MENU
icon label
image label
blacklogo

Superformance Dapat Lampu Hijau Produksi GR-1 dengan Mesin GT500

JAN 29, 2019@17:00 WIB | 1,332 Views

Tak lama setelah resminya Mustang Shelby GT500 meluncur ke publik, di Detroid. Ada challenge baru bagi Ford untuk meloloskan sosok Shelby GR-1 menjadi versi produksi, dan telah diperkenalkan sebagai konsep sejak tahun 2004.Rencananya antara GT-500 dan GR-1 bakal menggunakan mesin yang sama, V8  supercharged.

Siapa dibalik konsep Shelby GR-1, adalah Superformance yang menerima lisensi langsung dari Ford terkait rencana produksi tersebut.  Konfirmasi ini dilaporkan oleh Robb Report, bahwa Lance Stander selaku CEO Superformance, menginformasikan bahwa GR-1 boleh berbagi mesin dengan milik GT500. Mesin berkapasitas 5.2 liter V8 supercharged bakal mendiami kap mesin sebagai powertrain. Meski secara konsep GR-1 dijadwalkan menggunakan mesin V-10, kenyataannya memang harus downgrade, terkait Ford yang tidak memproduksi mesin tersebut.

Jika secara produksi GR-1 selevel dengan GT500, maka power yang dihasilkan lebih dari 700 hp.  Dalam hal ini Ford belum memastikan berapa banyak tenaga mesin, tetapi hanya menggarisbawahi kisaran tenaganya 700 hp plus. Kelebihannya Superformance, malah menawarkan transmisi manual, daripada menggunakan transmisi dual clutch 7 percepatan.

Spekulasi yang beredar salah satunya menggunakan mesin pembakaran internal, namun Stander sebelumnya juga mengatakan ada rencana menambahkan versi baterai elektrik. Tujuan tidak lain menghasilkan akselerasi Shelby berlari dari 0-60 mph hanya dalam waktu 2,0 detik. Tidak jelas apakah itu angka rata-rata untuk varian bertenaga bensin atau listrik dari GR-1.

Shelby GR-1 akan dihidupkan kembali berkat regulasi 2015 Low Volume Motor Vehicle Manufacturers Act, yang masih perlu diselesaikan. Celah itu memungkinkan perusahaan Superformance untuk membangun hingga 325 mobil. Ketika produksi dimulai, Stander mengatakan perusahaannya berencana untuk membangun 100 atau 200 mobil edisi khusus dengan bodi aluminium. Untuk lebih menghormati konsep 2004, pembeli bakal diberikan pilihan aluminium polish untuk meniru GR-1.[Ahs/timBX]

Tags :

#
superformance,
#
shelby gr-1,
#
shelby gt500,
#
ford shelby

RELATED ARTICLE