MENU
icon label
image label
blacklogo

Maverick Vinales Rebut Podium Pertama dari Marquez

JUL 01, 2019@20:00 WIB | 810 Views

Suzuki Ecstar terlempar dari perburuan juara di sirkuit Assen. Meski secara total balap MotoGP yang ke-8 ini, Alex Rins masih menduduki podium 4 besar dibelakang Danillo Petrucci  yang menempel ketat rekan setimnya, Andrea Dovizioso. Padahal Alex Rins dan Joan Mir melakukan start di posisi 3 dan 5 dan saat bendera start di mulai, Alex dan Joan Mir memimpin pertandingan untuk 26 laps. 

Cukup menggembirakan saat duo Suzuki memimpin lomba, namun tak lama ketika memasuki tikungan ke-9, Alex Rins terjatuh dan keluar dari lomba. Meski tidak terluka, harapan besar podium baginya musnah begitu saja. Tak lama kemudian, Joan Mirr mulai disalip oleh Marquez, Quartararo, dan Vinales. Ketiga pembalap tersebut saling menempel untuk membuka celah kelemahan lawannya.

Manajer Teknis Suzuki Ecstar Ken Kawauchi cukup kecewa. Pasalnya Assen cukup cocok dengan karakter mesin Suzuki GSX-RR. “Kami mendambakan balapan yang cukup kuat, namun cukup sulit ketika Alex Rins terjatuh. Kami masih menyelidiki penyebab dirinya jatuh. Dan pembalap Joan Mir berjuang sendirian hingga finish di posisi 8. Tanpa nilai maksimal, kami akan mempersiapkan balap Sachsenring dengan pertunjukan yang lebih baik tentunya,” terang Kawauchi dilaman Suzuki-racing.com.

Sembilan lap tersisa, cukup menegangkan karena Vinales dan Marquez memberikan pertunjukan entertainmen yang cukup berkualitas. Keduanya saling berebut menjadi pimpinan lomba. Di rombongan 6 besar Joan Mir bertarung dengan dua pembalap ducati  Dovizioso dan Petrucci yamg berada di posisi keempat.

Joan Mir akhirmya mampu menyalip Petrucci dan mengambil posisi terhormat di posisi keempat.  Joan Mir  menjaga asa untuk tetap di lima besar, setelah pembalap seniornya Alex Rins terjatuh saat balapan baru berlangsung 1 lap ditikungan ke-9. 

Di row kedua, Dovi membali menyalip rekan setimnya Petrucci untuk bertarung dengan Joan Mir.

Di row terdepan, Vinales semakin menjauh dari Marquez dengan catatan fastest lap 1 menit 33 detik. Dirinya juga membalap sendiri untuk bertarung dengan pimpinan klasemen Marquez, setelah keluarnya Rossi dari balapan akibat tabrakan dengan Nakagami.


Aksi heroik Joan Mir akhirnya ditaklukkan oleh dua pembalap ducati, Dovi dan Petrucci.  Dibelakang ketiga lembalap tersebut merapat pembalap satelit Yamaha Morbidelli. Karena kehilangan raceline posisi Mir dan melebar, Cal Cruthlow berhasil menyalip Mir. 

Hingga final lap tidak banyak perunahan posisi, Vinales berhasil naik podium perdana, diikuti dengan Marc Marquez, dan Fabio Quartararo yang berhasil finish di posisi ketiga sekaligus menjadi podium keduanya.[Ahs/timBX]

GP of the Netherlands - Race Classification: 

1. Maverick VIÑALES Monster Energy Yamaha MotoGP 40'55.415 
2. Marc MARQUEZ Repsol Honda Team +4.854 
3. Fabio QUARTARARO Petronas Yamaha SRT +9.738 
4. Andrea DOVIZIOSO Ducati Team +14.147 
5. Franco MORBIDELLI Petronas Yamaha SRT +14.467 
6. Danilo PETRUCCI Ducati Team +14.794 
7. Cal CRUTCHLOW LCR Honda CASTROL +18.361 
8. Joan MIR Team SUZUKI ECSTAR +24.268 
9. Jack MILLER Pramac Racing +26.496 
10. Andrea IANNONE Aprilia Racing Team Gresini +26.997 
11. Pol ESPARGARO SPA Red Bull KTM Factory Racing +28.732 
12. Aleix ESPARGARO Aprilia Racing Team Gresini +34.095 
13. Miguel OLIVEIRA Red Bull KTM Tech 3 +34.181 
14. Francesco BAGNAIA Pramac Racing +34.249 
15. Hafizh SYAHRIN Red Bull KTM Tech 3 +34.494 
16. Tito RABAT Reale Avintia Racing +48.357 
17. Karel ABRAHAM Reale Avintia Racing 1 Lap 

Tags :

#
motogp assen,
#
seri ke-8 motogp 2019,
#
maverick vinales,
#
alex rins,
#
marquez,
#
dovizioso,
#
tim suzuki ecstar