MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Bakal Perkenalkan Supra Versi Balap Seperti Era 90-an di SEMA

OCT 23, 2019@09:00 WIB | 2,084 Views


Baru genap satu  tahun peluncuran Toyota Supra,  kali ini bakal ada tindak lanjut untuk memperkenalkan Supra dengan mesin balap.  Kemunculannya di SEMA Show,  bakal menjadi bintang bagi penggemar otomotif  dan tuner terbaik di Amerika serta penggiat aftermarket.  Model ini telah beredar dikalangan tuner, dan itu menempatkan generasi ke lima yang diperkenalkan lebih dulu di tahun 2019. Di SEMA  Supra bergenetika balap ini bakal diperkenalkan sebagai concept Supra 3000GT. 



Anda benar jika nama yang disematkan mengingatkan sosok Mitsubishi  3000GT,  tapi nama yang sama telah diberikan sebagai generasi terbatas yang diperkenalkan tahun 1994 sebagai generasi keempat.  Teaser diatas dipublikasikan oleh akun TRD, yang mensugesti reinkarnasi Supra bergenre balap.  Sedangkan secara outline, telah diwakili dengan beredarnya modifikasi Supra dengan Massive Rear Wing sebagai icon Supra versi balap.  

Salah satu keyakinan dari pengamat otomotif,  bahwa Supra 3000GT  bakal menggunakan bodykit baru, dengan side skirt yang tajam dan bumper depan lebih besar. Dan harapan terbesar adalah adanya ventilasi besar di kap mesin seperti era 1990-an,  namun harapan itu sepertinya tidak terjadi. 

Lantas bagaimana dengan spesifikasi mesinnya?  Meski dalam teaser tidak dirinci spesifikasi mesinnya,  supra regular saja mengemas mesin 3.0 liter, 6 silinder segaris,  turbocharger menghasilkan tenaga 335 hp dan torsi 365 poundfeet.  Kami sadar bila potensi hiden power belum diolah maksimal, dan bila itu terjadi tenaga bisa naik hingga 382 hp dan torsi meningkat hingga 369 poundfeet  seperti yang diterapkan pada BMW Z4. Disitu dimungkinkan tenaga tidak dibatasi seperti versi regularnya. 

Diluar ekspektasi ini semua, Toyota  tidak memberikan kepastian bagaimana masa depan Supra 3000GT Concept. Salah satu yang mungkin adalah kesamaan nama,  dan maksud terbesar Toyota adalah ingin menyampaikan ke publik,  bahwa perusahaan cukup mampu membuat versi GT.  Hal itu diwujudkan dengan kemampuan TRD dalam mengembangkan platform Supra dalam versi lain. 

Kesimpulannya bila ekspektasi itu sesuai, Toyota  sendiri akan menjual part aftermarket ke pasar, sehingga konsep 3000GT semakin jelas arahnya,  dan pecinta JDM cukup besar antusiasnya di negeri tersebut,  termasuk produksi part performance.[Ahs/timBX]

Tags :

#
supra,
#
toyota supra,
#
supra race car,
#
supra 3000gt,
#
sema 2019