MENU
icon label
image label
blacklogo

Volvo Bertenaga Diesel Akan Dihilangkan Mulai Awal 2024

SEP 20, 2023@10:52 WIB | 250 Views

Volvo menegaskan langkahnya di kendaraan elektrifikasi dengan membuat pernyataan resmi akan menghentikan seluruh produksi kendaraan dieselnya lebih cepat dari yang ditargetkan.

Dalam acara Climate Week NYC, Volvo menyebut awal tahun 2024 adalah waktu yang tepat untuk shifting bisnis. Pilihan tersebut diakui pabrikan karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal antara lain seperti demand yang tinggi untuk kendaraan listrik serta krisis iklim yang semakin parah.

Tren elektrifikasi memang secara revolusioner berhasil mendisrupsi bisnis kendaraan berbahan bakar minyak. Bayangkan, tahun 1999, Volvo tercatat menjual seluruh mobilnya di Eropa dengan powertrain diesel. Namun di 2022, table has turn, mobil listrik sekarang menjadi primadona dan merk-merk 'dipaksa' untuk beralih kesana.

FYI, saat ini, sebagian besar kendaraan Volvo sepenuhnya menggunakan listrik atau dilengkapi dengan powertrain hibrida listrik plug-in. Selain menghilangkan mobil bertenaga diesel, Volvo berencana untuk sepenuhnya menggunakan listrik pada tahun 2030 dan bertujuan untuk menjadi netral iklim pada tahun 2040.

Target tersebut mengikuti keputusan yang dibuat produsen mobil tersebut pada bulan November lalu ketika menjual sahamnya di Aurobay, sebuah perusahaan patungan yang berisi seluruh aset mesin pembakarannya. Alhasil, Volvo tidak lagi mengeluarkan uang untuk pengembangan mesin bensin atau diesel. 

Berbicara pada Climate Week di New York City, Jim Rowan, CEO Volvo Cars, menyatakan bahwa perusahaannya sepenuhnya fokus pada penciptaan jajaran mobil premium dan sepenuhnya listrik. “Powertrain listrik adalah masa depan kita dan lebih unggul dari mesin pembakaran. Mereka menghasilkan lebih sedikit kebisingan, lebih sedikit getaran, lebih sedikit biaya servis bagi pelanggan kami, dan nol emisi knalpot,” katanya. 

Sementara itu, Volvo bergerak maju dengan meluncurkan kendaraan listrik secara lengkap. Awal tahun ini, mereka meluncurkan  EX30 , EV termurah perusahaan, dengan harga mulai dari $34.950. EX90 memulai debutnya di CES pada bulan Januari, yang mulai dikirimkan pada awal tahun 2024. 

Pada akhirnya, pembuat mobil berencana untuk meluncurkan minimal enam EV pada tahun 2026 , termasuk versi listrik XC60 dan minivan EM90 baru . [wic/timBX].

Tags :

#
volvo,
#
volvo diesel,
#
volvo ev