MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Surprise! Hasil MotoGP Ceko 2020 Diluar Dugaan

AUG 09, 2020@21:00 WIB | 361 Views

Pembalap tim Red Bull KTM asal Afrika Selatan, Brad Binder, secara mengejutkan menempati podium pertama di MotoGP Ceko yang berlangsung malam ini (9/8/2020).

Dia sukses mengungguli Mordibelli (pembalap tim Petronas Yamaha SRT) yang finish sebagai runner-up,  dan untuk Binder, podium utama ini merupakan yang pertama selama membalap di kelas MotoGP.

Kemudian kejutan lain juga terjadi dalam perebutan posisi ketiga, dimana Johann Zarco (pembalap Reale Avintia) sukses melengkapi podium tiga besar di sirkuit Brno tahun ini,  meskipun sebenarnya dia start sebagai pole position.

Di lap awal, pembalap asal Prancis itu disalip Fabio Quartararo dan Franco Mordibelli, yanh keduanya merupakan pembalap tim Petronas Yamaha SRT.

Untuk melengkapi posisi lima besar, Alex Rins (pembalap tim Suzuki Ecstar) dan Valentino Rossi (pembalap tim pabrikan Yamaha) finish di posisi 4 dan 5 masing-masing.

Rins sendiri langsung tancap gas sejak start di urutan ke-11, dan berhasil menjaga konsistensi kecepatan motornya.

Hal yang sama juga dilakukan The Doctor, pembalap veteran itu start dari posisi 10 namun berhasil melesat hingga 5 besar, menunjukkan bahwa kebebasan yang diberikan Yamaha untuk mengubah settingan motornya adalah keputusan tepat.

Ketika start balapan, Quartararo sukses mnyalip Zarco, tetapi dia justru disalip oleh Mordibelli pada tikungan pertama. Dengan situasi tersebut, Quartararo turun ke posisi 3, sedangkan posisi pertama direbut Binder (start dari posisi ke-7).

Saat persaingan di lini depan semakin ketat, Rossi yang start dari posisi 10 memacu motornya dengan kecepatan luar biasa hingga menembus posisi 8 sekaligus menyalip Maverick Vinales.

Di sisi lain, Dovizioso yang musim ini tampak kehilangan tajinya, berhasil melesat ke posisi 11, meskipun start dari posisi 18.

Kembali ke perebutan podium, Mordibelli sukses mempertahankan posisi pertama dimana balapan tersisa 15 lap.  Sedangkan Quartararo dan Binder secara bergantian menempati posisi kedua dan tiga, sampai akhirnya Pol Espargaro memberi kejutan ketika menyalip Quartararo.

Akam tetapi aksi berani dari Espargaro ternyata berbuah pahit, karena gagal mengendalikan motornya sampai melebar dan akhirnya terjatuh,  hasil yang membuatnya gagal menyelesaikan balapan.

Di sisi Quartararo sendiri, dia mengalami kesulitan saat terpaku di posisi 4, situasi yang berhasil dimanfaatkan Rins, Rossi dan juga Oliveira. Hal itu juga membuatnya harus puas finish ditempat ke-7.

Sedangkan untuk podium utama, Brad Binder sukses mempertahankan tempatnya sampai garis finish.

Perlu diingat bahwa pembalap Afrika Selatan itu berstatus rookie pada musim ini, yang tentu saja menjadi kejutan sekaligus pencapaian luar biasa bagi pembalap yanh belum berpengalaman di kelas MotoGP. [dhe/asl/timBX]

Hasil balapan MotoGP Ceko 2020:

1. Brad Binder (Red Bull KTM Factory)

2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)

3. Johann Zarco (Reale Avintia Ducati)

4. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

5. Valentino Rossi (Monster Yamaha)

6. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3)

7. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)

8. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

9. Jack Miller (Pramac Ducati)

10. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini)

11. Andrea Dovizioso (Ducati Team)

12. Danilo Petrucci (Ducati Team)

13. Cal Crutchlow (LCR Honda)

14. Maverick Viñales (Monster Yamaha)

15. Alex Marquez (Repsol Honda)

16. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati)

17. Bradley Smith (Factory Aprilia Gresini)

18. Stefan Bradl (LCR Honda)

Tags :

#
hasil motogp ceko 2020,
#
pembalap red bull ktm,
#
brad binder,
#
sejarah motogp