MENU
icon label
image label
blacklogo

Sudah Amankah Kabin Anda dari Serangan Patogen?

APR 04, 2019@10:00 WIB | 953 Views

 

Serangkaian teknologi diciptakan untuk mobil agar membuat pengendara nyaman dan yang paling pokok tetap terjaga kesehatannya. Artinya dengan filter AC biasa ada kemungkinan meloloskan partikel berukuran nano untuk masuk ke kabin dan mempengaruhi sirkulasi udara penumpang. Jadi pilihannya salah satunya dengan memilih filter AC yang berkualitas atau memang dari sisi pabrikan yang berusaha membuat inovasi terkait ventilasi yang lebih hiegenis.

Senada dengan semangat tersebut, Jaguar Land Rover membuat kejutan dengan menciptakan konsep pada sistem ventilasi untuk menetralkan bakteri dan patogen yang menyebabkan infeksi seperti flu misalnya. Konsep tersebut akan diaplikasikan pada kendaraan masa depan dengan teknologi sinar ultra violet (UV-C).  Teknologi tersebut adalah jenis yang  sama yang digunakan medical community selama 70 tahun.

UV-C berfungsi untuk mendisinfeksi udara dengan menyaring dan mensterilkan permukaan.  Dengan menggunakan gelombang panjang dari cahaya dengan ukuran 200 dan 280 nanometers untuk mencapainya, dengan mengganggu patogen DNA yang berbeda dan membuat  kemampuan virus menyerang secara seluler menjadi terhambat.

Pihak Jaguar Land Rover bakal menginstal teknologi UV-C ke dalam sistem pendingin udara di kendaraannya.   Mobil masa depan Jaguar berpotensi menetralisir patogen dari udara bebas yang masuk ke mobil dan membunuh patogen sebelum masuk ke kabin. Pengendara menjadi lega dalam bernafas, dan mampu membunuh virus  (superbug) yang kebal terhadap obat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan UV-C dapat transmisi 4 virus yang berbeda hingga 30 persen. "Setiap pemilik mobil bila diestimasi bisa berada di dalam mobil selama 300 jam per tahun. Kami memberikan peluang sebagai tindakan preventif untuk kesehatan penumpang," jelas Dr. Steve Iley Head of Medical Jaguar Land Rover.

"Penerapan teknologi ini jelas memberikan keuntungan untuk kualitas hidup lebih baik. Dalam hal ini untuk mengurangi serangan patogen ke tubuh manusia. Akhirnya kesehatan mereka menjadi tujuan utama kami dalam mewujudkan mobilitas bersama," tutur Steve.

Jaguar I-PACE salah satu yang telah mengadopsi teknologi penetral patogen pada sistem Heating, Ventilation and Air Conditioning System (HVAC).  Selain itu juga sudah diterapkan oleh Range Rover Sports. Jadi apakah sudah aman diri Anda dari serangan kuman dalam kabin mobil Anda, Black Pals?. [Ahs/timBX]

Tags :

#
uv-c technology,
#
kabin sehat,
#
kabin hiegenis,
#
jaguar,
#
jaguar land rover,
#
teknologi