MENU
icon label
image label
blacklogo

Sabet Red Dot Design Award, Hyundai Berencana Terapkan VEX di Suluruh Dunia

MAR 31, 2020@14:45 WIB | 94 Views

Spektakuler! Vest Exoskeleton (VEX), robot pembantu meringankan pekerjaan para perakit otomotif besutan Hyundai Motor Group sabet “Red Dot Design Award” untuk kategori Produk Inovatif. VEX dengan desain ringkasnya itu dimaksimalkan dengan penerapan teknologi terbaru. Ia diperintahkan memberi dukungan praktis bagi para pekerja lini produksi di lingkungan “overhead”—yang memang merupakan tugas utama VEX.

Nampak harmonis antara desain dengan fungsinya, VEX menjadi salah satu sorotan utama di ajang bergengsi kompetisi desain internasional—yang telah memasuki tahun ke-60. Para dewan juri Red Dot Design Awards memuji desain dan fungsi VEX yang dirancang untuk mencegah terjadinya cedera saat perakit mengerjakan di bagian robotika.

Tentu saja, pengembangan VEX untuk peningakatan produktivitas dengan tetap menjaga kesehatan pekerja industri. Hal itu sejalan dengan komitmen Hyundai Motor Group yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pegawainya di rumah industri.

Dong Jin Hyun, Kepala Lab Robotika di Hyundai Motor Group, mengatakan: "Penghargaan ini merupakan bukti kolaborasi antara Lab Robotika dan Pusat Desain Hyundai. Di bawah visi merek Hyundai tentang "Kemajuan untuk Kemanusiaan", lab kami telah mencoba merintis robotika melalui konvergensi berbagai teknologi. Dengan keberhasilan dan pengakuan pada VEX, Hyundai akan terus mengembangkan produk-produk baru yang akan memberi orang kualitas hidup yang lebih baik."

Canggih! Teknologi terbaru yang diterapkan melenyapkan kebutuhan baterai. Sehingga hasilnya adalah desain ringkas yang sempurna. VEX didandani dengan rompi dilengkapi sumbu polycentric yang berfungis pemberi energi maksimum 5,5 kgf. Di bagian ini, VEX kembali dapat pujian sebab berhasil pada titik pencapaian menakjubkan mengingat bobotnya yang hanya 2,8 kg.

Tentu saja VEX berhasil memenangkan hati para pekerja yang menggunakannya. Sebab kehadiran VEX di lingkungan pekerja lini produksi yang berjibaku mengerjakan perakitan kendaraan dengan tangan di atas kepala mereka.

Sebagai program percontohan di pabrik Hyundai Motor Group di Amerika Serikat, respon positif dari para pekerja luar biasa. Karena VEX telah benar-benar mengurangi kelelahan lengan dan pundak mereka. Selain itu, tentu saja, VEX membantu tingkatlan produktivitas dan keselamatan kerja.

Atas pencapaian tersebut, Hyundai Motor Group berencana untuk mengimplementasikan VEX di pabrik-pabriknya di seluruh dunia untuk meningkatkan produktivitas dan keselamatan kerja. Walaupun rencana ini masih dalam pertimbangan. Namun yang pasti, Hyundai telah memiliki perkiraan bahwa, jika VEX diterapkan di seluruh pabriknya, maka biayanya yang dikeluarkan untuk produksi di pabrik sekitar 30 persen lebih rendah dari produk yang ada. [Asl/timBX]

Tags :

#
red dot design award,
#
vest exoskeleton (vex),
#
hyundai motor group,
#
robot industri