MENU
icon label
image label
blacklogo

Volkswagen Kenalkan Kendaraan Otonom Tanpa Pedal Gas dan Setir

MAR 07, 2017@15:00 WIB | 242 Views

Volkswagen (VW) memanfaatkan ajang Geneva Motor Show yang digelar di Swiss dengan meluncurkan kendaraan konsep masa depan berteknologi otonom yakni VW Sedric.

Mobil konsep ini mengaplikasikan teknologi full otonom sehingga penumpang tidak lagi direpotkan untuk mengendalikan kendaraan layaknya kendaraan konvesional. Seperti diberitakan Motor1, Sedric atau akronim dari ‘Self Driving Car’ dilengkapi dengan lima pemindai laser, tujuh kamera,  serta beberapa sensor untuk mendukung kerja teknologi otonom.

Untuk mengoperasikan mobil otonom Level 5 ini sangat mudah. VW menggunakan kunci khusus yang diberikan OneButton. Cukup menekan satu tombol selanjutnya penumpang tinggal memberikan perintah pada sistem kendaraan.

Menariknya, lokasi tujuan cukup disampaikan secara lisan, termasuk jika ingin berhenti di jalan untuk  beristirahat. Jika ingin menentukan rute sendiri, penumpang juga bisa menyampaikannya secara lisan. Selain itu Sedric akan memberikan informasi mengenai waktu yang akan ditempuh secara real time.

Selain mobil full otonom, jangan heran jika tidak ada perangkat setir serta pedal gas dan rem. Semua kendali diambil ahli oleh computer. Mobil ini bisa menampung empat orang dengan konfigurasi posisi duduk saling berhadapan seperti diruang tamu. Dengan begitu penumpang bisa saling berinteraksi.

Selain itu pintu menggunakan sliding sehingga memberikan keluasaan bagi penumpang untuk masuk ke dalam dan ke luar.

Pabrikan mobil asal Jerman itu mengatakan mobil ini masih tahap penyempurnaan dan diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2025 mendatang. Namun fitur yang digunakan pada mobil konsep ini akan digunakan terlebih dahulu di berbagai model baru VW.

VW Sedric ini dibangun di pabrik Volkswagen Group Future Center di Potsdam yang sudah melakukan kerjasama dengan Volkswagen Group Research di Wolfsbur.[ddy/timBX]

Tags :

#
volkswagen,
#
otonom,
#
blackauto,
#
vw sedric,
#
vw