MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Berambisi Bangkit di Nurburgring

JUN 21, 2017@12:00 WIB | 287 Views

TOYOTA GAZOO Racing mengalami moment yang menyakitkan di ajang balap Le Mans 24 Hours dimana dua mobil HYBRID TS050-nya tidak mencapai finish sementara mobil yang tersisa hanya bertengger di posisi kesembilan.

Harapannya adalah TOYOTA bakal meraih kemenangan yang pertama di Le Mans ketika Mike Conway yang mengemudikan mobil TS050 HYBRID #7 meraih pole position, Kamui Kobayashi dan Stéphane Sarrazin memimpin di awal 10 jam balapan namun retired pada pukul 1.15 setelah mengalami masalah kopling.

Pembalap nomor 8 yakni Sébastien Buemi, Anthony Davidson dan Kazuki Nakajima juga telah optimis meraih kemenangan tersebut selama hampir delapan jam membalap sampai sebuah masalah di motor depan memakan waktu hampir dua jam di pit. Dia bergabung kembali dan finis kesembilan, meskimencatat lap tercepat di akhir balapan.

Ini merupakan akhir yang sangat mengecewakan bagi sebuah balapan yang timnya telah memulai dengan harapan kuat akan kemenangan TOYOTA pertama di Le Mans sejak 19 kali penampilan yang memulai debutnya pada tahun 1985.

Di Hari Kamisnya, Kamui Kobayashi mencatatkanwaktu tercepat di Circuit de la Sarthe, mengalahkan rekor kecepatan rata-rata yang telah bertahan selama 32 tahun. Tim juga telah masuk dalam perlombaan sebagai pembalap dan pimpinan klasemen Kejuaraan Dunia menyusul kemenangan dalam dua balapan WEC pertama di musim ini.

Tapi di Le Mans, yang merupakan balapan poin ganda, telah membuat raihan poin yang sia-sia. Porsche telah memimpin 36,5 poin di klasemen pabrikan, sementara pembalap #8, satu-satunya dari tim TOYOTA dengan posisi tertinggi, telah turun ke posisi kedua, 21 poin di belakang pembalap Porsche #2.

Peraturan balap Le Mans menjelaskan mobil yang retired dikembalikan ke tim setelah balapan, jadi perbaikan dimulai segera untuk memahami kerusakan yang diderita oleh mobil #7 dan #9, sementara analisis sudah diterapkan pada mobil #8. Tim akan regroup dan kembali ke balapan WEC lebih ambisius daripada sebelumnya, ketika seri dilangsungkan di 6 Hours of Nürburgring pada tanggal 16 Juli nanti. [bil/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
le mans,
#
blackauto