MENU
icon label
image label
blacklogo

Smart Concept #1 Tiba Di Munich Motor Show Sebagai Crossover Listrik

SEP 07, 2021@19:00 WIB | 137 Views

Saat Frankfurt Motor Show 2005 lalu, di mana Smart awalnya bermain-main dengan ide crossover dengan meluncurkan konsep Formore.

Kendaraan utilitas kecil yang secara mekanis terkait dengan Mercedes GLK tidak pernah diproduksi karena masalah keuangan yang dialami oleh perusahaan DaimlerChrysler yang sudah tidak beroperasi. Beberapa tahun kemudian, hingga September 2021, akhirnya crossover Smart kembali.

Hal-hal telah berubah secara drastis dibandingkan dengan 16 tahun yang lalu karena Smart sekarang menjadi perusahaan patungan 50:50 antara Daimler dan Geely untuk merevitalisasi pembuat mobil kota yang sedang berjuang. Concept #1 yang diluncurkan tidak hanya menandakan masa depan EV saja, tetapi juga menyoroti tujuan Smart untuk meluncurkan mobil yang jauh lebih besar daripada ForTwo dan ForFour.

Baca juga: Smart Rilis Teaser Konsep Crossover Kompak "All-Electric"

Seberapa besar itu? Dengan panjang 4,29 meter (168,9 inci), lebar 1,91 meter (75,1 inci), dan tinggi 1,70 meter (67 inci), konsep crossover Smart baru ini kira-kira sebesar Mini Countryman. Dikembangkan dari bawah ke atas sebagai model EV saja dengan overhang depan dan belakang yang pendek, ia memiliki jarak sumbu roda yang sangat panjang untuk ukurannya yang masih mungil, pada 2,75 meter (108,2 inci).

Crossover listrik subcompact akan mengakomodasi kursi belakang ketiga dalam bentuk produksi untuk lebih menandakan niat Smart untuk menjual mobil di segmen superior. Spesifikasi teknis lainnya di luar ukuran dan konfigurasi kursi belum diungkapkan, tetapi tak perlu dikatakan lagi bahwa suicide doors belakang itu hanya untuk showcar di Munich.

Baca juga: Smart Rilis Teaser SUV Terbaru

Dirancang oleh Daimler dan akan dibangun di atas Arsitektur Pengalaman Berkelanjutan Geely (Sustainable Experience Architecture/SEA), Concept #1 menawarkan roda besar 21 inci dan lampu bar LED di bagian depan dan belakang. Terlihat sangat berbeda dari semua mobil Smart sebelumnya, terutama di bagian dalam di mana kabin minimalis didominasi oleh layar sentuh berukuran besar 12,8 inci.

Dukungan untuk teknologi pengisian cepat dan pembaruan over-the-air sedang dijanjikan, bersama dengan jarak jauh dan sistem infotainment generasi berikutnya. Smart juga mengatakan versi produksi akan mendapat manfaat dari "tingkat penanganan dinamis tertinggi". Dibuat di China, crossover listrik siap produksi ini diharapkan mulai dijual secara lokal tahun depan dan juga akan tersedia di Eropa.[ibd/timBX]

Tags :

#
smart concept,
#
motor show,
#
motor show 2021,
#
crossover listrik,
#
mobil crossover listrik