MENU
icon label
image label
blacklogo

Volvo dan Uber Kembangkan Mobil Otonom

NOV 22, 2017@09:00 WIB | 321 Views

Volvo Cars, pabrikan mobil premium asal Swedia, telah menandatangani kesepakatan kerja dengan Uber, provider taksi online, untuk menjual puluhan ribu kendaraan yang dapat dioperasikan secara otonom mulai tahun 2019 dan 2021.

Basis kendaraan yang dikembangkan dari Volvo secara modular sepenuhnya, in-house-dikembangkan Scalable Product Architecture (SPA). SPA adalah salah satu arsitektur teknologi mobil paling maju di dunia dan saat ini digunakan pada mobil seri 90 Volvo Cars dan juga SUV mid-size XC60 yang baru.

Perjanjian non-eksklusif ini akan semakin meningkatkan kemitraan strategis antara Volvo Cars dan Uber yang sudah dilakoni pada bulan Agustus 2016 lalu, dan juga menandai sebuah babak baru dalam konvergensi pabrikan mobil Volvo dan perusahaan teknologi yang berbasis Silicon Valley tersebut.

"Industri otomotif terintervensi oleh teknologi, dan Volvo Cars memilih menjadi bagian aktif dari intervensi itu," kata Håkan Samuelsson, Presiden dan Chief Executive Volvo Cars. "Tujuan kami adalah menjadi pemasok pilihan untuk penyedia layanan ride-sharing AD secara global. Perjanjian yang kami sepakati dengan Uber adalah contoh utama dari arah strategis itu. "

Insinyur Volvo Cars telah bekerja sama erat dengan para insinyur dari Uber untuk mengembangkan SUV premium XC90 yang akan dipasok ke Uber. Jadi kendaraan dasar yang menggabungkan semua teknologi pengaman, redundansi dan teknologi penggerak otonom yang diperlukan bagi Uber untuk mempertegas teknologi mereka sendiri.

"Kami senang bisa memperluas kemitraan kami dengan Volvo," kata Jeff Miller, Kepala Auto Alliances, Uber. "Kesepakatan baru ini menempatkan kita pada jalan menuju kendaraan self-driving (otonom) yang akan diproduksi secara massal."

Pada saat yang sama menyediakan Uber dengan mobil yang kompatibel dengan AD, Volvo akan menggunakan kendaraan basis yang sama dalam pengembangan strategi mobil otonom independennya sendiri, yang rencananya akan berujung pada peluncuran mobil otonom pertamanya pada tahun 2021 nanti. [bil/timBX]

Tags :

#
mobil otonom,
#
blackauto,
#
uber,
#
volvo,
#
autonews