MENU
icon label
image label
blacklogo

Supercar Berbahan Bakar Metanol Pertama di Dunia, Perkenalkan Gumpert Nathalie

MAR 27, 2020@16:00 WIB | 144 Views

Gumpert pertama memperkenalkan mobil konsep di 2019 Geneva Motor Show. Kali ini  Gumpert Aiways meluncurkan edisi pertama Nathalie di line-up produksinya. Mungkin menjadi perdebatan, bagaimana supercar elektrik ini didukung oleh bahan bakal metanol.  Tentu pendekatan paling mudah adalah platform plugin hybrid. Sebagai supercar, Nathalie mampu berakselerasi 2,5 detik dan jarak tempuh hingga 805 km.

Secara teknis, mesin berbahan bakar metanol 5-kW (20hp) secara efektif mengalirkan tenaga untuk menggerakkan drive listrik 600-kW. Sementara fungsional baterai sebagai penyangga di antara keduanya, memasok tenaga yang dibutuhkan untuk mengemudi yang lebih cepat saat berakselerasi atau dalam keadaan diam. 

Sementara fuel cell mengisi baterai selama situasi dengan permintaan rendah,  seperti saat siklus mengemudi perkotaan dan saat melakukan rem pengereman maka fuel cell membantu pengisian daya ekstra ke baterai. 

Mesin bertenaga 536 hp didistribusikan secara merata  oleh 4 motor listrik disetiap roda.  Supercar berpenggerak 4WD  ini berakselerasi 0 hingga 62 mph dalam 2,5 detik dengan kecepatan tertinggi300-km/jam. Saat Nathalie berakselerasi dalam kecepatan tertinggi menyebabkan daya dalam baterai kosong. Saat Kecepatan 120 km/jam mobil masih akan terasa jauh lebih nyaman di jalan raya. Nathalie dapat melaju hingga 820 km dengan rentang kecepatan jelajah 75 mph secara konstan, sementara kebutuhan metanol sebanyak 65 liter yang pengisiannya butuh waktu tiga menit saja. 

"Visi saya tentang mobil listrik yang tidak berhenti ketika baterai kosong yang membuka jalan bagi inovasi ini," kata Roland Gumpert, CEO Gumpert Aiways.

"Hari ini setelah satu tahun lalu, kami akhrinya dapat mempersembahkan kepada Anda mobil produksi pertama di dunia dengan fuel cell metanol, yang tidak bergantung pada stasiun pengisian daya atau stasiun hidrogen yang ditunjuk," lanjutnya.

Menyoal kebutuhan metanol Gumpert tidak pernah khawatir, dimana dirinya menyanggupi untuk pengiriman cepat semalam untuk Jerman, Austria dan Swiss, yang telah disokong rantai pasokan di Amerika Utara dan Timur Tengah. 

Sementara dari segi desain, generasi pertama Gumpert Nathalie terlihat mirip sebagai saudara kandung Nissan GT-R R-35. Didukung dengan sasis berfinishing chrome, yang berbahan 50 persen composite.
Tampilan pintu bisa diganti dengan gaya gunting, seperti saat pembeli menginginkan tempat duduk depan dengan nuansa sporty. 

Edisi Pertama Nathalie tersedia untuk dipesan dan pengiriman akan dimulai pada paruh kedua tahun 2021.Harga dasar sekitar US $ 444.775 atau mencapai Rp7 miliar .Gumpert Aiways berencana untuk membangun tidak lebih dari 500 model Nathalie secara keseluruhan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
gumpert nathalie,
#
supercar electric,
#
gumpert