalam waktu yang diklaim 8,3 detik, dibandingkan dasbor Zeekr yang 4,5 detik.

Volvo mengemas baterai 116,0 kWh yang juga ditemukan di Zeekr, meskipun 009 dapat ditingkatkan ke unit 140,0 kWh. Volvo mengklaim jangkauan 459 mil pada siklus pengujian di China, peningkatan dari peringkat Zeekr yang mencapai 436 mil. 

Volvo mengklaim EM90 dapat diisi ulang dari 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari setengah jam dan baterainya dapat digunakan untuk memberikan daya pada mobil lain dan aksesori elektronik.

Meskipun EM90 berbagi platform dengan Zeekr 009, Volvo tetap bertujuan untuk menerapkan pola pikir yang mengutamakan keselamatan. Volvo mengatakan struktur kuat yang terbuat dari baja dan aluminium melindungi baterai dan penumpang, sementara serangkaian sensor radar dan ultrasonik serta kamera memungkinkan adanya fitur bantuan pengemudi yang canggih. [wic/timBX].

Tags :

#
volvo em90,
#
volvo minivan,
#
geely volvoem90